Masuk Maluku Tengah Akan Lewati Rapid Test

Foto: Bupati Maluku Tengah - Abua Tuasikal

Ambon, aspirasipublik.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah terus memperketat pengawasan terhadap mobilisasi manusia yang masuk wilayah itu. Dalam waktu dekat posko besar akan dibuka di Desa Suli, Kecamatan Salahutu. Posko ini akan bertugas melakukan rapid test kepada mereka yang akan menuju Malteng.

Kepada awak media, Bupati Abua Tuasikal mengatakan, mereka sedang memesan rapid test. Pemesanan ini berdasarkan perencanaan dan kebutuhan per wilayah. Langkah ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Jadi siapa yang masuk akan diperiksa,” kata Abua ketika dihubungi.

Mereka yang dicurigai terinfeksi, langsung dibawa ke rumah sakit rujukan di Ambon. Sementara mereka yang sudah sampai di Masohi, dan positif, akan dirujuk ke RSUD Masohi. Kata Abua, semua dimatangkan, agar Malteng bebas dari corona. “Semua pintu masuk diperketat. Disinfektan disemprot, rapid test juga difungsikan nanti,” kata dia.

Sementara kesiapan pengawasan di desa, posko akan dibangun di 186 desa. Posko ini juga akan berfungsi mengawasi mobilisasi orang. Mereka juga akan melakukan isolasi mandiri kepada warga desa yang baru datang dari wilayah endemik. Sementara tempat penampungan sudah disiapkan.

“Saya sudah perintahkan semua kepala desa untuk memperkuat pengawasan di posko masing-masing. Gedung sekolah dan fasilitas milik pemerintah juga bisa digunakan untuk isolasi mandiri. Dan ternyata beberapa kepala desa sudah melakukan itu, sebelum saya perintahkan. Dan ini sangat mendukung pemerintah,” kata Abua.

Untuk pembiayaan, Abua mengaku, sudah menyarankan para kepala desa untuk memanfaatkan dana desa. Ini sesuai dengan perintah Presiden. Hanya saja dia mengingatkan penggunaannya tertanggungjawab, karena yang dilakukan langsung untuk kepentingan masyarakat. “Jangan karena diberi kebebasan, lalu tidak tertanggungjawab, itu bahaya. Hukumannya bisa seumur hidup,” kata Abua.

Abua akan maksimal dalam pencegahan, agar tidak ada lagi penularan ke wilayah Malteng. “Kami sudah siap. Dan in syaa Allah, akan melewati masalah ini dengan baik. Semua pintu masuk diperketat. Rumah sakit disiapkan jika memang ada yang harus ditangani. Kami ingin warga Malteng semua senat,” pungkas bupati dua periode ini. (yan)

Sumber : Ambon Ekspres Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: