Akibat Covid-19, Musrembang di Lombok Barat Tahun Ini Secara Vidcon

Giri Menang, aspirasipublik.com – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Barat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021 melalui video conference (Vidcon).

Ini dilakukan untuk mencegah menyebaran virus covid-19. Musrenbang virtual ini dipimpin Bupati Lobar H. Fauzan Khalid di Ruang Jayangrane, Rabu (15/4).

Plt. Kabag Humas Lobar H.Saepul Akhkam saat ditemui di ruang kerjanya menuturkan karena posisi sekarang ini adalah memberikan contoh kepada masyarakat phyical distancing, menghindari kerumunan dan bagaimana melakukan tindakan preventif terhadap penyebaran covid 19, maka agenda musrembang yang seharusnya dilaksanakan sebulan yang lalu tetapi tertunda dan menggunakan pola baru melalui vidcon.

“Pola kali ini kita lakukan online, kita melakukan musrenbang secara online dan semua yang diundang kemudian membuka diberikan kunci password untuk masuk di dalam bilik diskusi itu yang dikelola oleh Bappeda,”katanya.

Akhkam menyebutkan, secara kuantitatif tentu ini berpengaruh dan banyak kendala secara online salah satu kendala utamanya adalah sinyal dan jaringan. 

“Dari laporan panitia peserta kita yang hadir sekitar 74 persen dari yang diundang untuk mengikuti. Peserta musrembang yang mengikuti itu adalah siapa yang diberikan undangan secara lazim yang biasa diundang,” jelasnya.

Lanjut kata pria yg juga menjabat Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat ini, terkait musrenbang via online ini disebutnya masih efektif dengan menerima suara yang sangat jelas, profil gambar juga sangat jelas, hanya ada kendala teknis misalnya ketika suara kepala Bappeda Lombok Barat Rusditah yang kurang jelas. (Hendrakusumawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: