Memiliki Orang Tua Tuna Netra, Tidak Menghalangi Jurnalis Aspirasi Publik Joko Susilo Raharjo Menyelasaikan Pendidikan Doktor di IPDN

Foto: Joko Susilo Raharjo bersama keluarga

Jakarta, aspirasipublik.com – Kemiskinan dan keterbatasan seseorang bukan merupakan kendala dan hambatan untuk mewujudkan cita citanya, demikian yang dialami seorang jurnalis Media Aspirasi Publik ini, Joko Susilo Raharj bersama Istri dan kedua anaknya juga seorang jurnalis, satu keluarga semua menggeluti dunia jurnalis di media aspirasi publik.

Almarhumah Ibunda Tercinta Sri Temon

Joko Susilo Raharjo adalah anak dari keluarga disabilitas yang kedua orang tuanya semua Tunanetra sekarang sedang menyelesaikan program S3 Ilmu pemerintahan di IPDN yang akan menyelesaikan proses sidang terbuka promosi Doktor Ilmu Pemerintahan, pada hari Jum’at. Tangggal 8 Mei 2020 di Cilandak Ampera IPDN Jakarta.

Pendidikan yang dilaluinya bukan semulus perjalananya semua karena memang atas Izin Allah SWT dan berkat bantuan dari promotor dan co promotor yang terdiri dari Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS. ,  Dr. Sampara Lukman, MA., dan Dr. Lalu Wildan, M.Pd, Dan untuk penyempurnaan disertasinya dibantu oleh para penguji yang terdiri   Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN) , Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd. ,Prof. Dr. Ngadisah, MA. , Prof. Dr. Bahrullah Akbar MBA  ,Prof. Dr.  Tjahya Supriatna ,SU, Prof Dr H. M  Aries Djaenuri, MA.,   Dr. Kusworo, M.Si. Dr. Rossy Lambelanova ,SIP ,M.Si.

Dengan judul Disertasi “Analisis Implementasi Kebijaksanaan Tata Ruang pada Perencanaan Pembangunan Global Hub Bandar Kayangan di Lombok Utara  dalam Mendukung Poros Maritim Dunia” Naskah Disertasi ini sudah melalui 9 kali tahapan dari ujian Kwalifikasi sampai Ujian terbuka ini.

Ayahanda Tercinta

Karena ketidakmampuan dari sisi keuangan jurnalis media Aspirasi Publik ini dibantu oleh teman – temannya sesama para mahasiswa, baik teman-teman dari Nusa Tenggara Barat maupun teman-teman yang sedang menimba ilmu pemerintahan Program Doktoral IPDN dari semua angkatan, terutama dari sekda Lombok tengah Dr. H. Nursiah yang telah membantu membayarkan semesteran joko susilo raharjo dan Promotor Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS. , beliau bukan hanya memberikan ilmunya tetapi selalu membantu juga dari sisi keuangan, satu lagi Bapak Direktur Pasca Sarjan Dr. Sampara Lukman MA beliau adalah motivator yang luar biasa tidak membedakan dalam memberikan nasehat , mendorong mahasiswanya baik kalangan pejabat maupun orang seperti saya ini yang tidak memiliki apa-apa tetap beliau tidak membedakannya dalam pelayanan terhadap seluruh mahasiwa maupun mahasiswinya, Dan satu lagi Dr. Lalu Wildan, M.Pd Beliau adalah mamik saya kalau bahasa Lombok mamik adalah panggilan untuk bangsawan Lombok beliau tidak kenal lelah terus mendorong saya dalam menyelesaikan disertasi saya ini . Namun semua itu tidak cukup karena memang biaya untuk menyelesikan S3 ini cukup besar, atas saran wakil ketua BPK RI  Prof. Dr. Bahrullah Akbar. M B A. dan Direktur Pasca Sarjana  Dr. Sampara Lukman, MA., dianjurkan untuk meminta bantuan Pemerintah Daerah Provinsi NTB. Dengan didorong keinginan yang kuat akhirnya menghadap bapak Gub Nusa Tenggara Barat dengan mengajukan proposal bantuan untuk menyelesaikan Program Doktor Di IPDN dan Alhamdulillah Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat Menyetujui dibantu oleh beliau senilai 200 juta akan dianggarkan di biaya perubahan tahun 2020, Berarti tidak bisa selesai tahun ini, kembali menghadap Bapak Dir Pasca Sarjana Dr. Sampara Lukman MA Alhamdulillah diberikan solusi lagi dengan membuat pernyataan pemprov NTB untuk dapat menjaminkan supaya bisa mengikuti proses siding terbuka tahun ini , Kembali joko susilo raharjo pulang ke NTB Konsultasi Dengan Bapak Sekda Provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi M Si , Asisten 3 Dr H Lalu Safie MM ,Dr (c) Nursalim BPKAD Prov NTB dan Kepala Dinas Pendidikan Prov NTB Dr .H Aidy Furqon,S. Pd, M. Pd. akhirnya diberikan surat jaminan yang menyelesaikan biaya administrasi ditujukan kepada Direktur Pasca Sarjan Dan Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo MM. yang ditandatangani Bapak Sekda provinsi NTB.

Bersama Gubernur NTB, Bapak Zulkiflimansyah

Inilah perjalanan seorang jurnalis Joko susilo Raharjo anak yang Orang tuanya tunanetra untuk mengejar mimpi menyelesaikan sekolah terakhir di S3 IPDN  dan direncanakan siding terbuka tanggal 8 mei 2020 di kampus IPDN cilandak dengan menggunakan metode on line dikarenakan kita semua sedang dilanda musibah Covid 19 jadi semua perguruan tinggi menggunakan metode on line termasuk IPDN.

Harapan Joko susilo raharjo semoga ke depan ada perhatian khusus untuk para putra-putri bangsa ini terutama untuk anak-anak para penyandang disabilitas harus ada perhatian khusus dari pemerintah terkait program pendidikan baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun pemerintah pusat dan dari sisi jurnalistik dengan lahirnya wartawan yang menguasai ilmu pemerintahan akan dapat mengamalkan keilmuanya untuk betul-betul menjadikan insan pers yang berdedikasi transparansi dapat menyumbangkan segala keilmuannya untuk Pemerintah, masyarakat, bangsa dan Negara tercinta Ripublik Indonesia, sesuai amanat UU RI  Pers No. 40 tahun 1999. Terakhir mohon doa untuk semua kalangan baik para guru besar di IPDN, para rekan-rekan jurnalis  seluruh Indonesia terutama pimpinan redaksi saya bapak Oberlin Sinaga, SE. M. M.  karena bukan saja sebagai motivator, tetapi ia juga sebagai seorang dosen pada salah satu perguruan tinggi, para sahabat saya di ASDP di seluruh Indonesia, para rekan-rekan yang sama-sama sedang menjadi musyafir ilmu di IPDN program Doktoral , orang tua saya tercinta Ahmad Joni Watimena dan Mamah saya Asmaroh serta Ibu kandung saya almarhumah  Sri Temon yang telah berpulang ke hadapan Allah SWT tanggal 1 Maret 2020 kemarin , Istri saya tercinta Hendra Kusumawati dan kedua anak saya Reza rasasto Watimena dan Muhamad Dwiky Finastika Watimena, adik-adik saya yang selalu saya sayangi , mertua saya tercinta Bapak Handoyo dan keluarga yang telah memberikan tempat tinggal Selama menjadi mahasiswa S3, saya diberikan kebebasan di tempat beliau Allah SWT akan membalas semua yang pak Handoya lakukan terhadap saya, Dr Sondiamar Perancang Global Hub, Keluarga besar saya di Desa putat kec. karanganom kab. klaten dan seluruh kawan-kawan saya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, termasuk para guru-guru saya dari sekolah dasar sampai S3 ini, mohon doa untuk saya dapat menyelesaikan sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN. (Obe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: