Dr. Drs, Muhamad Nur, ME. CRGP Resmi Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan Ke 97 Inspektur II, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri dengan Predikat Cumlaude

Jakarta, aspirasipublik.com – Ditengah Dunia dan Indonesia sedang dilanda musibah Corona atau Covid 19 tidak menghalangi prosesi sidang Promosi Doktor Imu Pemerintahan IPDN tanggal 5 Mei 2020 diKampus IPDN Jakarta Atas nama  Dr. Drs . Muhamad  Nur .ME .CRGP. dilahirkan di Tangerang pada tanggal 5 Maret 1970 dan pernikahannya dengan Dian Novita Sari telah dikarunia 2 (dua) orang putri : Validyna Kiara Chakty dan Vaalhamaha Travella Primadhani.

Riwayat Pendidikan: 1.SD Negeri Pondok Bahar 1 Tangerang Banten lulus tahun 1983, 2.SMP Negeri 105 Jakarta lulus tahun 1986, 3.SMA Negeri 29 Jakarta lulus tahun 1989, 4.STIA LAN Jakarta jurusan Manajemen Pembangunan Daerah lulus tahun 1998 (gelar Doktorandus/Drs), 5.   Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi lulus tahun 2004 (gelar Magister Ekonomi/ME)

Riwayat Pekerjaan: 1. Staf pada Biro Kepegawaian Kementerian Dalam Negeri (1993), 2.  Kasubag Calon dan Alumni Diklat, Biro Kepegawaian Kementerian Dalam Negeri (2003), 3.Kasubag Jabatan Struktural dan Fungsional, Biro Kepegawaian Kementerian Dalam Negeri (2004), 4.  Kepala Bagian Pengembangan Karier, Biro Kpegawaian Kementerian Dalam Negeri (2009), 5.Sekretaris Korpri Kementerian Dalam Negeri (2012), 6. Plt. Kepala Biro Perncanaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2014), 7.Plt. Kepala Pusat Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2014), 8.Kepala Biro Kepegawaian, Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2014), 9.Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis, BPSDM Kementerian Dalam Negeri (2017), 10.Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2018),11.Inspektur II, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2019 sd sekarang).

Dr. Drs . Muhamad  Nur .ME .CRGP  Penelitian Disertasi yang berjudul : “Pengaruh Implementasi Kebijakan Pengawasan, Kompetensi Aparatur dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pengawasan Bidang Pendidikan Dasar di Kota Depok Propinsi Jawa Barat”.dengan promotor  Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd  ( Hadir di Kampus cilandak  Co Promotor Prof. Dr. M. Aries Djaenuri, MA  (Hadir di kampus cilandak  co Promotor    Dr. Sampara Lukman, MA Direktur Pasca Sarjana (Hadir di kampus cilandak )

Dengan team Penguji/Penelaah terdiri dari: Dr. Hadi Prabowo, MM.(Rektor IPDN) Pimpinan sidang, Prof. Dr. Ngadisah, MA. (Hadir di kampus cilandak), Prof. Dr. Tjahya Supriyatna, SU. (Menggunakan On line), Prof. Dr. Ir. Triyuni Soemartono, MM. (Menggunakan On line), Dr. Drs. Kusworo, M.Si. (Menggunakan On line), Dr. Ali Hanafiah Muhi, MP. (Menggunakan On line), Dr. Irawan, M.Si. (Hadir di kampus cilandak ), Dr. Widodo Sigit Pujianto, SH., MH. (Hadir di kampus cilandak )

Pertama kalinya sidang terbuka secara On line dilakukan di pasca sarjana Doktoral IPDN Kampus Jakarta dan tidak boleh mengundang tamu dan membawa keluarga, Untuk Dosen yang berdomisili di Jakarta bisa langsung ke kampus cilandak dengan tetap menjaga jarak terkait antara penguji satu dengan penguji yang lainnya, Untuk Dosen yang berada diluar daerah menggunakan sistim on line.

Demi menjaga dan mematuhi peraturan  pemerintah musibah yang sedang melanda dunia terutama Indonesia terkait Covid -19 . Dr. Drs . Muhamad  Nur .ME .CRGP adalah yang pertama kali ujian menggunakan metode on line dan pertama kali juga Rektor IPDN  DR. Hadi Prabowo, MM  setelah dilantik tanggal 23 Maret 2020 Menjadi Rektor IPDN dan hari ini di cilandak tanngal 5 mei 2020 Menjadi Pemimpin sidang promosi Doktor pertama kali yaitu Dr. Drs . Muhamad  Nur .ME .CRGP dengan Pridikat Cumlaude.

Konseptual penelitian terinpirasi dari isu yang mendasar mengenai Kinerja Pengawasan Penyelenggaraan Pengawasan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD). Berangkat dari isu tersebut, Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknik analisis data. Temuan yang dijadikan dasar penyusunan suatu Konsep Baru oleh promovendus diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya Kinerja Pengawasan Bidang Pendidikan Dasar di Kota Depok khususnya, dan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia pada umumnya. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas proses, peran aktor pemerintahan dan model Pengawasan dalam meningkatkan kinerja pengawasan bidang pendidikan dasar yang merupakan salah satu bidang P2UPD. Proses kinerja pengawasan dianalisis menggunakan teori Dessler (1997). Faktor-faktor yang berpengaruh implementasi kebijakan dianalisis menggunakan teori Edward III (2003), kompetensi aparatur dianalisis menggunakan teori Spencer & Spencer (19930, dan budaya organisasi dianalisis menggunakan teori Robbin (2005).

Dr. Drs . Muhamad  Nur, ME. CRGP menggunakan metode penelitian kuantitatif merujuk pendapat Creswell (1994). Unit analisis penelitian ini adalah pegawai pengawas yang berasal dari Inspektorat, Dinas Pendidikan, Sekolah SD, dan SMP di Kota Depok. Dr. Drs. Muhamad  Nur, ME. CRGP dalam Penentuan Sampel penelitian sebanyak 256 responden ditentukan dari populasi sebesar 743 orang dengan menggunakan Tabel Krejcie Tingkat kesalahan 5%. Distribusi sampel penelitian dengan Proportionate Random Sampling Technique  dan penarikannya digunakan Systematic Random Sampling (Neuman, 2006). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik Survey dan Studi Kepustakaan. Analisis hubungan kausalitas antara variabel Independen dengan variabel depende digunakan Structural Equation Model (SEM).

Dr. Drs, Muhamad, Nur. ME. CRGP telah berhasil memperoleh temuan penelitian dan menyusun model baru yakni “Model Pengawasan Valvel” dalam penyelenggaraan pengawasan urusan pemerintahan di Daerah. Model baru tersebut merupakan hasil penerapan epistemology Ilmu Pemerintahan.

Hasil penelitian tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan pemerintahan yang baik (Good Governance) yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan pengawasan urusan pemerintahan di daerah. Hasil penelitian ini juga menyajikan masukan dan pemikiran dalam pemecahan masalah pada pengawasan urusan pemerintahan di Kota Depok, khususnya bidang pendidikan dasar. Selain itu, juga dapat menjadi acuan perumusan norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) dalam penyelenggaraan pengawasan urusan penerintahan di Kota Depok. Pesan Promotor kepada  Dr. Drs. Muhamad  Nur, ME. CRGP, dengan prestasi studi ini dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan,  kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan tuntutan profesi PNS yang lebih berat. Artinya langkah Panjang saudara di dunia keilmuan untuk mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar dapat membuktikan segenap kemampuan professional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, kata orang bijak semakin kita banyak mengetahui tetentang sesatu hal, makan semakin banyak yang kita tidak tahu, oleh karena itu, jadilah insan professional yang bertakwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. (Joko Susilo Raharjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: