Dr. Ir. Martuama Saragi, MM. Resmi Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN yang Ke 98 Dari Instansi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dengan Pridikat Sangat Memuaskan

Jakarta,  aspirasipublik.com – Kegiatan sidang promosi Doktor pada masa pandemi covid-19 secara on line yang dipimpin langsung oleh Bapak Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM. Beserta Direktur Pasca Sarjana Dr. Sampara Lukman, MA. dan Ketua Prodi Pasca sarjan Prof. Dr. Ngadisah, MA.

Ujian terbuka secara daring ini dilakukan dalam rangka penerapan social distancing dan phsyical distancing guna memutus penyebaran covid-19 tanpa  tamu undangan.

Untuk promotor dan co promotor serta penguji yang berada di Jakarta boleh datang menguji di kampus dan yang berada diluar kampus bisa melalui daring.

Pada hari ini Rabu tanggal 6 mei 2020  Dr. Ir. Martuama Saragi, MM. Berhasil mempertahankan Disertasinya dihadapan Promotor dan penguji di kampus IPDN cilandak – Jakarta Selatan dengan judul  ”Interaksi Politik dalam Proses Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Provinsi Sumatera Utara.”

Dengan Komisi Promotor yang terdiri atas: Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU (Menggunakan daring on line dan membacakan nasehat Akademik), Dr. Sampara Lukman, MA  Direktur Pasca Sarjana  (Hadir langsung dan membacakan pertanggungjawab Akademik), Dr. Dety Mulyanti, SH, MH, CN   (Menggunakan daring on line)              

Tim Penguji/Opnen Ahli yang terdiri atas: 1. Dr. Hadi Prabowo, MM  (Rektor IPDN)Pimpinan sidang terbuka, 2. Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd (Hadir Langsung), 3. Prof. Dr. Ngadisah, MA (Hadir langsung), 4. Prof. Dr. H.M. Aries Djaenuri, MA (Hadir Langsung), 5. Prof. Muchlis Hamdi, MPA, PhD (Hadir Langsung), 6. Dr. Kusworo, M.Si (Menggunakan Daring on line), 7. Dr. Dedeh Maryani, MM (menggunakan Daring on line), 8. Dr. Ella Margadinata, MA, M.Si  (menggunakan Daring On line)

Riwayat singkat Dr. Ir. Martuama Saragi, MM. dilahirkan di Tapanuli,  pada tanggal 16 Oktober 1965. Pernikahannya dengan Retno Lastri Dewi telah dikaruniai putra-putri: Josua Marihot Armando Saragi dan Naomi Jesika Saragi.

Riwayat Pendidikan Formal: – Pasca Sarjana (S3) Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri, – Pasca Sarjana (S2) Manajemen Keuangan Univ. Satyagama, – Sarjana Strata 1 Teknik Sipil Institut Sains Tekhnologi Nasional, – SLTA IPA SMAN 26 Jakarta, – SLTP SMPN 46 Jakarta, – SD SDN 01 Duren Tiga Jakarta.

RIWAYAT JABATAN 

  1. Jabatan Struktural:
  2. Kepala Seksi II Bid Infrastruktur BPK-RI Perwakilan DKI Jakarta   (2005-2008)
  3. Kepala Seksi I Bidang Pekerjaan Umum Auditorat Keuangan Negara IV BPK-RI (2008-2009)
  4. Kepala Seksi II Bidang ESDM Auditorat Keuangan Negara IV BPK-RI  (2009-2010)
  5. Kepala Sub Bagian Pengagaran & Pemantauan  II Biro Keuangan BPK-RI (2010-2016)
  6. Kepala Bagian Pengangaran Biro Keuangan BPK-RI (2016-2018)
  7. Kepala Sub Auditorat Keuangan Negara III  BPK-RI ( 2018 – sekarang )

2.    Jabatan Fungsional

1.       Kepala Unit Pemeriksa  (2016)

2.       Pemeriksa Madya  (2019)

Disertasi Dr. Ir. Martuama Saragi, MM. yang berjudul : ”Interaksi Politik dalam Proses Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Provinsi Sumatera Utara”,  secara konseptual terinspirasi dari isu penting politik anggaran dalam pelaksanaan fungsi perwakilan yang melibatkan pejabat eksekutif dan anggota legislatif. Berangkat dari isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni promovendus yang mendalami bidang ilmu pemerintahan, karena pelaksanaan fungsi perwakilan tersebut merupakan obyek forma Ilmu Pemerintahan. 

Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknik analisis data. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan suatu Model Baru oleh promovendus diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya interaksi politik dalam proses penetapan APBD. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas Interaksi Politik Dalam Proses Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Provinsi Sumatera Utara  menurut pendekatan teori interaksi politik  Zeehandelaar.

Dr. Ir. Martuama Saragi, MM menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian sebanyak 13 orang ditentukan dengan snow ball technique. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, Teknik Wawancara dan observasi.  Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif yang dikembangkan dengan metode Triangulasi Pengamat. Berhasil memperoleh temuan penelitian dan menyusun Model Baru tentang Model Negoisasi Politik Anggaran Bernuansa Positif. Model baru tersebut merupakan hasil penerapan espitomologi Ilmu Pemerintahan.

Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan negoisasi politik yang bernuansa positif dalam proses penetapan kebijakan keuangan negara; dan memberi manfaat bagi pengembangan Ilmu Pemerintahan, dan sekaligus sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama. Pesan Promotor dihadapan sidang: Saudara Dr Ir Martuama Saragi,MM setelah melewati perjalanan panjang studi yang penuh dengan dinamika tuntutan dan tantangan, akhirnya Saudara berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan; dan sejak hari ini,  Saudara resmi dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan.  Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut Saudara dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama  mengikuti program studi serta  menerapkan implikasi praktis dan model  baru yang Saudara susun dalam disertasi untuk kebaikan sesama dan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya. Lebih dari itu, terkait dengan kedudukan Saudara sebagai Aparatur Sipil Negara, kami juga berharap Saudara dapat melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitas birokrasi dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dan menghormati hak asasi manusia. Kembangkanlah  pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudara dapatkan selama mengkuti Program Studi  Doktor Ilmu Pemerintahan ini. Saudara  Dr.Ir. Martuama Saragi, MM, selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut, Saudara dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama  mengikuti program studi dan menerapkan konsep baru tersebut untuk mendorong para penyelenggara pemerintahan dapat menghasilkan kebijakan publik  yang  membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga akan berdampak pada terwujudnya tata kelola pemerintahan  yang baik. Kembangkanlah   disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudara dapatkan, dan mengoptimalkan peran Saudara dalam mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. (Joko Susilo Raharjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: