12 Prof. Narasumber: “Bangkit dan Majukan Pendidikan Nasional pada Era Digital & Pandemi Covid 19”

Bandung, aspirasipublik.com – Untuk Memperingati hari kebangkitan nasional masyarakat melakukan berbagai kegiatan, banyak momen penting yang menandai  sekaligus menjadi penentu arah, perjuangan bangsa Indonesia.

Sejarah panjang menunjukkan pentingnya memperingati hari kebangkitan nasional, adapun tujuan peringatan ini adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pebangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Asal usul Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan lahirnya Organisasi Budi Oetomo dan ikrar Sumpah Pemuda, dimana orang Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran Nasional sebagai “Orang Indonesia”.

Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional adalah: 1. Dr. Soetomo, tokoh yang membangkitkan semangat rakyat Surabaya untuk memperjuangkan Indonesia dari tangan penjajah. 2. Ir. Soekarno, bapak bangsa, tokoh pelopor Kebangkitan Nasional. Pejuang untuk Indonesia      merdeka. Orator andal, pandai menyemangati rakyat. Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 3. Dr. Cipto Mangun Kusumo, sejak sekolah di STOVIA, dia kritik pemerintah Belanda di Indonesia, pendiri organisasi politik pertama di Indonesia (indische Partij), 4. Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantoro),  tokoh pendidikan yang mendirikan Taman Siswa untuk masyarakat Indonesia menegah kebawah peroleh pendidikan. Juga politisi ikut mendirikan Indische Partij, Douwes Dekker,  terkenal dengan tiga serangkai (Douwees Dekker/Danuja Setiabudi, Dr. Cipto Mangun Kusumo dan Ki Hajar Dewantara) pendiri Indische Partij.

Perjuangan untuk mengembangkan dan memajukan segala aspek kehidupan berbangsa termasuk dalam Pendidikan Indonesia belum berhenti sampai disini.

Mari tumbuhkan rasa kesadaran nasional untuk Pendidikan Indonesia. Tingkatkan semangat untuk kemajuan bangsa.

Memaknai momentum kebangitan nasional ini Webinar Ingenio menyelenggarakan seminar berbasis digital, mengingat hal ini kedepan menjadi pilihan utama untuk berkomunikasi secara massal dengan dua arah, kegiatan ini dilakukan pada haru rabu, 20 Mei 2020, Pukul 09.00 – 11.35 WIB, partisipasi peserta mencapai ratusan orang terdiri dari, mahasiswa, mahasiswi, profesi, akademisi. Sedangkan pemateri terdiri dari: 1. Prof. Dr. Hajjah Soedarmayanti, M.Pd. APU. (UNITOMO) 2. Prof. Dr. Ir. Sriyati, M.S. (Universitas Sriwijaya), 3. Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S. (UNDANA), 4. Prof. Rahmat, M.S. (UNHAS), 5. Prof. Dr. Arief Subiantoro, M. S. (UPN VETERAN –JAKARTA), 6. Prof. Dr. Erika Revida, M.S. (USU), 7. Prof. Dr. Neni Yulianita, M.S. (UNISBA), 8. Prof. Drs. Waridin, M.S., P.hd. (UNDIP), 9. Prof. Dr. Robert Sibarani, M.S. (USU), 10. Prof. Dr. Tuhpawana P. Senjaja (UNPAD), 11. Prof. Dr. Tiurlina Siregar, M. Si. (UNCEN), 12. Prof. Dr. Ari Pradhanawati, M.S. (UNDIP) dimana peserta yang berpartisipasi diberikan E-Sertifikat, Ilmu yang bermanfaat, Relasi.

Tema pada legiatan ini “Bangkit dan Majukan Pendidikan Nasional pada Era Digital & Pandemi Covid 19”

Pada seminar berbasis digital ini acara berisi 3 Topik yang tentu sangat relevan pada momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2020.  Acara inipun disiarkan secara LIVE di YouTube Ingenio Belajar Online.

Di Moderatori oleh Dr. Djadja Achmad Sardjana, ST., M.M. (CLO Ingenio)

Topik yang di bahas pada acara ini,  yaitu: Topik 1: Problematika Moda Pendidikan Daring sebagai e-Learning – Prof. Dr.Ir.Sriati, M.S. (UNSRI), Prof Dr.Alo Liliweri, M.S. (UNDANA), Prof. Dr. Rakhmat, M.S. (UNHAS), Prof Arief Subyantoro, M.S. (UPN VETERAN YOGYA). Topik 2: Kekuatan Moda Daring pada Pandemi Covid – Prof. Dr.Erika Revida, M.S.  (USU), Prof Neni Yulianita, M.S. (UNISBA), Prof. Drs. Waridin, M.S., Ph.D. (UNDIP), Prof. Dr. Tuhpawana P. Sendjaja (UNPAD). Topik 3: Daring Sebagai Kekuatan Sistem Pendidikan Masa kini Pada Kondisi Pandemi hingga Berkelanjutan – Prof. Dr.Sedarmayanti, M.Pd., APU. (UNITOMO), Prof. Dr. Tiurlina Siregar, M.Si. (UNCEN), Prof.Dr.Ari Pradhanawati, M.S. (UNDIP), Prof. Dr.Robert Sibarani, M.S. (USU).

Yuk, Jangan sampai kelewatan Webinar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2020 ini. Acaranya akan disiarkan LIVE di YouTube Ingenio Belajar Online.

Prof Dr. Hajah Sedarmayanti, M. Pd., mengatakan “Perubahan peradaban dan metode ini menuntut stakeholder pendidikan mempersiapkan diri mengikuti perkembangan zaman saat ini. Tidak dapat ditolak pesatnya perkembangan teknologi, bahkan jika ada yang menolaknya maka akan tertinggal, tertindas oleh orang lain. Khusus bidang pendidikan, literasi teknologi perlu dipelajari seluruh stakeholder pendidikan, terutama dalam pemanfaatannya sebagai media pembelajaran daring yang saat ini sedang dilakukan.” Ucapnya.

“Pembelajaran daring memiliki banyak keunggulan. Oleh karena itu, seharusnya pembelajaran daring tidak sekedar menjadi pengganti dari pembelajaran konvensional (tatap muka), tetapi kelak bisa berjalan beriringan, berkelanjutan, dengan pembelajaran konvensional.” Tandasnya. (Joko Susilo Raharjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: