Dr. H. Lalu Satria Utama, AP., MAP. Berhasil Meraih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 106 Dari Kampus IPDN Praya Lombok Tengah Provinsi NTB

Jakarta, aspirasipublik.com – Hari ini kamis  tanggal 25 juni 2020  dapat hadir langsung dan berkumpul melalui media daring (zoom/Video conference) di gedung Pascasarjana IPDN Jakarta  dalam rangka mempromosikan saudara Dr. H. Lalu Satria Utama,AP., MAP. sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan Ke 106, yang bersangkutan menjabat sebagai Dosen IPDN Praya Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Tim Promotor yang terdiri dari: Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd.,  Co-Promotor: Prof. Dr. Ngadisah, MA., dan Co-Promotor: Dr. Lalu Wildan, M.Pd.,dengan disertasiberjudul:

“Analisis Implementasi Kebijakan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kemandirian Desa di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat”

Dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada Tim Promotor dengan memperhatikan saran dan masukan dari penelaah/penguji terdiri atas: 1. Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN hadir langsung sekaligus memimpin jalanya sidang ), 2. Prof. Dr. H.M. Aries Djaenuri, MA (hadir langsung ), 3. Prof. Dr. I Nyoman Sumaryadi, MSi (melalui Daring), 4. Prof. Muchlis Hamdi, MPA, PhD (hadir langsung), 5. Prof. Dr. Triyuni Soemartono, MM (melalui daring), 6. Dr. Sampara Lukman, MA (Direktur Pasca Sarjana Hadir Langsung), 7. Dr. Kusworo, M.Si (Hadir langsung), 8. Dr. Ir. Dedeh Maryani, MM (hadir langsung).

Riwayat singkat Dr. H. Lalu Satria Utama, AP., MAP. Dilahirkan di Lombok Tengah pada tanggal 31 Desember 1976. Pernikahannya dengan D. Bini Dewi Sagitarini telah dikaruniai 3 orang anak, yakni Lalu Deistria Naufal Wiguna, Baiq Umayya Nufus Soleha, dan Lalu Maleeq Al Faraby. Jenjang pendidikan umum Promovendus dimulai dari SD, SMP di Ketangga Desa Kateng wilayah selatan Pulau Lombok dan SLTA diselesaikan di SMAN 2 Praya Kabupaten Lombok Tengah. Pada tahun 1999, Promovendus menyelesaikan Diploma IV di STPDN Jatinangor,  kemudian Magister Adiministrasi Publik Konsentrasi Public Policy di Universitas Brawijaya Malang 2008. Sejak tamat pendidikan dari STPDN Promovendus merupakan seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN dan saat ini sebagai Pengajar (Dosen) pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Kampus NTB.  Promovendus juga telah meniti karir dan menduduki beberapa jabatan pada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sampai tahun 2008  dan Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat sebelum akhirnya berkarir sebagai fungsional dosen dengan Jabatan Assistant Professor sejak 2018.

Disertasi Dr. H. Lalu Satria Utama, AP., MAP. yang berjudul “Analisis Implementasi Kebijakan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kemandirian Desa Di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat,” secara konseptual berangkat dari lahirnya UU nomor  6 tahun 2014 yang mengatur tentang desa, fenomenanya adalah begitu banyak permasalahan dalam penerapan UU Nomor 6 tahun 2014 yang tidak lain merupakan salah satu obyek permasalahan dalam tata kelola pemerintahan, sehingga sangat berpotensi untuk menghambat tujuan pencapaian kesejahteraan masyarakat. Melihat bahwa permasalahan implementasi kebijakan Dana Desa tidak hanya pada isi kebijakan dan konteks implementasi kebijakan, akan tetapi pada sebuah desain besar proses implementasi kebijakan yakni berinteraksinya pengaturan pusat (local self government) dengan berlangsungnya eksistensi arus bawah (self governing community)  sehingga ini memerlukan model strategi yang tepat dalam mengakselerasi proses tersebut.

Model strategi untuk mengakselerasi proses tersebut dapat dilakukan secara bertahap dan didesain secara baik meliputi proses pengkapasitasan (Capacity) melalui proses komunikasi (Communication) dalam kelompok-kelompok pembelajaran, dan tentu saja komitmen (Commitment) para pihak dalam mewujudkan visi bersama (Shared Vision). Peneliti menggunakan Teori Analisis Implementasi Kebijakan yang diajukan oleh Grindle. Temuan Promovendus dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai dasar penyusunan konsep baru dalam Implementasi kebijakan Dana Desa. Diharapkan temuan Promovendus dapat mendorong pemerintah kab/kota khususnya di Provinsi NTB untuk memperhatikan determinan kebijakan dan penguatan proses.

Hasil Penelitian dan Manfaatnya

Promovendus telah berhasil mengungkap temuan penelitian sebagaiberikut :

Implementasi kebijakan Dana Desa di Kabupaten Lombok Tengah (2017—2018), belum optimal berjalan untuk  menciptakan kemandirian desa, ketidakoptimalan kebijakan Dana Desa dalam meningkatkan kemandirian desa dengan kondisi sebagai berikut :

– Dimensi peningkatan kemandirian sosial, yaitu belum optimal terasa kemanfaatan dana desa dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, kualitas pekerjaan dana desa dianggap belum efisien (tidak terukur), sehingga pembiayaan dana desa lebih banyak masuk menjadi pos pembangunan (infrastruktur) desa.

– Dimensi peningkatan kemandirian ekonomi, terkait peningkatan kesejahteraan dan akses ekonomi dan peningkatan pendapatan. Dana desa belum mampu secara baik mengoptimalkan sumber daya / potensi ekonomi desa yang dapat dikembangkan dari dana desa. Sehingga kinerja untuk membangun kemandirian ekonomi masih sebatas kelompok kecil di desa.

– Dimensi peningkatan kemandirian lingkungan, Dana Desa belum dapat diaplikasikan oleh desa dalam bentuk kegiatan operasional yang mengarah pada pengelolaan lingkungan hidup/Bencana.

– Upaya mengoptimalkan implementasi kebijakan Dana Desa ini dirangkum oleh Promovendus sebagai Model Implementasi Interaksi Pemberdayaan dengan Capacity, Communication dan Commitment sebagai sarananya.

Hasil penelitian dapat dijadikan referensi bagi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam Implementasi kebijakan Dana Desa.

Pesan Team Promotor kepada Dr.H.Lalu Satria Utama .AP,MAP. dengan prestasi studi ini dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, secara keilmuan, Saudara dituntut untuk secara berkelanjutan mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar  dapat membuktikan segenap kemampuan professional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam menyatukan ilmu pemerintahan yang saudara telah miliki sebelumnya untuk pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan yang dapat berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk, dan jadilah insan  profesional  yang bertakwa dan berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara. (Joko Susilo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: