Inovasi dan Manajemen Pengetahuan untuk Mewujudkan SDM Unggul di Era New Normal

Jakarta, aspirasipublik.com – Pengarang Buku:Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd. (Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Unitomo Surabaya),Dr.Teni Listiani, S.E., M.M. (Dosen Politeknik STIA LAN Bandung), Dr.Mulyaningsih, M.Si. (Dosen Universitas Garut). Mempersembahkan Webinar dan Bedah Buku hai ini sabtu tanggal 11 juli 2020 dengan :Pembicara kunci: Prof Dr.Rully Indrawan, M.Si. (Sekretaris Kementerian Koperasi & UKM, Ketua PERGUBI Jabar, Guru Besar UNPAS),Dr.Bachrul Amiq, S.H., M.H. (Rektor Unitomo Surabaya)

Narasumber: Assoc. Prof. Dr. Zainal Md Zan (Dean School of Government, Universiti Utara Malaysia),Dr. Solahuddin Ismail (Research Fellow ILSG-SoG, Universiti Utara Malaysia),Prof.Dr.H. Aminullah Assagaf, S.E., MS., MM., M.Ak (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unitomo Surabaya),Dr.Amirul Mustofa, M.Si. (Dekan Fakultas Ilmu Administarsi Unitomo Surabaya),Dr.Djaja A. Sardjana, S.T., M.M. (Chief Learning Officer Dataquest)

Moderator: Dr.Meithiana Indrasari, S.T., M.M. (Wakil Rektor IV Unitomo Surabaya)

WEBINAR DAN BEDAH BUKU

INOVASI DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL merupakan sebuah pemikiran tentang  perkembangan ilmu manajemen pengetahuan yang merupakan sebuah inovasi berfokus kepada kreativitas manusia.

Manusia sebagai titik sentral dituntut untuk mampu melahirkan sebuah  inovasi, dan berupaya untuk menjadi manusia  unggul. SDM unggul sebagai modal SDM yang berkarakter, beradab dan berbudaya, berkualitas cakap, terampil, dan beretika, memiliki dorongan dari dalam dirinya untuk berprestasi dan bereputasi. Atribut yang melekat dalam SDM unggul tersebut diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menciptakan SDM unggul, salah satu unsur pendukungnya adalah  efektivitas kemampuan inovasi melalui manajemen pengetahuan (knowlege management). Manajemen pengetahuan sangat bermanfaat untuk mengelola berbagai informasi yang berkaitan dengan  lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal meliputi kebijakan dan strategi, standar prosedur operasi, dan sumber daya yang dimiliki. Sementara itu lingkungan eksternal mencakup  kebijakan dan program pemerintah, standar, regulasi teknis, dst. Melalui manajemen pengetahuan yang melahirkan inovasi, SDM unggul mampu menjalankan budaya sharing dalam berbagai bidang kehidupan manusia untuk dapat mencari solusi terhadap setiap permasalahan.

SDM unggul akan menjalankan kehidupannya tidak hanya berprestasi namun menjaga reputasi secara positif dalam mengatasi berbagai masalah di dalam ranah/wilayah pribadi, berbangsa dan bernegara untuk memberikan kemaslahatan. Seorang SDM unggul akan mengutaman etika, berpikiran cerdas, bermanfaat bagi pemerintah, masyarakat, serta secara terus menerus meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kualitas peradaban yaitu negara maju bermartabat.

Dalam mengatasi persoalan berbagai bidang termasuk pendidikan, semua sektor bisa dijadikan sebagai media pembelajaran serta modal sosial dan modal produksi yang dapat dipergunakan secara efektif. Selanjutnya pola pikir positif untuk mendukung kompetensi manusia unggul dalam mengatasi berbagai masalah perlu menjadi pembiasaan sehingga mampu membuat suatu perubahan dengan tetap berpegang  pada jati diri bangsa dan negara dengan menjunjung etika tinggi.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan mampu menginspirasi masyarakat untuk dapat berprestasi, bereputasi, cerdas dan beretika, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan dan peradaban  bangsa. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *