Menaker RI, Dr. Hj Ida Fauziyah, M.Si. Meraih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan (IPDN) Predikat Cumlaude

Jakarta, aspirasipublik.com – Dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat,menggunakan masker, menjaga jarak  dari luar sampai masuk ruang sidang promosi Dr. Hj Ida Fauziyah, M.Si Di gedung Pasca Sarjana IPDN Cilandak Jakarta Selatan lantai satu tanggal 17 Juli 2020  yang dipimpin langsung oleh Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM. berlangsung sekitar 3 jam. Dengan Tim Promotor yang terdiri atas: 1. Prof. Dr. Drs. Bahrullah Akbar, SE, MBA, CIPM, CSFA, CPA. 2. Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd. 3. Dr. Sampara Lukman, MA. (Direktur pasca Sarjana).

Penguji/Oponen Ahli  yang terdiri atas: 1. Dr. Hadi Prabowo, MM (Rektor IPDN), 2. Prof. Dr. Ngadisah, MA. 3. Prof. Dr. H.M. Aries Djaenuri, MA. 4. Prof. Dr. Triyuni Soemartono, MM. 5. Dr. Deti Mulyati., SH., MH., CN. 6. Dr. Kusworo, M.Si. 7. Dr. Ali Hanafiah Muhi, MP. 8. Dr. Zainudin Amali, M.Si

Dr. Hj Ida Fauziyah, M. Si dilahirkan di Mojokerto pada 17 Juli 1969 bertepatan hari ini sebagai kado ulangtahunnya yang ke 51 tahun, puteri dari Bapak H. Moch Sya’roni dan Ibu Hj. Musyarobah Abdurahim Menikah dengan Taufiq R Abdullah pada tahun 1995 dan telah dikaruniai 2 putra: 1. Sybly Adam Firmanda 20 Tahun, 2. Adil Haq Firmanda 13 Tahun.

Riwayat Pekerjaan:

– Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tahun 1999 sampai 2004;- Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tahun 2004 sampai 2009;- Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tahun 2009 sampai 2014;- Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tahun 2014 sampai 2018;- Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju.

Aktif di Kepengurusan Partai: – Wakil Ketua Umum DPP PKB tahun 2019 – 2024; – Ketua DPP PKB tahun 2015 – 2019; – Wakil Sekjen DPP PKB 2005 – 2010; – Ketua Umum DPP PPKB tahun 2002 – 2007.

Kegiatan Sosial/Kemasyarakatan

– Ketua LKK PBNU tahun 2015 – 2019; – Ketua PB IKA PMII 2018 – 2023; – Wakil Ketua Umum IKA UINSA (Ikatan Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya); – Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Asy – Syarif Islamic School Mojokerto Jawa Timur; – Ketua Pembina Yayasan Garuda Bumandhala Jakarta; – Ketua Umum Pimpinan Pusat Fatayat NU tahun 2010 – 2014; – Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen tahun 2001 – 2004; – Ketua PW IPPNU Jawa Timur tahun 1996 – 1999.

Disertasi Dr. Hj Ida Fauziyah, M.Si yang berjudul: ”Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia”, secara konseptual terinspirasi dari isu pentingnya peningkatan kualitas kaum perempuan dan kesetaraan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berangkat dari isu penting itulah maka masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni yang mendalami bidang Ilmu Pemerintahan. menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian 9 orang ditentukan dengan snow ball technique. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, pedoman wawancara dan observasi.  Analisis data menggunakan Analisis Deskriptiof yang dikembangkan dengan metode Triangulasi Observers.Telah berhasil memperoleh satu  temuan penelitian dan menyusunnya menjadi konsep baru sebagai berikut :

Pengembangan konsep tentang Strategi Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dengan definisi:  Strategi Implementasi Kebijakan Pengarusuta-maan Gender dalam Pembangunan Nasional adalah siasat, kiat dan cara yang terstruktur dalam pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan peningkatan kedudukan, peran dan kualitas perempuan untuk terwujudnya kesataraan dan keadilan gender yang terdiri atas strategi legalitas formal, strategi sinergitas struktural, strategi adaptasi kultural, dan strategi penguatan individual. Dari definisi ini dikembangkan empat dimensi strategi : (1) Dimensi Strategi Legalitas Formal;  (2) Dimensi Strategi Sinergitas Struktural; (3) Dimensi Strategi Adaptasi Kultural; dan (4) Strategi  Penguatan Individual. Pengembangan konsep tersebut yang merupakan hasil pendekatan espitemologi diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan kualitas kaum permpuan dan kesetaraan gender; memberi manfaat bagi pengembangan Ilmu Pemerintahan, dan sekaligus sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama. Selain itu, pengembangan temuan penelitian menjadi konsep baru yang telah ditunjukkan oleh Dr.Hj Ida Fauziyah ,M.Si, kiranya berkenan dijadikan ciri dan standar Disertasi Ilmu Pemerintahan IPDN.

Pesan Promotor kepada Saudari  Dr.Hj Ida Fauziyah,M.Si  Setelah melewati perjalanan panjang studi yang penuh dengan dinamika tuntutan dan tantangan, akhirnya Saudari berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan; dan sejak hari ini, 17 Juli   2020 Saudari resmi dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan.  Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut Saudari dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama  mengikuti program studi serta  menerapkan implikasi praktis dan konsep baru yang Saudari susun dalam disertasi untuk kebaikan sesama dan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya, terutama untuk meningkatkan kualitas kaum perempuan dan kesetaraan gender. Lebih dari itu, terkait dengan kedudukan Saudari sebagai Pejabat Publik, kami juga berharap Saudari dapat melakukan berbagai  terobosan untuk meningkatkan kapasitas birokrasi dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dan menghormati hak asasi manusia. Kembangkanlah  pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudari dapatkan selama mengkuti Program Studi  Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan keberhasilan reformasi birokrasi bagi kemajuan bangsa di masa depan. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: