Dr. Roy Haris Oktabian, S. STP., M.Si, Camat Simpangkatis Kabupaten Bangka Tengah Prov. Kepulauan Bangka Belitung Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 116

Jakarta, aspirasipublik.com – Selama masa Pandemi Covid -19 baru hari ini semua promotor dan penguji dapat hadir langsung tanpa ada yang daring namun tetap memperhatikan protokol kesehatan .

Dr. Roy Haris Oktabian, S. STP., M.Si  adalah Doktor Ilmu Pemerintahan ke 116. Pelaksanaan sidang promosi dari jam 13.00 sampai jam 16.00 wib tanggal 20 Juli 2020 di Kampus IPDN Cilandak Lantai 3 Gedung Pasca Sarjana.

Komisi Promotor yang terdiri atas: 1. Prof. Muchlis Hamdi, MPA., PhD, 2. Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.Si, 3. Prof. Dr. Fernandes Simangunsong, S.STP., S.AP., M.Si

Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: 1. Dr. Hadi Prabowo, MM (Rektor IPDN), 2. Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS., 3. Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd., 4. Prof. Dr. Ngadisah, MA (Ketua Prodi Pasca Sarjana), 5. Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, MA., 6. Prof. Dr. Triyuni Soemartono, MM., 7. Dr. Sampara Lukman, MA (Direktur Pasca Sarjana), 8. Dr. Kusworo, M.Si (Wakil Direktur Pasca Sarjana)

Riwayat singkat Dr .Roy Haris Oktabian  S.STP., M.Si,Dilahirkan di Bandung, pada tanggal 02 Oktober 1982, dari pasangan Bapak Iskemal dan Ibu R. Amah. Pernikahannya dengan Aisyah Sisylia telah dikaruniai 4 orang putra-putri : Zayidha Navisya Haris, Rakha Legawa Putrana Haris, Rayhi Prasaja Putrana Haris dan Wangsa Atmaja Haris.

Riwayat Pendidikan:

Sekolah Dasar Widyawan II Cimahi Lulus 1994, Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 (SMPN 2) Cimahi Lulus 1997, Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Bandung (SMAN 9)Lulus 2000, Pendidikan Ahli Admisitrasi Perusahaan (PAAP) D3/UNPAD Tidak Lulus 2002, Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Lulus 2006, Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Lulus 2009 (gelar Magister Ilmu Pemerintahan/M.Si), Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri 2014-2020.

Riwayat Pekerjaan

  1. Staf pada Bagian Kesra, Setda Pemerintah Kota Cimahi (2006-2008)
  2. Staf pada Bagian Tata Pemerintah, Setda Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2008)
  3. Kasie Pemerintahan Kelurahan Berok, Kecamatan Koba Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2008-2009)
  4. Kasie Kelembagaan Masyarakat, BPMPD Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2009-2010)
  5. Kasubbag Protokol, Bagian Humas dan Protokol Setda Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2010-2011)
  6. Kasie Pemberdayaan Masyarakat (Plt Sekretasis Camat), Kecamatan Lubuk Besar Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2011-2012)
  7. Kabid Kesatuan Bangsa, Badan Kesbangpol Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2012-2013)
  8. Sekretaris KORPRI, Setda Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2013-2014)
  9. Staf Tugas Belajar, pada Program Doktoral Ilmu Pemerintahan Jakarta (2014-2017)
  10. Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Setda Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2017)
  11. Kepala Bagian Humas dan Protokol, Setda Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2017-2018)
  12. Camat Simpangkatis Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (2018-Sekarang)
  13. Tutor UT UPBJJ Pangkalpinang (2009-Sekarang)
  14. Dosen Luar Biasa STIE PERTIBA (2017-Sekarang)

Disertasi Dr. Roy Haris Oktabian  S.STP., M.Si yang berjudul: “Kepemimpinan Pemerintahan Bahari (Studi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)”, secara konseptual terinspirasi dari isu peran kepemimpinan seorang gubernur dalam menjalankan roda pemerintahannya di wilayah bahari/ kepulauan. Berangkat dari isu tersebut maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni yang mendalami bidang ilmu pemerintahan.

Orisinalitas Penelitian : penelitianinimempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknis analisis data. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan suatu konsep baru oleh Dr .Roy Haris Oktabian  S.STP., M.Si diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan kemampuan seorang kepala daerah/Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam menggunakan kewenangan untuk mengkombinasikan pengelolaan perairan dan daratan secara proporsional, dan dikelola untuk rakyat di daratan tetapi berbasis kehidupan dilautan. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk mengetahui dan menganalisis Kepemimpinan Pemerintahan Bahari di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan menemukan sebuah Model Kepemimpinan Pemerintahan Bahari di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan memadupadankan konsep Digital Leader Erik Qualman, Konsep Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia Pamudji, Konsep Kepemimpinan Pemerintahan Sadu Wasistiono, Konsep Kepemimpinan Berjiwa Bahari S.K Wahyono, Konsep Archipelago oleh Crawfur D, F. R. S. John.

Dr .Roy Haris Oktabian  S.STP., M.Si menggunakan metode penelitian kualititaif dengan pendekatan deskriptif analisis. Dalam penelitian ini yang dijadikan informan utama adalah  6 (enam) orang pejabat yang dianggap mempunyai informasi kunci dan beberapa unsur masyarakat sebagai informan pendukung dengan snowball sampling  technique. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, teknik wawancara mendalam dan observasi.Dr .Roy Haris Oktabian  S.STP., M.Si telah berhasil memperoleh temuan penelitian dan menyusun konsep baru tentang model Kepemimpinan Pemerintahan Bahari. konsepbaru tersebutmerupakan hasil penerapan epistimologi Ilmu Pemerintahan.

Hasil penelitian yang demikian  itu diharapkan dapat memberikan manfaaat sebagai bahan pertimbangan bagi penyempurnaan konsep kepemimpinan. Baik secara nasional maupun regional dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dokumen perencanaan pembangunan daerah wilayah kepulauan/ bahari pada masa yang akan datang. Memberi manfaat bagi pemngembangan ilmu pemerintahan, dan sekaligus sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama.

Pesan Promotor Prof. Muchlis Hamdi, MPA., PhD ,dan co promotor . Dengan prestasi studi ini, dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi seorang Camat yang lebih berat. Artinya, langkah panjang saudara di dunia keilmuan untuk mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar saudara dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi akan semakin merunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan Negara.   Demikianlah nasehat akademik ini kami sampaikan dan sekali lagi kami ucapkan Selamat kepada Saudara Dr .Roy Haris Oktabian  S.STP., M.Si  dan seluruh keluarga. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: