Dr. Bayquni, S. Sos. M.Pd, M.Ikom. Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan (IPDN) ke 117, Dosen Pada Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Jakarta, aspirasipublik.com – Pada hari ini tanggal 21 juli 2020, bertempat di Kampus IPDN Cilandak Jakarta selatan Dr.Bayquni, S.Sos.M.Pd,M.Ikom. Secara resmi berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan Ke 117. Ujian Promosi yang dilakukan selama 3 jam dari jam 13.00 sampai jam 16.00, Dipimpin oleh Direktur Pasca Sarjana dan ketua Prodi Pasca sarjan mewakili atasnama rektor IPDN, dengan tetap melakukan protokol kesehatan, penguji hadir langsung dan melalui daring  Komisi Promotor yang terdiri atas: 1. Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, MA. 2. Dr. Kusworo, M.Si. 3. Dr. Etin Indrayani, MT.

Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: 1. Dr. Hadi Prabowo, MM., 2. Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd., 3. Prof. Dr. Ngadisah, MA. 4. Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA. 5. Dr. Sampara Lukman, MA. 6. Dr. Rossy Lambelanova, AP., SIP., M.Si. 7. Dr. Dedeh Maryani, MM. 8. Dr. Irwan Tahir, M.Si.

Setelah memperhatikan gagasan, semangat, dan ketekunan Promovendus dalam proses penulisan disertasi dan prestasinya dalam kegiatan terstruktur selama 2 semester, ujian kualifikasi tertulis, seminar usulan penelitian, yang dilanjutkan dengan ujian naskah disertasi, sebelumnya perkenankanlah kami Komisi Promotor, terlebih dahulu menyampaikan riwayat singkat Dr. Bayquni, S.Sos. M.Pd,M.Ikom. beserta ringkasan kandungan akademik disertasi yang ditulisnya. Dilahirkan di Jakarta,  pada tanggal 15 Oktober 1976, dari pasangan Bapak H. Ali Afas  (alm) dan Ibu Hj. Eha Djulaeha.  Pernikahannya dengan Aririn Prameswari Reptiningrum. S.Sos, telah dikaruniai 2 (Dua) putra : Farrel Mahadika Nugroho dan Reivan Mahawira Bramantyo.

Riwayat Pendidikan :

  1. Sekolah Dasar Negeri 09 Jakarta (1982 – 1988 )
  2. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciputat, Jawa Barat (1989-1991)
  3. Sekolah Menegah Atas Negeri 108 Jakarta  (1992-1994)
  4. Strata 1 Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Program Studi Ilmu Komunikasi (1994-2000)
  5. Strata 2 Universtas Negeri Jakarta Program Studi Tekhnologi Pendidikan. (2003- 2007 )
  6. Strata 2 Universitas Budi Luhur Jakarta Program Studi Ilmu Komunikasi (2015  2016 )

Riwayat Pekerjaan :

  1. Reporter Majalah Budaya dan Sosial “ PARNUSA” Reporter in Culture and Social (1998-1999).
  2.  Reporter Tabloid Politik  Simpony Demokrasi (1999-2000)
  3.  Staf Peneliti  Department Kehakiman dan HAM (2000-2001)
  4. Staf Peneliti di Central HAM Indonesia University ( 2000- 2001)
  5. Staf Research and Development majalah  Football +  PT Nusa Perdana Media Graha (2000-2002)
  6. Staf Research and Development   Tabloid AUTOBIZ   PT Nusa Perdana Media Graha (2002-2004)
  7. Staf Editor  PT Solid Hot Media (2004-2007)
  8. Kepala Bidang Kemahasiswaan di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi  ITKP (2007-2012)
  9. Kepala  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) 2012 -2018
  10. Kepala  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) 2018 -2020

Riwayat  Pengajaran :

  • Pengajar pada Pelatihan Politik Pemula  UNDP Tahun 1999
  • Pengajar di Universitas Terbuka  pada Ilmu Komunikasi  (2001)
  • Pengajar di Universitas Terbuka  pada Ilmu Komunikasi (2002 )
  • Pengajar di Universitas Terbuka  pada Ilu Komunikasi  (2002-  2004)
  • Pengajar di  Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi ITKP  (2007-2019)
  • Pengajar di Universitas Al Azhar Jakarta (2010 – 2012 )
  • Pengajar di Sekolah Tinggi Indonesia Maju Jakarta ( 2014- 2016 )
  • Pengajar  di Univ.Prof. Dr.Moestopo (Beragama) Prodi Ilmu Komunikasi (2009- Sekarang)
  • Pengajar di Akademi Televisi  Indosiar    (2009 -2014)
  • Pengajar di Universitas Budi Luhur Jakarta (2015- Sekarang )

Disertasi Dr. Bayquni, S.Sos. M.Pd, M.Ikom. yang berjudul : Efektivitas Satuan Polisi Pamongpraja dalam Penegakkan Pedagang Kaki Lima di Kota Administrasi Jakarta Barat, secara konseptual terinspirasi dari isu penting mengenai masalah penegakkan peraturan daerah. Berangkat dari isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni promovendus yang mendalami bidang ilmu pemerintahan.  Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknik analisis data. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan suatu Konsep Baru diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya Efektivitas Satuan Polisi Pamongpraja dalam Penegakkan Pedagang Kaki Lima di Kota Administrasi Jakarta Barat. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas penegakkan  dan model yang efektif dalam penegakkan peraturan daerah Satpol PP terhadap pedagang kaki lima di Kota Administrasi Jakarta Barat. Efektivitas dianalisis menggunakan teori Tyson & Jackson.

Disain Penelitian: Promovendus menggunakan metode penelitian kualitatif. Merujuk Creswell, Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. di mana pemilihan dilakukan secara sengaja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan mengumpulkan dokumentasi dan analisis data digunakan Metode analisis Nvivo.

Dr.Bayquni, S.Sos.M.Pd,M.Ikom. Telah berhasil memperoleh temuan penelitian dan menyusun model baru yakni dalam meningkatkan efektivitas Satuan Polisi Pamongpraja dalam penegakkan pedagang kaki lima di Kota Administrasi Jakarta Barat. Model  baru tersebut merupakan hasil penerapan epistemologi Ilmu Pemerintahan.Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan penegakan peraturan daerah oleh Satuan Polisi Pamongpraja dan kesejahteraan masyarakat khususnya PKL berkenaan dengan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggarakan pemerintah daerah dalam rangka menyajikan masukan dan pemikiran dalam pemecahan masalah pada efektivitas Satuan Polisi Pamongpraja dalam penegakkan pedagang kaki lima di Kota Administrasi Jakarta Barat. Disis lain, dapat menjadi acuan pada Rencana Strategis (Renstra) bagi Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Saudara berhasil juga menyusun konsep-konsep yang baru sebagai hasil pengembangan teori. Konsep-konsep baru tersebut merupakan suatu kontribusi keilmuan bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama Ilmu Pemerintahan yang semakin fungsional untuk mengkritisi fenomena pemerinrtahan yang berkembang  sangat   dinamis. Pesan Promotor kepada Dr. Bayquni, S.Sos. M.Pd, M.Ikom. dengan prestasi tersebut, dan dengan ilmu yang Saudara dapatkan selama mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan, kini Saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, langkah panjang Saudara dijaga keilmuan untuk mendarmabhaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara yang lebih luas. Kami berharap dan berpesan kepada Saudara hendaknya Saudara dapat buktikan segenap kemampuan professional Saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam Forum Pengembangan Ilmu Pemerintahan, pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan apalagi sombong, gunakanlah ilmu padi yang makin berisi makin merunduk, jadilah insan professional yang taqwa- berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Demikian nasihat akademik yang dapat kami sampaikan dan sekali lagi kami ucapkan SELAMAT kepada Saudara Doktor Bayquni, dan Seluruh Keluarga Besar. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: