Dr. Neneng Sri Rahayu, ST, M.Si. Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 119, Dosen Politeknik STIA LAN Jakarta

Jakarta, aspirasipublik.com – Sidang ujian terbuka ini merupakan kelanjutan dari proses studi dan bimbingan yang telah dilalui Dr. Neneng Sri Rahayu,ST., M.Si. selama mengikuti Program Pendidikan Doktor Ilmu Pemerintahan,dan pertama lulus Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN dari STIA LAN Jakarta, Sidang dilakukan di gedung pasca sarjan lantai 3 IPDN cilandak Jakarta tanggal 22 juli 2020 dari Pukul 13.00 sampai 16.00 yang dipimpin langsung oleh Direktur Pasca Sarjana dan Ibu kepala prodi pasca sarjana mewakili atas nama Rektor IPDN,Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ,Penguji dan promotor ada yang hadir langsung dan ada yang melalui daring .

Tim Promotor yang terdiri atas: 1. Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS (Hadir Langsung), 2. Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA (melalui Daring), 3. Prof. Dr. Ngadisah, MA (hadir Langsung)

Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada Komisi Promotor dengan memperhatikan bantuan dan saran secara lisan dan tulisan dari Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: 1. Dr. Hadi Prabowo, MM (Rektor IPDN), 2. Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd (Hadir Langsung), 3. Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, MA(Hadir Langsung), 4. Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU (Hadir Langsung), 5. Prof. Dr. J. Basuki, M.Psi(melalui Daring), 6. Prof. Dr. Djuntika, M.Pd (Melalui Daring), 7. Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA (Hadir Langsung), 8. Dr. Sampara Lukman, MA (Hadir langsung dan memimpin jalannya sidang bersama Ibu Prodi Pasca Sarjana)

Riwayat singkat Dr. Neneng Sri Rahayu,ST, M.Si.  dilahirkan di Garut Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 08 Agustus 1971, dari pasangan Bapak Endang Rochman (alm) dan Ibu E. Setianingsih,  Pernikahannya dengan AM. Ridwan telah dikaruniai 4 putra-putri : Muhammad Airlangga, Covina Reyhana Azriela, Muhammad Genta Ramadhan dan Muhammad Farvaiz Al-Ghazali.

Riwayat Pendidikan :

SD lulus tahun 1985;  SMP lulus tahun 1987; SMA lulus tahun 1990; Sarjana Teknik Universitas Islam Bandung lulus tahun 1997, Magister Ilmu Sosial Universitas Padjadjaran lulus tahun 2004, Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun 2015-2020.   

Riwayat Jabatan :

Tahun 2020, Wakil direktur II Politeknik STIA LAN Jakarta – Tahun 2018 (2 Tahun) Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIA LAN Jakarta, – Tahun 2015 Kabag Administasi Akademik dan Kemahasiswaan ( 3 Tahun) STIA LAN Jakarta, -Tahun Kasubag Administrasi Akademik dan Kerjasama (3 Tahun) STIA LAN Jakarta, – Tahun 2007 Dosen (3 Tahun) STIA LAN Jakarta, Tahun 2006 Staf (1 Tahun) STIA LAN Jakarta, – Tahun 2005 CPNS (Perencanaan dan SDM) 1 Tahun .

Disertasi Dr.Neneng Sri Rahayu,ST, M.Si.yang berjudul : ”Peran Kepemimpinan Pemerintahan dalam Mewujudkan Pemerintahan Daerah yang Dinamis di Pemerintah Kota Depok”,  secara konseptual terinspirasi dari isu penting permasalahan kepemimpinan pemerintahan dalam pemerintahan daerah. Berangkat dari isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni yang mendalami bidang ilmu pemerintahan.  

Orisinalitas Penelitian :Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknik analisis data. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan suatu Konsep Baru oleh Dr.Neneng Sri Rahayu,ST, M.Si. diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya strategi kepemimpinan pemerintahan ini secara spesifik diarahkan untuk membahas Peran Kepemimpinan Pemerintahan dalam Mewujudkan Pemerintahan Daerah yang Dinamis di Pemerintah Kota Depok menurut teori Peran Kepemimpinan dalam Organisasi (Mintzberg), Dynamic Governance (Boon dan Chen) dan Strategi Kepemimpinan (ASOCA).

Disain Penelitian: Dr.Neneng Sri Rahayu,ST, M.Si. menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian sebanyak 14 orang ditentukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Studi Kepustakaan, Wawancara dan Observasi.  Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dengan studi kasus.

Hasil Penelitian dan Manfaatnya : Dr.Neneng Sri Rahayu,ST, M.Si. telah berhasil memperoleh temuan penelitian dan menyusun Strategi Baru tentang Strategi Kepemimpinan Pemerintahan Transformasional Empat Kaki (Strategi SRIE). Strategi baru tersebut merupakan hasil penerapan epistemologi Ilmu Pemerintahan.

Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan bagi Pemerintah Kota Depok dalam penyelenggaraan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan daerahnya. Sehingga dapat memperbaiki kinerja organisasi yang belum optimal, memberi manfaat bagi pengembangan disiplin ilmu pemerintahan khususnya pada bidang kepemimpinan pemerintahan dalam mewujudkan pemerintahan daerah yang dinamis untuk mengimplementasikan perubahan dalam pembangunan daerah. dan sekaligus sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama. Pesan promotor, dengan prestasi studi ini dan dengan ilmu yang didapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini Dr.Neneng Sri Rahayu,ST, M.Si.  dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, secara keilmuan,  Dituntut  untuk secara berkelanjutan mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara yang kita cintai ini. Kami berharap dan berpesan kepada  agar dapat membuktikan segenap kemampuan profesional di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan  yang dapat berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk,  dan jadilah insan profesional yang bertakwa dan  berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: