Bupati Dosmar Banjarnahor, SE.: 17 Tahun Humbang Hasundutan 8 Kali WTP

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE. bersama Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dan Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH memotong kue HUT Kabupaten Humhahas ke-17 di Aula Huta Mas Doloksanggul

Doloksanggul, aspirasipublik.com – Hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan ke-17 diperingati secara sederhana dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (28/7). Acara diawali dengan rapat paripurna DPRD Humbahas dipimpin Ketua DPRD Ramses Lumbangaol SH.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan  peringatan 17 tahun Humbang Hasundutan dengan suasana yang sangat prihatin, sehingga dilaksanakan secara sederhana akibat pandemi covid 19 yang masih melanda bangsa Indonesia dan dunia. Maka perayaan tidak mengundang camat, kepala desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda yang tersebar di 10 kecamatan namun acara bisa disaksikan secara langsung melalui vidioconference di kantor camat masing-masing. Hari jadi kabupaten diperingati sebagai bentuk ungkapan syukur atas dinamika perjalanan pemerintah sejak terbentuknya Kabupaten Humbahas sampai saat ini.

Pada momentum itu, Bupati Humbahas atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Humbahas yang ke-17 tahun. Ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD Humbahas atas terselenggaranya rapat paripurna DPRD di Aula Huta Mas Doloksanggul. Bukan hanya itu saja, Bupati Dosmar Banjarnahor menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada para pemrakarsa pembentukan Kabupaten Humbahas yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan di Humbahas. Termasuk kepada yang telah pernah memimpin Kabupaten Humbahas ini yaitu Alm Manatap Simanungkalit, Sarlandy Hutabarat, Maddin Sihombing, Marganti Manullang dan Bukit Tambunan yang telah berkarya demi kemajuan Kabupaten Humbang Hasundutan.  Khusus kepada Maddin Shombing dan Marganti Manullang yang merupakan pasangan Bupati-Wakil Bupati Humbahas pilihan rakyat telah meletakkan pondasi yang kuat untuk kemajuan Humbahas selama 10 tahun atau dua periode. Penghargaan juga ditujukan kepada putra-putri perantau asal Humbahas, ASN, TNI/Polri, tokoh agama, masyarakat, pemuda, LSM, insan pers dan lainnya yang telah ikut mendorong terbangunnya suasana yang kondusif di Humbang Hasundutan.

Walaupun Humbahas masih berusia 17 tahun, namun sudah banyak kemajuan yang dirasakan masyarakat baik itu bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan pertanian dan ekonomi masyarakat lainnya.  Hari jadi 17 tahun ini, kita jadikan sebagai sarana intropeksi terhadap apa yang telah dan akan dilaksanakan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Ini tidak mudah terwujud, namun jika dilandasi kerja keras, rasa memiliki dan komitmen yang sunguh-sungguh dan semangat kebersamaan serta tercipta persatuan dan kesatuan maka secara bertahap dan berkelanjutan pembangunan dapat terwujud di bona pasogit Humbang Hasundutan.  

Bupati Dosmar Banjarnahor juga menjelaskan bahwa capaian kemajuan pembangunan telah dilaksanakan di Humbahas yaitu seiiring semakin membaiknya tata kelola pemerintahan dengan penghargaan penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dari predikat CC menjadi BB dari Kementerian PAN dan RB dan merupakan tertinggi dari 33 kabupaten/kota se- Sumut. Penyelenggaraan pemerintahan daerah terbaik 2 (dua) dari 33 kabupaten/kota di Sumut.  Sejak berdirinya Kabupaten Humbahas sudah 8 kali WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI perwakilan Sumut, 4 kali diantaranya  masa kepemimpinan Bupati Dosmar Banjarnahor dengan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora. Kepatuhan terhadap perundang-undangan selalu urutan pertama di Sumut, dan kepatuhan terhadap sistem pengendalian intern dengan posisi selalu antara satu sampai tiga besar se-Sumut.

Di usia 17 tahun Humbang Hasundutan, telah berdiri kantor imigrasi di Humbahas untuk penerbitan pasport, sehingga masyarakat yang memerlukan identitas pasport tidak lagi ke Pematang Siantar. Selain berdampak terhadap ekonomi masyarakat juga mendukung destinasi danau toba.

Bidang pendidikan, berbagai terobosan telah dilaksanakan dengan rehabilitasi ruang sekolah mulai dari PAUD, TK, SD dan tingkat SMP termasuk pembangunan unit sekolah baru. Demi meningkatkan kemampuan kompetensi guru sudah bekerjasama dengan yayasan Surya Institute Jakarta dan pelatihan pandai berhitung bagi siswa SD dan SMP. Demi semangat belajar, Pemkab Humbahas telah memberikan beasiswa yang masuk ke SMA faporit yaitu SMAN 2 Sopo Surung Balige, SMA Del Laguboti dan SMA Mata Uli Sibolga. Demikian juga bagi siswa SLTA putra putri Humbahas yang masuk ke 10 besar Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia diberikan beasiswa.  

Bidang kesehatan, 12 puskesmas yang ada di Humbahas telah terakreditasi sesuai standar pelayanan kesehatan. Saat ini, RSUD Doloksanggul telah tersedia pelayanan endoskopi, poli jantung dilengkapi dengan pemeriksaan echocardiography dan treadmill. Kedepan akan menyiapkan pelayanan CT Scan dan pelayanan cuci darah.  

Mendorong mobilisasi transportasi, jalan kabupaten kondisi mantap mencapai 702,55 km atau 77,70 %. Sementara untuk tata kelola pola tanaman padi sawah terus ditingkatkan pembangunan infrastruktur irigasi teknis. Dalam bidang pariwisata, terus ditingkatkan pembangunan sarana dan prasarana kebutuhan yang mendukung destinasi danau toba di Sipinsur Paranginan dan Baktiraja. Sebagai daya tarik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara. Guna meningkatkan iman dan taqwa, Pemkab memberikan bantuan kepada gereja dan masjid dalam kurun waktu 2017-2020 sebesar Rp 7.500.000.000.  Bedah rumah sudah tembus 6.113 unit.

Selanjutnya, Bupati mengatakan pertanian merupakan program unggulan Kabupaten Humbahas karena mayoritas masyarakat hidup dari sektor pertanian. Program pertanian yang selalu dikembangkan antara lain kentang, bawang merah dan putih, jagung dan kopi. Sehingga diharapkan Kabupaten Humbahas menjadi salah satu daerah penghasil pertanian untuk kebutuhan masyarakat di Sumut bahkan di Indonesia. Kebutuhan itu diharapkan terealisasi selama 4 tahun kedepan, selain tanahnya subur dan luas juga didukung dengan ketersediaan alsintan yang cukup seperti traktor besar, excavator besar dan mini, hand traktor dan pemipil jagung. Sehingga lahan masyarakat yang selama ini kurang produktif akan dikelola menjadi lahan produktif.  Kabupaten Humbahas telah ditetapkan pemerintah pusat untuk program food estate secara nasional dalam mewujudkan ketahanan pangan. Karena daerah Humbahas memiliki potensi pertanian yang subur dan luas, sehingga pemerintah pusat akan bersinergi dengan Pemkab Humbahas dan dunia usaha melalui investor terkemuka untuk mensukseskan program tersebut.  Moment ini harus disambut dengan baik, karena hanya dua (2) lokasi yang dijadikan pemerintah pusat sebagai food estate yaitu di Kalimantan Selatan dan Humbang Hasundutan.

Saat ini dunia dilanda covid 19, Pemkab Humbahas telah mengambil langkah-langkah kebijakan baik dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 maupun dampak terhadap ekonomi masyarakat dengan merekofusing APBD 2020.  Kebijakan itu meliputi penyediaan dapur umum untuk wedang jahe, pemeriksaan di pos perbatasan, pembagian vitamin, pembagian masker serta penyiapan sarana dan prasarana di RSUD Doloksanggul.  Untuk jaringan pengamanan sosial diberikan bantuan kepada masyarakat Rp 600.000/kk dari APBD dan Rp 600.000/kk dari dana desa dan dari Kementerian Sosial. Serta dari Provinsi Sumut berupa sembako termasuk bantuan dari pihak ketiga. Mendorong pertumbuhan ekonomi, Pemkab Humbahas memberikan bantuan bibit bawang merah dan bibit jagung secara gratis kepada masyarakat yang tersebar di 10 kecamatan. Maka Bupati menghimbau agar semua mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, hendaknya saling mendukung dan saling mengingatkan. Sehingga berbagai program yang telah dibuat Pemkab Humbahas dalam rangka penanganan covid 19 dapat terlaksana dengan baik.

Demi kemajuan, Bupati mengajak putra putri Humbahas  termasuk dunia usaha untuk senantiasa memberikan dukungan dan kontribusi pemikiran yang konstruktif. Begitu juga kepada ASN, Kepala Desa, BPD dan elemen masyarakat untuk terus meningkatkan kerja keras, berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.  Bupati juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran anggota DPR RI Jhonny Allen Marbun yang selalu memberikan perhatian ke Humbang Hasundutan dalam pembangunan.

Desember 2020 ini, akan melaksanakan pesta demokrasi di Indonesia termasuk di Humbang Hasundutan dalam pemilihan Kepala Daerah. Bupati menghimbau agar semua bersama-sama mensukseskan dan hendaknya tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Sehingga Kabupaten Humbahas tetap dalam keadaan aman, tertib dan kondusif.  

Hadir dalam acara itu antara lain Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, anggota DPR RI drh Jhonny Allen Marbun, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SE, Kapolres Humbahas AKBP Rudi Hartono, Kajari Humbahas Iwan Ginting SH, Dandim 0210/TU Letkol Roni Agus Widodo, Ketua/Wakil Ketua TP PKK Humbahas, pemrakarsa pembentukan Kabupaten Humbahas dan lainnya. Acara HUT (Hari Ulang Tahun)  Kabupaten Humbahas ke-17 dirangkai dengan pemotongan kue oleh Bupati Humbahas, Wakil Bupati Humbahas dan Ketua DPRD Humbahas. (rel/rukmunal siregar/protokol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: