Korcam LSM KOMPAK Cikarang Utara Layangkan Surat Ke Dinas LH Kab. Bekasi

Bekasi, aspirasipublik.com – UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah jaminan kepastian hukum memberikan perlindungan terhadap hak setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari perlindungan terhadap keseluruhan ekosistem.
Atas dasar hukum tersebut LSM KOMPAK Kab  Bekasi, Korcam Cikarang Utara  melayangkan surat hari ini senin, 10 Agustus 2020 perihal pengaduan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kab Bekasi terkait dugaan pencemaran limbah ke sungai Cilemahabang. 

Surat bernomor 009/KKLI /019/ 07 / 2020, sudah kami  layangkan  dengan tujuan Dinas Lingkungan Hidup Kab Bekasi ambil sikap tegas, “jelas  Fahrudin Sekjen Korcam. 

Ini bentuk dari kepedulian kami selaku masyarakat dalam melakukan pengawasan, perlindungan, dan pengelolaan lingkungan hidup,sebagaimana diamanatkan UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” Sekjen KOMPAK Korcam Cikarang Utara. 
” Masih kata Fahrudin kami memiliki bukti foto, video dan Barang Bukti air yang diduga limbah B3 dalam bentuk cair yang mengaliri sungai Cilemahabang menjadi berwarna hitam pekat dan berbau.” 
Temuan ini harus tuntas, untuk itu kami berharap Dinas Lingkungan Hidup  Kab Bekasi Harus serius untuk jangka panjang, sebab kami sudah melakukan aksi bersama warga dari tiga desa, air sungai Cilemahabang hanya bening satu hari saja, esok nya hitam lagi.”Ucapnya. 

Akhir musyawarah  kami dengan Dinas LH, mengutip pasal dari UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,yaitu:
“Setiap orang yang melakukan pengelolaan limbah B3 tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). (sg) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: