Dinas Pariwisata Lombok Barat Gencar Melakukan Berbagai Upaya Guna Membangkitkan Geliat Kepariwisataan

Giri Menang, aspirasipublik.com – Dalam membangkitkan kembali geliat kepariwisataan di Lombok Barat, khususnya di kawasan Senggigi, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata gencar melakukan berbagai upaya. Mulai dari menerbitkan ijin beroperasinya kembali usaha jasa pariwisata dengan penerapan protokol kesehatan, melakukan supervisi terhadap usaha tersebut, hingga aksi bersih-bersih kawasan wisata sebagai langkah edukatif bagi masyarakat agar sadar kebersihan.

Semangat yang sama juga ditunjukkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Senggigi yang berada di Desa Senggigi untuk menghidupkan kembali pariwisata di kawasan wisata tersebut. Bersama para pengusaha sekitar Desa Senggigi, Senggigi Cycling Club (SCC), Pemerintah Desa Senggigi, remaja setempat dan pihak lainnya, kelompok ini rencananya akan menggelar event bernama Bike Camp Kemerdekaan Sunset Lake di Pantai Kerandangan 2.

Sebelum nge-camp bareng di Pantai Kerandangan 2, para peserta terlebih dahulu diajak menikmati sunset. Keesokan paginya, panitia mengajak peserta menjajal trek sepanjang 2 kilometer dengan medan yang cukup menantang. Hal itu disampaikan H. Kurnaen, Ketua Pokdarwis Pesona Senggigi usai mengikuti Aksi Bersih-Bersih Kawasan Wisata bersama Dinas Pariwisata Lombok Barat beberapa waktu lalu.

“Kita pada malam minggu tanggal 29 Augustus akan ngecamp bersama pecinta sepeda di Pantai Kerandangan 2. Pagi hari tanggal 30 Agustus kita akan ke trek untuk kita sama sama menjajal trek Sunset Bike Park di Dusun Kerandangan. Kita memilih di Kerandangan karena tempatnya nyaman indah dan dikelilingi perbukitan. Dan di puncak trek kita bisa menikmati sunset yang begitu bagus,” katanya.

“Kita juga berharap melalui event ini Senggigi juga akan lebih dikenal oleh para pecinta sepeda,” lanjut Kurnaen yang juga merupakan ketua SCC ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. Saepul Akhkam mengapresiasi rencana Pokdarwis Pesona Senggigi ini. Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa inisiasi dan pemberdayaan masyarakat di Kawasan Senggigi sudah mulai berjalan, kemudian apa yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata dengan menggandeng para pelaku wisata sebagai tanggung jawab bersama sudah dibuktikan. Tujuan jangka panjang kepariwisataan saat ini dinilai Akhkam sudah memperoleh hasil dan itu dibuktikan dengan adanya even yang diinisisasi oleh masyarakat.

Ia berharap semakin banyak pelaku-pelaku pariwisata, serta masyarakat disekitar destinasi wisata dan seluruh pemangku kepentingan kepariwisataan juga berinisiatif kencang dan masif untuk  menciptakan beranekaragam atraksi sport tourism, maupun kegiatan berorientasi ekotourism, dan lainnya.

“Kami berterimakasih kepada inisiator kegiatan ini. Khusus untuk Kawasan Senggigi, setiap atraksi yang ada sudah seharusnya bisa menjadi atraksi yang dipromosikan supaya #AyoKembaliKeSenggigi itu bisa kita wujudkan menjadi kenyataan. Terutama potensi utama kita ada pada masa pandemi sekarang ini. Pandemi sekarang ini membuat kita harus semakin konsolidatif antar seluruh pemangku kepentingan,” pesan Akhkam. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: