Pemilihan Ketua RW. 04 Babakan Binong, Berjalan Demokratis dan Menggunakan Protokol Kesehatan

Tangerang, aspirasipublik.com – Pemilih Ketua RW (Rukun warga). 04 Babakan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, berlangsung demokratis. Pasalnya,  proses pemilihan  pemimpin tingkat RW. ini melewati berbagai tahap layaknya Pemilu serentak yang belum lama digelar.

Jauh-jauh hari sebelum hari pemilihan, perwakilan warga terlebih dahulu membentuk kepanitian untuk menjaring calon yang maju sebagai kandidat Ketua RW (Rukun warga) serta mendata calon pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Setelah calon Ketua RW (Rukun warga) ditetapkan, panitia menyebar formulir atau surat undangan kepada para pemilih.

Di hari pemungutan, panitia mengarahkan satu persatu warga, mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, pencoblosan di bilik TPS hingga pencelupan jari di tinta sebagai tanda sudah memilih. Panitia menyediakan lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah RW 04.

Lazimnya sebuah pemilihan untuk mencari calon pemimpin, beragam perlengkapan yang dibutuhkan seperti bilik suara, kertas suara, surat suara dan tinta juga sudah dipersiapkan di TPS. Pencoblosan surat suara pun ditutup tepat pukul 13.00 WIB dengan menggunakan protokol kesehatan, lalu dilanjutkan dengan penghitungan suara yang dilakukan di Balai Warga RW 04 dengan disaksikan seluruh warga.

Ketua Panitia pemilihan RW 04, Mohammad mengatakan dalam pemilihan ini diharapkan jadi  capaian kesepakatan bersama, dan hal itu menjadi sangat penting guna memicu semangat gotong royong diantara warga, katanya di sela-sela pemilihan, Minggu (30/8/2020).

Meskipun berlangsung sederhana dan apa adanya, tetapi antusias warga mendatangi TPS patut diacungi jempol. Dari 900 jiwa yang berhak mencoblos, ada 683 jiwa yang memberikan hak suaranya untuk memilih salah satu dari dua calon kandidat. Bukan saja kalangan orang tua yang tampak bersemangat, para kaum milenial pun terlihat antusias dalam pemilihan ini. “Mudah-mudahan alam demokrasi seperti ini bisa menjadi percontohan untuk RW (Rukun warga) yang lain dan alhamdulillah, prosesnya berlangsung dengan aman, dan yang terpilih harus siap bekerja demi lancarnya pemerintahan dan pembangunan, khususnya di RW. 04 Babakan Binong selama menjabat tiga tahun kedepan,” ujarnya. (Parlin/Slamat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may have missed