Gubernur Riau Juara Penetapan Lokasi Tol Trans Sumatera

Jakarta, aspirasipublik.com – Pembangunan Proyek Strategis Nasional Tol Trans Sumatera di wilayah Provinsi Riau terus menunjukkan geliat positif khususnya dalam tahap persiapan pengadaan tanah, yang sarat dengan Penetapan Lokasi. Desember 2019 lalu, Gubernur Riau Syamsuar telah menetapkan Lokasi Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Kilometer yang saat ini telah masuk dalam tahap pelaksanaan musyawarah bentuk ganti kerugian. Tahap persiapan yang efektif dimulai pada September 2019 tuntas dalam waktu kurang dari tiga bulan, tepatnya di pertengahan Desember 2019.

Baru-baru ini, tepatnya 25 Agustus 2020 Gunernur Riau kembali menerbitkan Penetapan Lokasi Pembangunan Jalan Tol Ruas Bangkinang Pangkalan Tahap-1 sepanjang 24,7 Hektar. Untuk ruas ini, lagi-lagi Gubernur Riau menuntaskannya dalam rentang waktu tercepat pada ruas Tol Trans Sumatera, yakni tahap persiapan efektif dimulai pada bulan Juni 2020 dan tuntas di akhir Agustus 2020. Luar biasa.

Jika mengacu pada Peraturan Presiden 71 Tahun 2012, tahapan persiapan pengadaan tanah skala besar (diatas 5 hektar) memang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi yang berakhir pada ditetapkannya lokasi pembangunan berdasarkan berita acara kesepatan pada saat Konsultasi Publik. Hal ini sejalan dengan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memerlukan keseriusan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah.

Tahapan persiapan pengadaan tanah yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya dan Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau selaku Sekretaris Tim Pengadaan Tanah dalam dua ruas Penetapan Lokasi Tol Trans Sumatera terakhir terus menggesa percepatannya. Senin, 24 Agustus 2020 Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana memimpin Rapat Sinergitas Daerah dalam Percepatan Pelaksanaan Tol Jambi-Rengat sepanjang 81,5 Kilometer yang melintasi wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Mengawali sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa percepatan Tol Trans Sumatera di Provinsi Riau, terutama dalam hal yang menjadi tugas Pemerintah Daerah yaitu penyedian tanah dan penetapan lokasi. “Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa percepatan, ini perintah bapak Gubernur. Riau ini mendapat Tol terpanjang kedua setelah Sumatera Selatan, hampir 600 Kilometer totalnya, ini harus kita sambut dengan baik” tegas Yan Prana Jaya.

Hadir dalam Rapat itu Bupati Indragiri Hilir H.M. Wardan dalam paparannya menyampaikan kesiapan Pemerintah Provinsi Riau untuk mendukung pembangunan Tol Trans Sumatera di wilayah Kabupaten Indrigiri Hilir. Namun disamping itu Bupati Inhil Wardan juga mengharapkan pembangunan Tol Jambi-Rengat nantinya berdampak positif bagi masyatarakatnya. Demikian juga Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto serta perwakilan Walikota Pekanbaru, Bupati Pelalawan dan Bupati Indragiri Hulu yang menyampaikan hal yang serupa. Menindaklanjuti Rapat tersebut, Selasa 1 September 2020 Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana kembali mengundang Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pembangunan Tol Jambi-Rengat dalam agenda kordinasi penentuan jadwal Sosialisasi, Pendataan Awal, Konsultasi Pubkik dan Penetapan Lokasi. Setelah mendengarkan paparan dari Satker Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah II dan PT. Hutama Karya Jalan Tol serta saran dan masukan dari OPD teknis terkait, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana menutup Rapat Tim Persiapan Pengadaan Tanah dengan target Penetapan Lokasi Tol Jambi-Rengat oleh Gubernur diharapkan tuntas pada 27 Oktober 2020. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: