Dipenghujung Tahun Depan, Pengadilan Agama Namlea Diharapkan Sudah Menempati Gedung Baru

Namlea, aspirasipublik.com – Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Namlea, Syarifa Saimima, S.H.I kepada aspirasipublik.com saat dijambangi di ruang kerjanya, Kamis (25/02/2021) kemarin.

Tuntutan pelayanan prima dan nyaman bagi warga masyarakat Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan, mengharuskan pihak Pengadilan Agama Namlea segera menyediakan sarana berupa gedung yang representative. Dan diharapkan gedung tersebut dapat terealisasi pada penhujung tahun 2022.

“Terkait dengan rencana pembangunan infrastruktur, terutama gedung kantor Pengadilan Agama Namlea yang akan dibangun pada tahun 2021 ini, kami berterimakasih atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Bupati Buru beserta jajarannya.” Kata Saimima.

Lebih jauh Saimima membeberkan, Pemda Kabupaten Buru sejauh ini telah membantu pihak Pengadilan Agama Namlea dalam proses pembebasan lahan yang telah diberikan, sehingga mempercepat proses pembuatan sertifikat atas nama Mahkamah Agung RI. Sementara anggaran pembangunan gedung kantor PA Namlea sudah dikucurkan setelah disetujui oleh Mahkamah Agung RI.

Sementara itu, Bupati Buru, Ramly Umasugi saat menyambut kedatangan tim Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengatakan, Pemda Kabupaten Buru sendiri telah menyiapkan lahan bagi pembangunan gedung dan infrastruktur Pengadilan Agama Namlea, sebagaimana telah diberikan pula kepada beberapa instansi vertikal, diantaranya Polres, Kejaksaan Negeri, dan Pengadilan Negeri Namlea.

“Itu sudah kami siapkan semua. Dan in syaa Allah kita berharap tahun ini bisa dilakukan pembangunan infrastrukturnya,” Kata Umasugi, “sehingga PA dengan begitu banyaknya perkara yang harus ditangani, seperti kasus perceraian, akan kita dorong supaya infrastrukturnya dibangun dalam waktu dekat.”

“Kita sharing lah. Dalam hal ini pemerintah pusat melalui Mahkamah Agung RI menyediakan alokasi anggarannya, dan Pemda menyediakan lahannya,” Pugkas Ramly Umasugi.

Saat ini Pengadilan Agama Namlea menempati 3 petak gedung ruko di Jl. Dermaga Tugu Tani, dan hanya menyediakan 1 ruang sidang. Meski demikian, pelayanan optimal tetap diberikan kepada para pencari keadilan.

Dalam beberapa hari kedepan penandatangananan kontrak akan dilakukan dengan pihak perencanaan pembangunan untuk membuat cetak biru gedung kantor dan infrastruktur Pengadilan Agama Namlea, dan selanjutnya baru dilakukan proses pelelangan. Ditargetkan pada bulan Juli tahun ini (2021) peletakan batu pertama pembangunan gedungnya sudah bisa dilakukan. Dan diharapkan jika tak ada kendala berarti, gedung baru tersebut telah dapat ditempati pada pertengahan atau paling lambat menjelang akhir tahun 2022 nanti. (Syafridhani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: