Kampung Cilimus RW. 08 Desa Pangkal Jaya Giatkan Gotong Royong, Peringati Hari Sampah Nasional 2021

Bogor, aspirasipublik.com – Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua warga. Dengan bersih, mereka dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman. Kebersihan memiliki manfaat positif bagi mereka yang menjaganya, berikut manfaat lingkungan yang bersih bagi masyarakat: 1. Terhindar dari Ancaman Banjir, Banjir adalah salah satu dampak buruk dari lingkungan yang tidak bersih. Penyebab banjir yaitu kaena membuang sampah tidak pada tempatnya, yang mengakibatkan banyaknya sampah yang berserakan dimana-mana. Sehingga ketika terjadi hujan, sampah tersebut akan diseret oleh air dan menutupi lubang selokan, yang mengakibatkan air tidak dapat mengalir dengan sempurna. Dengan begitu air akan menggenangi duatu jalan bahkan perumahan. Air akan surut beberapa waktu kemudian, ada yang hitungan jam bahkan ada yang hitungan hari.

Sangat seram bukan, jika tinggal di daerah rawan banjir. Kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas kita. Sebaliknya, dengan kebersihan kita mampu menghindari banjir tersebut. 2. Terhindar dari Penyakit Menular, Penyakit menular dampak lingkungan kotor adalah DBD, diare, dan tipes. Penyakit tersebut jika tidak diobati dengan benar akan berujung pada kematian. Banyak masyarakat yang takut terhadap ancaman, namun masih sedikit yang melakukan pencegahan terhadap faktor risiko penyakit tersebut. Hal ini yang mengakibatkan, masih banyaknya penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak bersih. Hanya kerugian yang kita dapatkan jika tidak menghindari penyakit tersebut.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, BAB sembarangan, dan lain sebagianya, kita mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram.

Lingkungan Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman Untuk di Tempati Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan. Karena bau yang ditimbulkannya. Seperti itulah penilaian orang terhadap lingkungan yang tidak bersih.

Untuk menjaga kebersihan secara bersama – sama seluruh warga Kampung Cilimus, Desa Pangkal Jaya, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, mulai  dari bapak – bapak, juga ibu – ibu serta pemuda, melakukan kerja bakti bersama, kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua RW 08. untuk melaksanakan gotong royong bersih – bersih lingkungan, dimana kegiatan ini bertujuan agar terlihat bersih, indah dan sehat.

Adapun dalam pelaksanaan gotong royong tersebut, ketua RW. 08 bekerjasama dengan Kades Pangkal Jaya Taupik Sumarna, SE serta seluruh RT. Setempat.

Dengan diadakannya gotong royong bersih – bersih lingkungan  inu bertujuan agar  warga tetap hidup bersih dan sehat juga untuk memperingati hari sampah nasional tahun 2021 juga untuk antisipasi  penyebaran covid 19. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: