Beranda Ekonomi Bisnis Gubsu Buktikan Keberhasilan FE di Humbahas

Gubsu Buktikan Keberhasilan FE di Humbahas

0
Gubsu Buktikan Keberhasilan FE di Humbahas
Keterangan: Gubsu Edy, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan MH dan lainnya panen kentang di FE Desa Riaria Kecamatan Pollung, Rabu (3/3).

Doloksanggul, aspirasipublik.com – Gubsu Edy Rahmayadi buktikan keberhasilan FE (Food Estate) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan melakukan panen bawang merah dan kentang pada kunjungan kerjanya, Rabu (3/3) ke lokasi FE di Desa Riaria Kecamatan Pollung.

Dengan mengikuti protokol kesehatan, Gubernur dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor tiba di lokasi FE, disambut Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan Paniaran Nababan SH MH, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH, Kajari Humbahas Martinus Hasibuan SH, Wakapolres Kompol D. Pinem, Sekda Drs. Tonny Sihombing dan lainnya.

Edy menjelaskan kehadirannya di FE yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan sudah membuktikan keberhasilan awal dan tentunya kedepan akan lebih berhasil dan mampu memenuhi bahan pokok bawang putih, bawang merah dan kentang.

Sejak hadirnya Bapak Presiden RI dan Menteri ke Kabupaten Humbang Hasundutan ini, dari 3000 ha tahap pertama saat ini baru dibuka 215 ha lahan baru dan baru tanam. Disampaikan bahwa kebutuhan bawang merah di Sumatera Utara sudah terpenuhi 66 % dan bawang putih 4-5 %, serta untuk kentang kita masih kekurangan. Untuk itulah dibuka Food Estate ini. Tujuannya selain untuk memenuhi kebutuhan Sumatera Utara adalah kebutuhan Nasional dan Internasional.

“Kondisi yang kurang baik yang kita lihat saat ini adalah sangat wajar dan kalau dilihat dari persentase keberhasilannya sudah sangat baik. Lahan ini adalah bukaan baru awal tanam, semak belukar yang diolah sehingga masih banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh para petani. Karena masih lahan bukaan baru, tentu tanah masih asam, sehingga perlu ada intervensi-intervensi yang harus dilakukan. Selanjutnya ada cuaca yang ekstrim, seperti hujan yang bisa menguras tanah dan unsur hara tanah. Dan yang terakhir Sumber Daya Manusianya sendiri yang mengelola sekian banyak, 215 ha” tegas Edy.

Namun demikian, Edy Rahmayadi optimis akan keberhasilan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan. “Saudara-saudara saya, jadi jangan pesimis, kita optimis dan saya mendengar, saya datang langsung dalam kondisi ini kita kehujanan tapi saya harus lihat hari ini dan saya buktikan. Saya punya motivasi yang tinggi dan saya berharap, ini merupakan tumpuan lumbung pangan kita untuk Sumatera Utara, Nasional dan go-Internasioanl” ujarnya.

Gubernur juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan untuk tetap mempelajari, melakukan evaluasi terus menerus, sehingga 3000 ha bisa tercapai dengan motivasi dan support dari Nasional. Kita tidak bisa sendiri-sendiri tetapi harus kolaborasi dari semua pihak.

Sebelum melakukan panen, Gubsu terlebih dahulu meninjau embung sebagai penampungan air untuk keperluan FE.  Saat panen bawang merah, Gubsu mengaku bahwa harumnya sudah oke. “Harumnya sudah ok ini” kata Gubsu. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini