Vaksinasi Covid-19 Serempak bagi Pegawai dan Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta

Jakarta, aspirasipublik.com – Proses vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah dilakukan secara bertahap. Diawali dari tenaga Kesehatan, lansia, pedagang pasar, dan saat ini giliran petugas publik, Dosen, serta tenaga kependidikan.

Pada hari Jum’at (12/03/21), seluruh Pegawai dan Dosen PNS di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III D.K.I Jakarta telah melakukan vaksinasi COVID-19 secara serempak yang berlokasi di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Auditorium Gedung D, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Program vaksinasi tersebut mendukung visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menjaga layanan publik agar tetap berjalan maksimal.

Adapun vaksinasi tersebut diberikan kepada 650 orang Pegawai dan Dosen PNS di lingkungan LLDikti wilayah III, yang terbagi ke dalam dua sesi acara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sesi vaksinasi pertama diberikan kepada 326 orang dan sesi kedua diberikan untuk 324 orang.

Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc selaku Kepala LLDikti Wilayah III menyambut baik vaksinasi COVID-19 ini “saat ini kami bermitra dengan 299 Perguruan Tinggi Swasta dan 5 Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta. Ini merupakan harapan baru, mengingat pembelajaran pada semester genap tahun akademik 2020/2021 nanti akan dilaksanakan secara hybrid (campuran antara tatap muka dan daring). Dengan vaksinasi ini, kita tetap memastikan kesehatan dan keselamatan insan Pendidikan tinggi.” Agus juga menambahkan “setelah vaksinasi, Pimpinan Perguruan Tinggi dapat menyiapkan peraturan yang tentunya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan LLDikti Wilayah III dan mendapat persetujuan Gugus Tugas Covid setempat.

Bersamaan dengan itu, Sekretaris LLDikti Wilayah III, Dr. Yaya Jakaria, S.Si, MM menuturkan “Walaupun nanti sudah kembali ada metode belajar tatap muka, 5M harus tetap ditegakkan, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi. Penggunaan ruang kelas, lab, sarana prasarana dengan kapasitas 25-50%”.

Dengan diberlakukannya vaksinasi massal untuk Pegawai dan Dosen PNS Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III ini, diharapkan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi menjadi tidak terkendala dan dapat mendorong terbentuknya kekebalan kelompok di tengah masyarakat dalam menekan angka kasus COVID-19. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: