Pemuda Desa Pembuat Alat Fongging Tanpa Suara

Mataram, aspirasipublik.com – Agus Linardi, seorang pemuda desa Kuripan. Kecamatan Kuripan Lombok Barat berhasil membuat inovasi berupa alat fogging sederhana tanpa suara.

Di temui saat mencoba alat tersebut, Agus mengatakan pembuatan fogging ini berawal dari kekhawatirannya terhadap demam berdarah yang sudah mulai menjangkiti warga.

“Alat ini sy buat setelah melihat kebutuhan fogging di desa yang sangat kurang apalagi demam berdarah Sudh mulai ada lagi, dan kalau menunggu giliran kan lama” ujarnya.

Berbekal pelaratan sederhana dengan pengalaman praktik semasa sekolah menengah kejuruan (SMK 2 Kuripan), agus menciptakan alat fongging sederhana ini dan telah di cobanya. Menurutnya kelebihan fogging yang ia buat bukan hanya tanpa suara namun lebih ringan,lebih hemat dan lebih murah dan efektif.

” Jadi kelebihan alat fogging yang saya buat ini tidak bersuara,lebih ringan,lebih murah dan efektif karena menggunakan alat yang dijual banyak dipasaran termasuk bahan bakarnya yang dari solar” Jelas Agus.

Hingga saat ini ia sudah membuat beberapa alat fongging dan pesanan dari desapun sudah mulai ada untuk digunakan di lingkungan masing masing.

Sebelumnya dari tangan kreatif pemuda 36 tahun ini pernah membuat alat cuci tangan dengan bahan pipa dan pengoperasiannya menggunakan kaki.

Saat ini Agus berharap alat buatanya tersebut bisa digunakan dan bermanfaat.  Selain itu ia berharap ada atensi dari lembaga atau pemerintah dapat memfasilitasi untuk pengembangaya.

“ya saya berharap semoga alat ini bisa digunakan dan bermanfaat. Selain itu mungkin alat ini bisa dikembangkan lagi dengan dukungan dari lembaga atau pemerintah sehingga dapat dipatenkan dan di produksi massal”. harap Agus. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: