Wakil Bupati Humbahas Tinjau Lokasi Longsor di Simataniari Parlilitan

Keterangan: Wakil Bupati Humbahas Dr (Can) Oloan Paniaran Nababan, SH., MH., menjumpai Op.Gres Sihotang ditengah sawah karena terdampak banjir di Desa Baringin Kecamatan Parlilitan, Selasa (30/3)

Doloksanggul, aspirasipublik.com – Wakil Bupati Humbahas Dr (Can) Oloan Paniaran Nababan SH MH meninjau langsung lokasi longsor di Desa Simataniari Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbahas, Selasa (30/3).

Kepala Desa Simataniari Lasmer Munthe kepada Wakil Bupati Humbahas menjelaskan, Senin (29/3) siang sekira pukul 13.00 WIB curah hujan cukup tinggi di Parlilitan dan pukul 19.00 WIB terjadi longsor dan menutup bahu jalan. Ada 8 (delapan) titik lokasi longsor dan akses jalan terputus. Malamnya, warga sempat gotong-royong membersihkan tanah bercampur lumpur dari bahu jalan namun tak berarti. Satu malam akses jalan putus total. Sehingga hal itu dilaporkan kepada Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang MM dan diteruskan ke Bupati dan Wakil Bupati Humbahas.

Mendengar kabar itu, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan bersama Staf Ahli Drs Lamhot Hutasoit, Sabar H Purba SH, Remon Pakpahan SPd, Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang, Kapolsek Parlilitan Iptu J Lumbangaol, Danramil Parlilitan Peltu Andi Lumbantoruan, Babinsa Simataniari Serka B Hutasoit bersama tim BPBD, Selasa (30/3) pagi menuju lokasi longsor. Sejak pukul 06.00 WIB, alat berat milik Pemkab Humbahas sudah berada di lokasi  membersihkan tanah berlumpur dari bahu jalan dan pukul 09.30 WIB akses jalan sudah berjalan normal. Kepala Desa dan warga setempat mengucapkan banyak terimakasih ke Pemkab Humbahas, khususnya kepada Wakil Bupati yang begitu cepat dan tanggap dan hadir di lokasi  kejadian.

Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan mengatakan daerah Parlilitan tergolong rawan longsor. Apabila hal seperti ini terjadi maka Kepala Desa termasuk Camat harus cepat bergerak dan tanggap dengan situasi serta segera dilaporkan ke Pemkab Humbahas. “Kalau longsor seperti ini, hanya mengandalkan gotong-royong, lama siapnya tapi harus menggunakan alat berat. Sehingga akses jalan tidak terganggu dengan waktu yang lama. Jadi kita harus cepat bergerak dan tanggap dengan situasi” tegas Oloan P Nababan.

Selanjutnya Wakil Bupati Humbahas dan rombongan meninjau sawah di Desa Baringin Kecamatan Parlilitan karena terdampak banjir dan satu (1) unit rumah milik Jepri Silaban sempat tergenang air. Jepri Silaban menjelaskan, Senin (29/3) hujan deras, dan tiba-tiba air meluap seperti air bah. Seperti ini sering terjadi ketika curah hujan tinggi. Akibat meluapnya air, ikan-ikan yang ada di kolam hilang terbawa arus.  Wakil Bupati Humbahas bersama Kepala Desa Baringin Hotmauli Sitohang dan masyarakat setempat berdiskusi, guna mengantisipasi terjadinya hal serupa, maka sangat segera dibangun irigasi.

Sebelum meninggalkan lokasi, Wakil Bupati Humbahas melihat seorang wanita lanjut usia sedang berada di tengah sawah membersihkan sampah-sampah dan rumput yang terdampak banjir. Wakil Bupati beranjak dan mendatangi wanita lanjut usia itu di pertengahan sawah dan ketika ditanya ternyata Boru Sitohang gelar Oppung Gres. Sambil memegang tongkat, oppung itu mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wakil Bupati Humbahas. “ Terimakasih banyak, Tuhan memberkati dalam pekerjaaanmu” kata Oppung kepada Wakil Bupati Humbahas.

Sebelum mengunjungi lokasi longsor, Wakil Bupati Humbahas menyambangi sekolah SDN 173508 Sihabonghabong Kecamatan Parlilitan. Setiap ruangan kelas didampingi Kepala Sekolah  Tasbi Situmorang SPd didatangi Wakil Bupati Humbahas guna memberikan semangat dan motivasi kepada guru dan anak-anak sekolah. (rel/rukmunal h siregar/Protokol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: