Menteri Bersama Kapoldasu dan Pangdam I/BB Panen Kentang di Food Estate di Humbahas

Keterangan: Dirjend Holtikultura Prihasto Setyanto menjelaskan program pengembangan food estate kepada para Menteri, Kapoldasu dan Pangdam I/BB saat kunjungan kerja ke Desa Riaria Kecamatan Pollung Kabupaten Humbahas

Doloksanggul, aspirasipublik.com – Tiga Menteri kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam rangka panen kentang di Food Estate Desa Riaria Kecamatan Pollung sekaligus kick off di lokasi 785 hektar yang berada di Desa Hutajulu, Selasa (23/3). Ketiga Menteri itu, Menko Marves Jenderal TNI (Purn)  Luhut Binsar Panjaitan, Mentan  Dr. H. Syahrul Yasim Limpo, SH, MH dan Menteri PUPR Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc. Bukan hanya Menteri, hadir juga Kepala BSSN RI Letjen (Purn) Hinsa Siburian, Gubernur Sumatera Utara  Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.

Rombongan disambut Forkopimda Tapanuli Raya, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbahas, DR (Can) Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Dandim 0210/TU Letkol Czi Ronny Agus Widodo, Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH, SIK, MH, Kasi Intel Kejari Humbahas Hendra Sinaga SH, Ketua TP. PKK Humbahas, Ny. Lidya Dosmar Banjarnahor, Sekdakab Humbahas Drs. Tonny Sihombing dan sejumlah anggota DPRD Humbahas dan Pimpinan OPD.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE di lokasi food estate menjelaskan secara singkat areal food estate 215 ha yang sudah diolah dan yang akan dilaksanakan perluasan 785 ha di Desa Hutajulu melalui media poster.

Menko Marves Jenderal TNI (Purn)  Luhut Binsar Panjaitan pada kesempatan itu menyampaikan bahwa untuk tahun 2021 ini akan fokus kepada pengembangan Food Estate dengan luasan 1000 Ha. Pengembangan ini akan tetap dilaksanakan secara bertahap. Pada kesempatan itu juga para Menteri menyempatkan diri berdialog dengan para kelompok tani (Poktan) yang mengolah lahan kentang yang dipanen dan mendengarkan keluhan dan kebutuhan para petani. Diharapkan agar para petani menuruti arahan pemerintah dan tidak perlu khawatir karena hasil pertanian akan dibeli dan harganya sudah diatur serta para petani akan diberikan pupuk organik. Para petani juga diberikan arahan dalam pengelolaan modal dan hasil pertanian sehingga kedepan kesejahteraan para petani akan semakin baik.

Menko Marves juga melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan duabelas (12) para pihak dalam rangka Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundtuan. Usai panen kentang di Desa Riaria, rombongan bergerak menuju lokasi pengembangan food estate dengan luas 785 ha di Desa Hutajulu Pollung.

Kemudian, Kamis (25/3), Komisi IV DPR RI yang dipimpin H Dedi Mulyadi SH juga kunjungan kerja (Kunker) Spesifik ke Kabupaten Humbang Hasunduta guna meninjau dan melihat secara langsung lokasi pelaksanaan program Food Estate yang lokasinya berada di Desa Hutajulu dan Desa Riaria, Kecamatan Pollung. Tiba di wilayah Humbang Hasundutan, rombongan DPR RI disambut Wakil Bupati Humbahas Dr. (Can) Oloan Paniaran Nababan, SH, MH.

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI ke Food Estate Kabupaten Humbang Hasundutan ini dilaksanakan dengan berbagai macam  kegiatan diantaranya peninjauan Lahan Food Estate seluas 785 ha  di Desa Hutajulu, peninjauan lahan Food Estate di Desa Riaria, penen kentang, bawang merah dan bawang putih. Dalam kunjungan itu, Dirjend Hortikultura Prihasto Setyanto menjelaskan program food estate dihadapan anggota Komisi IV DPR RI.  Dr. (Can) Oloan Paniaran Nababan, SH, MH dalam sambutan singkatnya menyampaikan terimakasih atas kedatangan rombongan Komisi IV DPR RI di tanah Kabupaten Humbang Hasundutan. Dr. (Can) Oloan Paniaran Nababan, SH, MH juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perhatian besar dari anggota dewan yang terhormat terhadap program pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan khususnya Food Estate dan siap mendukung sepenuhnya seluruh program pengembangan Food Estate di Humbang Hasundutan ini. Selesai peninjau food estate, rombongan bersama Wakil Bupati Humbahas Dr. (Can) Oloan Paniaran Nababan, SH, MH melihat panorama wisata alam Sipinsur yang berada di Desa Pearung Kecamatan Paranginan. (rel/rukmunal h siregar/protokol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *