Beranda Kesehatan Warga Binaan di Lapas Klas IIA Cikarang di Vaksin

Warga Binaan di Lapas Klas IIA Cikarang di Vaksin

0
Warga Binaan di Lapas Klas IIA Cikarang di Vaksin

Bekasi, aspirasipublik.com – Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang (Lapas Cikarang) ikuti vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Semakin meningkatnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia termasuk di Kabupaten Bekasi, dimana kelompok usia lanjut merupakan yang paling rentan terpapar hingga dapat menyebabkan kematian.

Lapas Cikarang melakukan respon cepat menanggulangi hal tersebut, mengingat dari total 1862 warga binaan perhari Jum’at (26/03/21)  ada total 15 warga binaan berusia lebih dari 60 tahun.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Oki Setiawan sesuai dengan arahan kepala Lapas Cikarang Veri kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, guna vaksinasi bagi 15 warga binaan lansia,

Oki pun menerangkan bahwa pihak Lapas Cikarang telah bersurat secara resmi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi pada tanggal 18 Maret 2020.

“Respon dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi sangatlah cepat, dari tanggal 18 Maret 2020 kami mengirimkan surat permohonan dan Alhamdulillah pada tanggal 25 Maret 2020, 15 warga binaan sudah divasksin untuk tahap I,” tambah Oki.

Kamis pagi (25/03/21) bertempat di poliklinik Lapas Cikarang, tiga orang tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi didampingi oleh petugas medis Lapas Cikarang melakukan skrining terhadap warga binaan yang akan divaksin terlebih dahulu.

“Tujuannya memastikan vaksin Covid-19 diberikan kepada kelompok yang sesuai, menyingkirkan adanya kontraindikasi vaksinasi, serta meminimalisir resiko kejadian pasca vaksinasi,” tutur tutur Oki.

Dengan tetap mengutamakan penertapan protokol kesehatan, pelaksanaan vaksinasi didampingi juga oleh kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Oki Setiawan, kepala sub bagian tata usaha Irawan Wijaya, dan subseksi bimkemaswat Fauzi Rahman.

“kami harap vaksinasi pun dapat dilakukan terhadap seluruh warga binaan di Lapas Cikarang, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,” harap Oki. (sg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini