Menghadapi Pandemi Covid – 19, Masyarakat Desa Cisarua Bersatu Untuk Kemajuan

Bogor, aspirasipublik.com – Pemberlakuan pembatasan kegiatan atau social distancing untuk mengatasi penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) yang dilakukan di berbagai wilayah di indonesia menyebabkan terhambatnya sejumlah kegiatan ekonomi. Hal ini juga terdampak terhadap berbagai sektor, diantaranya: sektor pariwisata, industri, hotel dan restoran, perdagangan dan jasa, serta perdagangan informal. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya penurunan pemasukan. Dampaknya juga berakibat pada pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal akibatnya jumlah pengangguran pun meningkat dan daya beli masyarakat ikut menurun.

Hal ini secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap masyarakat yang ada di desa, berkurangnya aktivitas di kota membuat masyarakat desa juga mengurangi kegiatannya, karena pembatasan sosial berskala besar dikota membuat arus perdagangan menurun, demikian juga dengan permintaan dan penawaran di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern, mengurangi stok yang ada sehingga stok barang semakin berkurang.

Sehingga pemerintah melakukan kebijakan akibat permasalahan tersebut diatas, dengan memberikan bantuan sosial terhadap masyarakat desa, dengan harapan dapat membatu permasalahan masyarakat setempat.

Dalam hal ini, kerjasama daripada kepala desa itu sendiri sangat diharapkan, mengingat pendistribusian bantuan sosial dapat terlaksana dengan baik, mengingat kepala desa/lurah adalah pimpinan organisasi pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Kemajuan serta perubahan desa tergantung dari seorang pemimpin yang benar – benar melaksanakan tugasnya bukan untuk kepentingan pribadi melainkan untuk kepentingan seluruh warga warganya.

Seperti halnya Kades Cisarua, Kec. Nanggung Kab. Bogor. H. Ipit Idris menerima bantuan dari bupati bogor, Hj. Ade Yasin berupa sembako (beras) sebanyak 485 kpm  dengan total. 990 karung ukuran 15 kg per karung oleh kades cisarua bekerja sama dengan Babinsa Serda Guntur, Babinmas Bripka Tri, Muspika Noki dan BPD desa serta linmas desa untun membagikan bantuan tersebut. “oleh karna itu saya, kades cisarua H Ipit Idris sangat mengucapkan terima kasih kepada bupati bogor atas bantuannya dan semoga untuk ke depannya desa cisarua ini masih tetap di perhatikan,” tandasnya. (surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: