May 16, 2022

Acara Reses Pertama Deden Umardani Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Meminta Aspirasi Dari Konstituennya

3 min read

Tangerang, aspirasipublik.com – Pemilu merupakan salah satu usaha untuk memengaruhi rakyat secara persuasif (tidak memaksa) dengan melakukan kegiatan retorika, dalam Pemilu, para pemilih dalam Pemilu juga disebut konstituen, dan kepada merekalah para peserta Pemilu menawarkan janji-janji dan program-programnya pada masa kampanye.

Demikianjuga pemilihan calon legislatif yang ada, masyarakat memilih calon legislatif guna mewakili aspirasinya untuk duduk di bangku DPRD Kota maupun kabupaten.

Dalam satu tahun sidang, waktu kerja DPRD dibagi menjadi empat atau lima masa persidangan. Dimana setiap masa persidangan terdiri dari masa sidang dan masa reses. Dimasa reses ini para anggota DPRD mendapatkan kesempatan pulang kampung sambil menyerap informasi dan aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Masa reses adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang dan di luar gedung. Masa reses mengikuti masa persidangan, yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun atau 14 kali reses dalam periode 5 tahun masa jabatan DPRD.

Sementara masa reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan kerja. Kunjungan kerja ini bisa dilakukan oleh Anggota Dewan secara perseorangan maupun secara berkelompok.

Demikian halnya dengan saudara Deden Umardani Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dapil 5 (Kecamatan Cikupa, Curug, Panongan) anggota dewan dari partai banteng bermoncong putih ini mengadakan reses pertama tahun 2019 di citra raya, kecamatan curug kabupaten tangerang, minggu, Tanggal 5 oktober 2019, acara ini  dihadiri ratusan konstituen yang ingin menyapa Deden Umardani secara langsung, atau ada juga yang ingin menyampaikan aspirasinya.

Pada pidatonya Deden Umardani menyampaikan: “Pertama – tama yang mau saya ucapkan adalah terima kasih baik secara lisan dari hati saya yang paling dalam bahwa Alhamdulillah seperti yang tadi telah saya sampaikan kita telah bisa memecahkan record di dapil 5 ini, baru tahun ini bebrrapa calon dari  partai kita PDI Perjuangan duduk sebagai wakil rakyat mewakili wilayah ini. Ini sebuah prestasi ini sebuah kebanggaan, dan ini bukan semata-mata hanya prestasi saya dan semata-mata keberhasilan para caleg. Ini adalah keberhasilan kita semua berjuang bersama caleg, mekipun kita tau kemarin pada proses pencalegan kita menghadapi berbagaimacam hoak yang dikemas sangat hebat melalui media sosial maupun ruang-ruang publik lainnya. Ternyata ini membuktikan bahwa banteng – banteng yang ada di dapil 5 ini tanduk-tanduknya lebih terasa meskipun banyak hoak-hoak yang ditujukan kepada partai kita, ternyata kita mampu melawan dengan kecerdasan kawan-kawan, itu yang pertama selanjutnya pada kesempatan kali ini saya sedang menjalankan tugas sebagai anggota DPRD menjalankan reses, semoga pada kesempatan kali ini saya mendapatkan banyak masukan juga saran, kritikpun tidak apa-apa, karena saya merasakan diri saya tidak sempurna, sehingga kedepannya bisa lebih  sempurna.

Resen ini sendiri dilakukan oleh masing-masing anggota DPRD terdiri dari lima kali guna mendaptkan masukan dari masyarakat dan hari ini adalah hari terakhir agenda reses saya dan sengaja saya melibatkan kawan-kawan struktur, karena ada kawan-kawan yang kegiatannya pengurus partai tapi jalan di depan rumahnya rusak, nah ini juga menjadi pertanyaan pada masyarakat, artinya ada yang salah dengan hal ini. Demikian juga akibat kemarau banyak masyarakat yang mengalami kekeringan, saya minta informasinya. Kalaupun nanti tidak bisa kita salurkan melalui jalur kedewanan saya akan berkordinasi dan minta bantuan dari PMI kabupaten, demikian juga kebutuhan anak-anak kita untuk kebutuhan pendidikan, apakah sekolah dasar negeri sudah cukup di kecamatan curug atau kecamatan lainnya yang ada di dapil 5, sesuai dengan kampanye saya pendidikan dan kesehatan. Saya akan terus berjuang sesuai dengan kampanye saya yaitu pendidikan dan kesehatan. Karena pendidikan adalah kewajiban pemerintah untuk memfasilitasinya.” (Parlin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.