Dr. Ir. H. Justiar Noer, MM, MSi. Bupati Bangka Selatan Di Usia 70 Tahun Berhasil Meraih Gelar Doktor Ilmu Penerintahan (IPDN)

Cilandak, aspirasipublik.com – Bupati Bangka Selatan  Ir. Drs H Justiar Noer, MM, M.Si.Pada tanggal 12 Maret 2020 di Kampus IPDN Cilandak berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan yang ke 95 dengan judul Disertasi: “Analisis Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Pelabuhan Tukak Sadai di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”

Dengan Komisi Promotor yang terdiri atas: 1 Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd. 2 Prof. Dr. Ngadisah, MA. 3 Dr. Sampara Lukman, MA.

Adapun Tim Penguji/Penelaah terdiri atas: Dr. Hadi Prabowo, MM. Prof. Dr. H.M. Aries Djaenuri, MA. Prof. Dr. Ir. Triyuni Soemartono, MM. Dr. Drs. Kusworo, M.Si. Dr. Ali Hanafiah Muhi, MP. Dr. Dadang Suwanda, SE., MM., Mak., Ak., CA. Dr. M. Irwan Tahir, M.Si. Dr. Layla Kurniawati, M.Pd.

Sidang  Terbuka Ir. Drs. H. Justiar Noer, MM,M.Si. yang dipimpin oleh Direktur Pasca Sarjan Dr. Sampara Lukman, MA. dan Prof. Dr. Ngadisah, MA. Mewakili atas nama Plt. Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo MM. Serta disaksikan oleh seluruh pejabat daerah dari kabupaten Bangka Selatan dari kepala desa, camat, kapala Dinas, Sekda, kapolres, DPRD dan rekan rekan Mahasiswa – mahasiswi Program Doktoral, ikut menghadiri seluruh Praja Perwakilan Bangka Selatan.

Riwayat singkat Ir. Drs. H. Justiar Noer, MM, M. Si . dilahirkan di Toboali,  pada tanggal 23 Desember 1950, dari pasangan Bapak H. Mohammad Noer (alm) dan Ibu Hj. Ratnasari (almh).  Pernikahannya dengan Ir. Hj. Ekawati, Dipl SE telah dikaruniai 1 (satu) putra : Aditya Rizki Pradana Noer, S. Des, M.Sc.

Riwayat Pendidikan:

  1. Sekolah Rakyat Negeri (SRN No 1) Toboali Lulus 1963;
  2. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 1) Toboali Lulus 1966;
  3. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1) Pangkalpinang Lulus 1970;
  4. Akademi Teknologi Negeri (ATN) Bandung, Jurusan Arsitektur, Lulus 1976 (gelar BAE);
  5. FKIT, IKIP Bandung, Jurusan Arsitektur, Lulus 1982 (gelar Doktorandus/Drs);
  6. Unihaz Bengkulu, Jurusan Teknik Sipil, Lulus 1996 (gelar Sarjana Teknik/Ir);
  7. Sekolah Tinggi IPWI Jakarta, Lulus 2000 (gelar Magister Managemen/MM);
  8. Institut Pertanian Bogor, Jurusan Kelautan dan Perikanan, Lulus 2011 (gelar Magister Science/Msi).

Riwayat Pekerjaan:

  1. Staf Tata Usaha dan Pengawas Bagian Bangunan UPTB Wilasi Toboali (1968-1970);
  2. Staf Arsitek Konsultan PT BIEC Int, Bandung (1973-1974);
  3. Staf Teknik Konsultan & Arsitek, PT Team 4 Architect Engineering, Bandung (1975-1982);
  4. Resident Engineer Konsorsium, PT Team 4, PT Birano, PT PRW, untuk proyek proyekb World Bank/ IBRD/ ADB pada Dep. Pertanian, Diknas, Nakertrans dan BKKBN di Bengkulu (1981-1985);
  5. Staf Teknik pada Subdin Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Prov. Bengkulu (1982-1988);
  6. Kasi Tata Usaha, Subdin Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Prov. Bengkulu (1988-1993);
  7. Kasi Tata Bangunan, Subdin Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Prov. Bengkulu (1993-1998);
  8. Anggota Tim AMDAL Provinsi Bengkulu (1994-2000);
  9. Kasi Perencanaan dan Program Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu (1998);
  10. Kasi Perumahan, Subdin Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu (1998-1999);
  11. Staf Teknik Kanwil Dep. Pekerjaan Umum, Prov. Sumatera Selatan (2000)
  12. Kasubdin Parsenibud Dinas Perhubungan, Pariwisata, Seni dan Budaya, Pemkab. Bangka (2001);
  13. Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Seni dan Budaya, Pemkab. Bangka (2001-2004);
  14. Kepala Badan Pengelola dan Pengendalian Lingkungan Daerah, Pemkab. Bangka (2004);
  15. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (2004);
  16. Penjabat Bupati Bangka Selatan (2004-2005);
  17. Bupati Bangka Selatan periode (2005-2010) hasil pemilukada;
  18. Bupati Bangka Selatan periode (2016-2020) hasil pemilukada.

BOBOT MUTU AKADEMIK

Aktualisasi dan Relevansi Masalah: Disertasi promovendus yang berjudul:  “Analisis Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Pelabuhan Tukak Sadai di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, secara konseptual terinspirasi dari isu penting mengenai masalah Pengembangan Kawasan di Daerah. Berangkat dari isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni promovendus yang mendalami bidang ilmu pemerintahan.

Orisinalitas Penelitian : Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknik analisis data. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan suatu Konsep Baru oleh promovendus diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Pelabuhan Tukak Sadai khususnya dan Kabupaten/kota di Indonesia pada umumnya. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas proses, peran aktor pemerintahan dan model kebijakan dalam mengimplementasikan Kebijakan Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Pelabuhan Tukak Sadai. Proses Implementasi dianalisis menggunakan teori Grindle. Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Kebijakan dianalisis menggunakan Model Analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Tekonologi).

Disain Penelitian: Promovendus menggunakan metode penelitian kualitatif. Merujuk Creswell, Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. di mana pemilihan dilakukan secara sengaja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Partisipan atau Informan terdiri dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Camat terkait di wilayah, Tokoh Masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan mengumpulkan dokumentasi.

Sistematika Penyusunan Disertasi: Sistematika penyusunan disertasi ini telah sesuai dengan sistematika terbaru menurut ketentuan yang berlaku pada Program Pascasarjana Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan.

Hasil Penelitian dan Manfaatnya: Promovendus telah berhasil memperoleh temuan penelitian dan menyusun model baru yakni Justiar Noer Model dalam Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan. Model  baru tersebut merupakan hasil penerapan epistemologi Ilmu Pemerintahan.

Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat berkenaan dengan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggarakan pemerintah daerah dalam rangka menyajikan masukan dan pemikiran dalam pemecahan masalah pada Kebijakan Kawasan Strategis Kabupaten Bangka Selatan, khususnya pada Kawasan Industri Terpadu Pelabuhan Tukak Sadai. Disisi lain, dapat menjadi acuan pada Rencana Strategis (Renstra) bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan. Pesan Tim Promotor kepada  Ir .Drs H Justiar Noer, MM,MSi . untuk mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar saudara dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi akan semakin merunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. (Joko susilo Raharjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: