Presiden Joko Widodo Sampaikan Ucapan Selamat Dies Natalis Ke-65 untuk IPDN

Jatinangor, aspirasipublik.com – Rabu. Tanggal. 17/03/2021. Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat dies natalis ke-65 untuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang disampaikan secara virtual.

Perayaan dies natalis IPDN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, diselenggarakan di tengah pandemi covid-19 rangkaian acara dies natalis ini dilaksanakan secara internal, terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang sangat ketat. Dies natalis IPDN tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Inovasi untuk Mewujudkan Daya Saing di Tengah Pandemi Covid-19”.

Pada acara puncaknya, IPDN melaksanakan upacara dies natalis di Kampus IPDN Jatinangor dan dapat disaksikan secara virtual melalui youtube channel Humas IPDN dan aplikasi zoom.

Adapun yang hadir secara luring di kampus IPDN Jatinangor yakni Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM beserta jajaran pimpinan lainnya, Dirjen Bina Otonomi Daerah Kemendagri selaku Ketua DPN IKAPTK, Inspektorat Jenderal Kemendagri serta perwakilan civitas academica IPDN lainnya.

Sebelumnya, IPDN telah melaksanakan rangkaian acara menyambut dies natalis ipdn ke-65, diantaranya perlombaan kesenian dan penalaran praja seperti IPDN idol, lomba debat, standup comedy dan speech competition, pertandingan olahraga praja, bakti sosial di lingkungan sekitar kampus IPDN, pemilihan dosen dan karyawan teladan, perlombaan kebersihan wisma dan perkantoran serta pelaksanaan seminar nasional dengan tema “Optimalisasi Penyelenggaraan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat dalam Rangka Akselerasi Pembangunan dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat”. Acara puncaknya yakni dengan dilaksanakannya upacara peringatan dies natalis, dimana didalamnya ditampilkan video ucapan testimoni oleh pejabat negara, tokoh nasional dan stakeholder IPDN lainnya. “Sebagai tempat untuk mendidik para pamong praja di masa depan, IPDN harus dapat menjadi pusat inovasi, pusat pengembangan pemikiran-pemikiran baru, pusat pengembangan budaya kerja baru yang lebih adaptif pada perubahan-perubahan dan lebih siap menghadapi kompetisi global.

IPDN harus mampu mencetak kader pamong praja yang mumpuni, tidak terjebak pada rutinitas dan cara-cara lama, mampu bertindak cepat dan tepat, kerja smart tapi tetap berjiwa Pancasila”, ujar Presiden RI. Rektor IPDN dalam sambutannya menyampaikan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan apresiasi tinggi kepada IPDN pada acara dies natalis IPDN yang ke-65.

Semoga semua doa, harapan dan motivasi yang diberikan kepada kami, dapat membuat kami semakin kuat dan konsisten untuk terus berdedikasi kepada bangsa dan negara Indonesia.

IPDN akan terus berupaya untuk bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Kedinasan yang memiliki kredibilitas tinggi, mampu bersaing ditengah percaturan global yang semakin kompleks, kompetitif serta dapat mewujudkan “Well-Established IPDN.

Hingga nantinya IPDN tidak hanya melahirkan kader-kader aparatur sipil negara dan calon pemimpin yang berpotensi, berkarakter, berkepribadian dan berdaya saing tapi juga handal, visioner¸ problem solver, dapat memainkan peran sebagai agent of change di masyarakat serta dapat bertindak tidak hanya sebagai regulator tapi juga eksekutor.

Semoga kedepannya IPDN dapat menjadi “Center of Knowledge” bagi perguruan tinggi lainnya, terutama dalam bidang ilmu pemerintahan”, ujarnya. Dalam rangkaian upacara dies natalis ini, IPDN juga secara simbolis memberikan penghargaan kepada dosen dan ASN teladan, ASN yang memasuki purna bakti serta tali kasih kepada perwakilan petugas kebersihan kampus, petugas keamanan IPDN dan lain-lain. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *