ICMI Banten: Cetak Calon Pemimpin Jadi Tulang Punggung Bangsa

Tangerang, aspirasipublik.com – Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia Organisasi Wilayah (Orwil) Banten, menggelar Silaturahim Kerja Wilayah atau Silakwil tahun 2021 di Aula Pondok Pesantren Riyadlul Janah, Kresek, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/3/2021).

Silakwil juga menggelar seminar bertema “Strategi Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid 19” menghadirkan narasumber Erwin Soeriadimadja (Kepala Perwakilan BI Banten), dan Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Drs. H. Soma Atmaja, M.Si. dengan moderator Dr. Qomaruzzaman, M.Ed (Wakil Ketua ICMI Orda Kabupaten Tangerang)

Kegiatan Silakwil, yang di buka Gubernur Banten, Dr. H. Wahidin Halim, M.Si., dilaksanakan serentak di dua tempat, Citra Raya dan Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Kresek, Kabupaten Tangerang, menggunakan zoom meeting.

Pada kesempatan itu, hadir pula Ketua Umum ICMI, Prof. Dr. Jimmly Ashhiddiqie, SH, yang sekaligus memberikan sambutan kepada para peserta. Jimly menekankan, kepada pengurus ICMI Orwil Banten untuk memikirkan  sekolah kepemimpinan yang berbeda dengan negara lain.

“Kita harus berbeda dengan vocational school model Jerman atau occupational school model Jepang,” kata Jimmly.

Sekolah itu lanjutnya, akan melahirkan calon calon pemimpin bangsa yang akan menjadi tulang punggung pembangunan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Selain itu, Jimly juga berpesan agar Orsat, Orda dan Orwil di Banten untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan seperti Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf dan para saudagar muslim lainnya.

Silakwil yang pesertanya dari pengurus Orwil Banten dan delapan Orda kabupaten kota itu, menyepakati sembilan orang sebagai tim perumus program kerja tahun 2021, diantaranya lima dari Orwil Banten dan empat dari Orda kabupaten kota.

Penutupan Silakwil dilakukan Ketua ICMI Orwil Banten, Prof. Dr. Lili Romli, M.Si, sekaligus menyampaikan kegiatan Orwil Banten telah membentuk Tim Gugus Tugas UKM dan Ketahanan Pangan serta penerbitan majalah elektronik (e-magazine) Cendekiawan dan kegiatan lainnya.

Lili Romli pada kesempatan yang sama juga melantik kepengurusan ICMI Orda Kabupaten Tangerang periode 2021-2026. (Parlin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *