Kegiatan Pengabdian Masyarkat Prodi Teknik Informatika Unpam di SMK SATRIA BANGSA Bogor (pentingnya pemanfaatan buku digital interaktif masa Pandemi covid 19 saat ini)

Pamulang, aspirasipublik.com – Senin. 7 juni 2021, gagasan Inovasi menggunakan buku digital,  integrasi teknologi informasi dalam pendidikan pada lini terdepan pendidikan yaitu tingkat sekolah.

Inovasi ini diwujudkan dengan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam melaksanakan  salah satu wujud tridarma pendidikan yang wajib  dilakukan oleh seorang Dosen selain mengajar dan melakukan sebuah penelitian, dalam kesempatan kali ini, salah satu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Prodi teknik Informatika Unpam terdiri dari ketua PKM Agung Wijoyo S.Kom.,M.M. yang beranggotakan Indra Cahya Firdaus, M.PD, Munaldi, S.Kom.,M.Kom., Saprudin, S.Kom, M.Kom, dan Sofyan Mufti Prasetiyo, ST.,M.Kom, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan pembelajaran mengenai media belajar mengajar menggunakan buku digital interaktif pada SMK SATRIA BANGSA yang berada di Bogor.

Dunia pendidikan di masa pandemi seperti sekarang ini harus melakukan inovasi inovasi secara terstuktur, sistematis, harus ada jaminan inovasi digital berupa pendidikan online menjadi komponen integral model pendidikan campuran di sekolah. Siswa diberi akses teknologi ke sumber belajar dan dibimbing belajar keterampilan teknis melalui media komputer, laptop, tablet, ponsel yang terhubung internet.

Bagi siswa yang memiliki akses ke teknologi tepat, ada bukti bahwa belajar online bisa lebih efektif dalam beberapa cara dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa rata-rata, siswa mempertahankan 25-60% lebih banyak materi di dalam pikirannya ketika belajar online dibandingkan dengan hanya 8-10% di ruang kelas. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar disebabkan oleh kemampuan siswa dapat belajar lebih cepat secara online.

E-learning membutuhkan 40-60% lebih sedikit waktu untuk belajar daripada di lingkungan kelas tradisional, karena siswa dapat belajar dengan cara mereka sendiri, kembali dan membaca kembali, melewatkan, atau mempercepat melalui konsep yang mereka pilih sendiri., efektivitas pembelajaran online menggunakan buku digital akan sangat bermanfaat bagi siswa SMK SATRIA BANGSA, ungkap team Prodi teknik Informatika Unpam melalui daring, Ketua agung. Anggota saprudin dll.. Di bantu oleh Drs. Ferry Agus sianipar, S.H., M.H.

Pemanfaatan buku digital interaktif dinilai lebih efektif dan lebih sesuai dengan kondisi saat ini, karena selain menjelaskan terkait pemahaman materi yang ada, metode ini pun langsung bisa memberikan simulasi interaktif dan bentuk penyajian yang lebih menarik, sehingga lebih memudahkan siswa – siswi dalam belajar.

Pada PKM ini dosen prodi teknik informatika unpam memberikan pemahaman terkait buku digital interaktif, memberikan cara bagaimana membuat media belajar yang lebih menarik sehingga mencuri perhatian orang yang mau belajar.

Kepala sekolah SMK SATRIA BANGSA, ibu Heni Maryana, SE., mengapresiasi kegitan ini, beliau menilai memang perlu dilakukan inovasi-inovasi untuk menarik perhatian siswa-siswinya didalam proses belajar walaupun sayangnya kegiatan ini hanya dilakukan secara daring(online) karena terkendala pandemi  seperti sekarang ini.

Dirinya berharap kegiatan-kegiatan pengabdian kepada Masyarakat seperti ini bisa terus dilakukan, dengan kegiatan ini mereka bisa terus belajar dan mendapatkan pengetahuan baru dan ilmu baru yang mungkin bisa diterapkan dalam lingkungan sekolahnya. (D.F.Watimena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *