Cegah Penyebaran COVID-19, Pengelola Bandara Pusako Anak Nagari Pasbar Wajibkan Penumpang Bawa Hasil Rapidtes Antigen

Pasaman Barat, aspirasipublik.com – Bentuk keseriusan Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat, Sumbar menanggulangi penyebaran Virus Corona (Covid-19) menerapkan Protokol Kesehatan pada penumpang dan petugas Bandara, hal itu ditegaskan kepala Bandara Pusako Anak Nagari, Eva Wardi Putra, SH, Rabu di Simpang Empat.

Ia mengatakan “Secara prinsip, Bandara kebanggaan Pasaman Barat mulai dari fasilitas, proses, mau pun SDM-nya sudah perketat menerapkan Prokes cegah penyebaran Covid-19 tersebut,” paparnya.

Eva menyatakan, dengan mematuhi prokes dan penumpang pesawat wajib memberikan hasil Rapid tes anti gen, memakai masker,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengusulkan penerbangan dua kali seminggu ke Pekanbaru, Riau pada 2022.

“Saat ini jadwal penerbangan hanya satu kali dalam seminggu setiap Rabu ke Pekanbaru,”

Ia mengatakan pengusulan penambahan jadwal penerbangan itu mengingat kebutuhan masyarakat menuju Pekanbaru.

Saat ini, katanya jadwal penerbangan setiap Rabu dari Pekanbaru-Pasaman Barat pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru pukul 10.20 WIB menggunakan pesawat Susi Air.

“Kalau bisa tentu jadwal penerbangan dua kali dalam seminggu dengan hari yang berbeda,” katanya.

Menurutnya jika jadwal penerbangan ditambah setiap Jumat maka kemungkinan penumpang akan bertambah karena jadwal terakhir masyarakat bekerja sebelun libur Sabtu dan Minggu.

Pengusulan tambahan jadwal penerbangan itu telah disampaikan ke Kementrian Perhubungan melalui KPA Dabo Singkep.

Dia menyebutkan sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat.

“Akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh sembilan jam perjalanan,” katanya.

Ia menambahkan keberadaan bandara ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat hubungan masyarakat melalui transportasi udara dari Pasaman Barat menuju Pekanbaru.

“Mudah-mudahan penerbangan dapat lancar dan mempermudah masyarakat nantinya” katanya.

Bandara Pusako Anak Nagari ini, katanya, adalah suatu kebanggaan bagi Pasaman Barat karena satu-satunya kabupaten atau kota di Sumbar yang memiliki Bandara Udara.

“Jumlah penumpang hingga awal Juli 2021 ini mencapai 80 orang. Jika penerbangan dua kali seminggu kemungkinan jumlah penumpang akan bertambah,” katanya

Kita berterimakasih pada Pemerintah Daerah Pasaman Barat dan Komisi III DPRD Pasaman Barat, otoritas wilayah VI Padang, AirNav Indonesia cabang Padang dan KPA Dabo Singkep yang terus mendukung supaya bandara ini lebih baik kedepannya,” tutup Eva Wardi Putra yang low profil itu. (Dodi Ifanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *