Waduk Makam COVID – 19 Rorotan Mulai Dibangun Untuk Antisipasi Genangan Musim Hujan

Jakarta, aspirasipublik.com – Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing mulai membuat waduk di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah pasien COVID-19, Rorotan, Cilincing. Pembuatan Waduk Makam COVID-19 Rorotan tersebut dilakukan sebagai antisipasi terjadinya genangan di wilayah makam saat musim hujan.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Cilincing Tjahyono Budi Setiawan mengatakan waduk dibuat untuk melengkapi fasilitas pada area pemakaman di TPU Rorotan.

“Selain membuat jalan masuk ke area pemakaman dan lokasi parkir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mempersiapkan drainase berikut sebuah waduk dan sebuah kolam retensi yang posisinya di sudut kanan dan kiri area makam,” katanya, Kamis (5/8).

Tjahyono menerangkan waduk dan kolam retensi tersebut nantinya akan berfungsi sebagai lokasi penampungan air saat hujan datang.

“Dari total 25 hektar luas makam, pada sisi kanan jalan utama akan dibuat waduk seluas 2 hektar. Untuk sisi kiri akan dibuat kolam retensi seluas 1,5 hektar. Dibangunnya Waduk Makam COVID-19 Rorotan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya genangan, terutama saat datangnya musim hujan,” ungkapnya.

Tjahyono menambahkan untuk proses pembangunan Waduk Makam COVID-19 Rorotan ini baru dimulai satu minggu.

“Denah atau rencana dari pembangunan kedua lokasi penampungan air pada Makam COVID-19 Rorotan tersebut sudah selesai dibuat. Proses pengerukan tanah lokasi-lokasi tersebut baru berjalan satu minggu,” tuturnya. (Eduardus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *