Dr. P. R. Benirobin, S.Sos., M.Si. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Melawi Kalimantan Barat Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 144

Jakarta, aspirasipublik.com – Pada hari ini bertepatan tangal 19 Agustus 2021 di kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan Dr. P. R. Benirobin, S.Sos., M.Si. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat. Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan (IPDN) ke 144 dengan Predikat Sangat Memuaskan, Sidang yang dipimpin Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si mewakili atas nama  Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM. dan Didampingi Ketua Prodi Pasca Sarjana Dr. Mansyur Achmad, M.Si.

Dengan tetap melakukan protokol Kesehatan yang ketat guna memutus mata rantai covid -19, Untuk promotor dan penguji ada yang hadir langsung dan ada yang melalui daring Tim Promotor yang terdiri atas: Prof. Muchlis Hamdi, MPA, PhD. (Hadir langsung)., Dr. Rossy Lambelanova, AP, SIP, M.Si. (Melalui Daring)., Dr. Reydonnyzar Moenek, M.Devt. M. (Hadir langsung). Penelaah/penguji yang terdiri atas: Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN)., Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. (Dir Pasca sarjana memimpin jalannya sidang mewakili atas nama Rektor IPDN)., Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd. (Melalui Daring)., Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA., Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, CIMP, CSFA. (Melalui Daring)., Dr. Hyronimus Rowa, M.Si. (Melalui Daring)., Dr. Ir. Dedeh Maryani, MM. (Hadir Langsung)., Dr. Mansyur Achmad, M.Si. (Kaprodi Pasca sarjana Hadir langsung).

Riwayat singkat Dr. P. R. Benirobin, S.Sos M.Si dilahirkan di Sintang, 19 September 1969.  Dilingkungan kerja terkenal disiplin & pekerja keras serta berintegritas tinggi, terbukti jauh dari Kab Melawi Bertekad mengambil program Doktor Ilmu Pemerintahan di Jakarta dan terbukti hari ini tanggal 19 agustus 2021 terwujud dapat meraih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 144, Selain terkenal disiplin juga mempunyai talenta yg luar biasa memiliki kegemaran dalam bidang seni dan olahraga.

Pinter MC/host biasa bersama Artis ibukota juga para Pejabat Negara serta memiliki suara yang berkarakter di bidang Tarik suara ( bernyanyi) bakat seninya  dibuktikn dengan idenya membentuk TRIO IKAPTK (Selly, Robin, Lynda) yang terdiri dari Purna IPDN yang memiliki Talenta luar biasa sampai ke Tingkat Nasional.

Menikah dengan Elisabet Juwarsih, S.Pd. dan dikaruniai putri semata wayang yang sedang Stady sebagai Nidya Praja di IPDN jatinangor bernama Maria Graceylla Robyn. Jabatan sekarang sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja pada Pemerintah Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat.

Merupakan Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN pertama yang berasal dari Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat, Ini menjadi motifasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Melawi, (jangan pernah merasa puas/bosan untuk menimba ilmu meski komplit dengan segala tantangan seperti kata pepatah Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina) Ungkapnya kepada wartawan aspirasi publik.

Disertasi Dr. P. R. Benirobin, S.Sos M.Si. yang berjudul “Peranan Pemerintah Daerah dalam Memfasilitasi Ketenagakerjaan untuk Meningkatkan Investasi Publik di Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat” secara konseptual berasal dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang menjadi dasar atas terselenggaranya kesamaan kesempatan dan perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja. Desain penelitian dibentuk berdasarkan metode ilmiah serta sesuai dengan metode penelitian Fokus permasalahan penelitian ini adalah persoalan peranan pemerintah daerah dalam memfasilitasi ketenagakerjan di Kabupaten Melawi untuk meningkatkan investasi publik di Kabupaten Melawi, dimana konsep investasi masih selalu identik dengan peningkatan materi, bukan pada capaian dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia.

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran dan menganalisis belum optimalnya peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi dalam memfasilitasi ketenagakerjaan untuk meningkatkan investasi publik di Kabupaten Melawi dan memperoleh gambaran serta menganalisis strategi yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi dalam memfasilitasi ketenagakerjaan untuk meningkatkan investasi publik di Kabupaten Melawi.Desain penelitian ini deskriptif dengan metode kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. P. R. Benirobin, S.Sos M.Si.  telah berhasil mengungkap bahwa:

  1. Peranan pemerintah daerah dalam memfasilitasi ketenagakerjaan di Kabupaten Melawi terdiri atas fasilitasi pelatihan kerja, fasilitasi penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja dan fasilitasi hubungan industrial. Peranan pemerintah daerah dalam memfasilitasi ketenagakerjaan dalam rangka meningkatkan investasi publik di Kabupaten Melawi belum optimal, disebabkan oleh faktor dana, faktor prasarana dan sarana, faktor informasi dan faktor sumber daya manusia.

2. Penelitian ini merumuskan strategi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi dalam Memfasilitasi Ketenagakerjaan untuk Meningkatkan Investasi Publik melalui analisis SWOT. Adapun terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi adalah: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peranan pemerintah daerah dalam memfasilitasi ketenagakerjaan dalam rangka meningkatkan investasi publik di Kabupaten Melawi belum optimal, disebabkan oleh faktor dana, faktor prasarana dan sarana, faktor informasi dan faktor sumber daya manusia. Adapun strategi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi adalah sebagai berikut: 1) Perlunya kebijakan secara spesifik terkait akomodasi teknologi berkaitan dengan ketenagakerjaan; 2) Melakukan penunjukkan pegawai teknis; 3) Membuat database pegawai; 4) Melakukan pengumpulan data terkait sumber daya; 5) Penggunaan anggaran secara efektif dan efisien 6) Perlunya melakukan pendataan terkait daftar pekerjaan yang memiliki prospek tinggi, sedang, rendah di Kabupaten Melawi; 7) Membuat data pasar kerja; 8) Melakukan optimasi penyelenggaraan pelatihan kerja untuk masyarakat.

Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pemerintahan, sekaligus sebagai salah satu referensi dalam memperkaya khasanah keilmuan, , peneliti menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Melawi menyusun dan mengoptimalkan anggaran/dana terkait sarana dan prasarana serta program/kegiatan dalam penyelenggaraan fasilitasi ketenagakerjaan di Kabupaten Melawi dan Pemerintah daerah perlu melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan fasilitasi ketenagakerjaan baik pada lingkup fasilitasi pelatihan kerja, fasilitasi penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja serta fasilitasi hubungan industrial.

Pesan promotor Prof. Muchlis Hamdi, MPA, PhD. Kepada Dr. P. R. Benirobin, S.Sos M.Si.,  dengan prestasi studi ini, dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, langkah panjang saudara di dunia keilmuan untuk mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar saudara dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semaki berisi akan semakin merunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. (Oberlian Sinaga &JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *