IPDN bersama TNI AL dan Relawan Nasional Lawan Covid-19, Dinkes Sumedang Laksanakan Gebyar Vaksinasi Gratis Capai 5.265 Peserta di Lingkungan Kampus IPDN Jatinangor

Jatinangor, aspirasipublik.com – Sabtu, 21 Agustus 2021 hari ini dan kemarin tanggal 20 s.d 21 Agustus 2021 telah dilaksanakan Bakti Sosial Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat di Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Sukasari, Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Tanjungsari dan sekitarnya, atas kerjasama   Kemendagri-IPDN (Lembaga Pengabdian Masyarakat) dengan TNI AL dan Relawan Nasional Lawan Covid-19, bertempat di Gedung Balairung Rudini IPDN Kampus Jatinangor. Dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh IPDN khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat. pelaksanaan bakti sosial Gebyar vaksinasi tsb dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB setiap harinya serta telah disiapkan vaksin sejumlah 1.500 vial untuk 7.500 orang untuk 2x suntik dosis vaksin.

Hadir dalam pelaksanaan gebyar vaksinasi, dari TNI AL: Pangkolinlamil TNI AL, Asintel Pangkolinlamil TNI AL, Komandan Lanal Bandung, Sekdiskesal, Palaksa Lanal Bandung, Asintel Lanal Bandung, Paspotmar Lanal Bandung, Kasubdis Yankes Diskesal, Kasubdis Kesprev Diskesal, tim relawan dari Relawan Nasional Lawan Covid-19 serta tim dari Dinkes Kab. Sumedang.  Pelaksanaan vaksinasi diatur sesuai protokol kesehatan yang ketat dengan kedatangan masyarakat diatur per jam sesuai sesi.

Tenaga kesehatan pada kegiatan gebyar vaksinasi sejumlah 158 orang terdiri dari: a) Diskesal: 76 orang, b) Relawan Nasional Lawan Covid: 9 orang., c) Lanal Bandung: 10 orang., d) Dinkes Sumedang: 28 orang., e) Tim Nakes IPDN: 35 orang

Manfaat vaksin Covid-19 yang perlu Masyarakat pahami :1. vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona. 2. Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity).  3. Menghentikan penyebaran Covid-19 Pada dasarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, tetapi juga dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri.  4. Membantu melindungi generasi selanjutnya.

Ungkap Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M kepada wartawan Aspirasi publik  “ Pelaksanaan Pemberian vaksin kerjasama   Kemendagri-IPDN (Lembaga Pengabdian Masyarakat) dengan TNI AL dan Relawan Nasional Lawan Covid-19,  bertempat di Gedung Balairung Rudini IPDN Kampus Jatinangor,Dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh IPDN khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat. pelaksanaan bakti sosial pada hari pertama, Jumat tanggal 20 Agustus 2021, telah tercapai sebanyak 2.020 orang, Pemberian vaksin pada hari kedua, Sabtu tanggal 21 Agustus 2021, sejumlah 3.245 orang,Sehingga secara keseluruhan, pelaksanaan bakti sosial gebyar vaksinasi telah berhasil/tercapai sebanyak 5.265 orang. animo masyarakat sangat tinggi. Selanjutnya untuk vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 18 September 2021.” (JSRW/Oberlian Sinaga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *