35 Kelompok Tani Terima Bantuan Alsintan Hamsuardi: “Manfaatkan Sebaik-baiknya”

Pasbar, aspirasipublik.com – Sebanyak 35 kelompok tani di Kabupaten Pasaman Barat menerima Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Daerah setempat. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pasbar Sukarli, Selasa (7/9/2021).

Bantuan Alsintan itu terdiri dari 16 unit Cultivator, 10 unit Cornsheller, 2 unit Rice Transplanter, dan 7 unit Traktor Roda dua, diserahkan kepada kelompok tani di seluruh kecamatan yang ada di pasbar.

Menurut Bupati Hamsuardi, Alsintan sangat dibutuhkan oleh para petani untuk mewujudkan ketahanan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan petani. “Dengan adanya Alsintan ini diharapakan dapat mendorong Petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian,” Harap Bupati Hamsuardi, Selasa di Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pasbar.

Bupati Hamsuardi meminta kepada penerima bantuan Alsintan agar memanfaatkan dan merawat alat-alat pertanian tersebut secara optimal

“Kepada penerima bantuan Alsintan, kami berharap agar ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Melihat potensi pertanian di Pasaman Barat yang semakin meningkat, baik dari segi lahan yang luas maupun pendapatan masyarakatnya. Sehingga hal ini diharapkan juga mempengaruhi perekonomian masyarakat yang semakin baik nantinya,”kata Hamsuardi.

Ia menambahakan, bahwa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah saat ini sedang gencar untuk meningkatkan kesejahteraan petani, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Bantuan ini patut kita hargai dan syukuri, karna ini sangat bermanfaat bagi petani untuk memaksimalkan hasil pertanian di Pasbar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Pasbar Sukarli, menyampaikan, bantuan tersebut akan diberikan kepada kelompok tani di bawah binaan Dinas TPHP di seluruh kecamatan yang ada di Pasaman Barat.

Ia menyebutkan bahwa bantuan Alsintan ini merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian, yang telah diserahkan kepada Pemerintah Daerah Pasbar. Ia mengatakan, bantuan tersebut diperoleh melalui proses yang cukup lama karena bersaing dengan Kabupaten/kota lainnya.

“Bantuan ini diberikan oleh Kementrian pertanian untuk kelompok tani di Pasbar. Memperolehnya butuh perjuangan dan proses yang panjang, karena kita sangat bersaing dengan kabupaten/kota lainnya. Tetapi kita bersyukur Pasaman Barat dapat memperoleh bantuan ini, sehingga bisa membantu kelompok tani yang ada,” ujar Sukarli. (Munawer Jamil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *