Sejumlah Ketua Organisasi Adat Budaya Lintas Etnis di Silahturahmi bersama Kapolres Kubu Raya AKBP. Jerold HY. Kumontoy, S.I.K

Kubu Raya, aspirasipublik.com – Sejumlah Ketua Organisasi Adat Budaya Lintas Etnis di Kabupaten Kubu Raya yang tergabung dalam Perkumpulan Merah Putih (PMP) lakukan kunjungan silahturahmi bersama Kapolres AKBP Jerold HY Kumontoy, S.I.K di Mapolres Kubu Raya jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Kamis sore (23/09/2021).

Kunjungan silahturahmi tersebut disambut langsung Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerold HY Kumontoy, S.I.K didampingi Kasat Intel, Iptu Hasiholand Saragih, SH, sementara hadir Ketua PMP Kubu Raya, Edi Suhairul, Sekretaris, Yohanes Adam, Ketua MABM Kubu Raya, Suharso, SH, Ketua KKK (Minahasa), Yantje Tambariti, Ketua DAD, ILP IKBM, MABT, KKSS, KMB, dan pengurus Organisasi adat budaya lainya.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerold HY Kumontoy, S.I.K menyambut baik kedatangan PMP Kubu Raya dan berharap adanya hubungan baik serta dukungan dari semua oragnisasi adat lintas etnis untuk kemajuan serta keamanan wilayah di Kubu Raya.

“PMP yang tersiri dari semua etnis di Kubu Raya ini adalah kekuatan kami sehinga sinergisitas dalam membangun serta menjadikan daerah ini semakin baik dan semakin menanjak,” ungkap Kapolres.

Selain hal tersebut Kapolres juga berharap PMP Kubu Raya juga bisa memberikan himbauan serta ajakan untuk mensukseskan program Vaksinasi yang saat ini sedang gencar dilakukan dan mengajak semua warga untuk menghindari berladang dengan cara membakar lahan.

“Hal tersebut penting karena perlu dukungan dari semua pihak termasuk dari Tokoh-tokoh lintas Etnis ini, apalagi darerah kita ini sangat rentan terjadinya Karhutla, oleh karena itu kami tidak henti-hentinya selalu menghimbau saya harap demikian juga PMP ini,” ungkap AKBP Jerold HY Kumontoy, S.I.K.

Sementara itu Ketua PMP Kubu Raya menyambut baik ajakan himbauan yang disampaikan Kapolres, Edi juga mengatakan kunjungan silahturahmi PMP Kubu Ray selain ingin mempererat hubungan juga meminta dukungan dari Polres kubu Raya terkai permasalahan-permasalah sosial kemasyarakatan yang biasanya dalami oleh warga Kubu Raya.

“Tidak semua masalah itu harus dilakukan dengan penegakan hukum, pendekatan Emosional kearifan local juga sangat diperlukan, oleh karena itu penanganan masalah yang dilakukan TNI dan Polri dengan cara Humanis sangat diperlukan,” ujar Edi.

Hal senada disampaikan Ketua MABM Kubu Raya, Suharso, SH, Ia mengatakan meskipun dirinya baru mendapatkan manbdat senagai ketua MABM Kabupaten Kubu Raya akan tetapi dirinya yang memang putra kelahiran Kubu Raya memahami tentang karakteristik masyarakat Kubu Raya.

“Keberadaan Polres Kubu Raya ini tentu sangat berdampak positif bagi warga disini, oleh karena itu sinergisitas antara Kepolisan dan Masyarakat sangat diperlukan, dalam semua hal termasuk pencegahan Karhutla itu,” ungakp Suharso.

Suharso berharap dengan silahturahmi dan berkumpulnya organisasi lintas etnis di kubu Raya ini akan semangkin membuat daerah ini maju dan berkembang.

Hal senada disampaikan Yohanes Adam, Ketua DAD Kecamatan Sungai Raya, Ia mengatakan kesadaran hukum masyarakatt harus terus dilakukan dirinya mengatakan semuat Ketua Etnis siap menjadi mitra kepolisian dalam hal tersebut. (ej/hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *