Diduga, Kontraktor SDN Dukuh 05, Cibungbulang, Bogor Melanggar RAB

Bogor, aspirasipublik.com – Pekerjaan Rehab Ruang Kelas SDN Dukuh 05, Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, diduga melanggar RAB yang dibuat oleh Konsultan perncana. Pasalnya, atap Baja ringan yang seharusnya diganti oleh kontraktor yang tertera di RAB malah tidak diganti dan langsung dipasang genteng pada bilah baja ringan.

Pelaksana dari CV. Andini yang berkantor di Jl Melati Blok G 13 Laladon Permai-Bogor, yang tak menyebutkan namanya mengatakan, memang tidak diganti sesuai keadaan yang lama.

“Iya tidak diganti, karena keadaannya yang lama,” kata Pelaksana, Senin (04/10/2021).

Saat ditanyakan tidak sesuai dengan RAB Pelaksana menambahkan, hanya mengganti reng Baja Ringannya saja tidak yang lain.

“Kan itu yang lama (Baja Ringan-red) jadi dipake yang lama yang diganti cuma rengnya aja,” pungkasnya.

Secara riil dan pertimbangan dari pendapat konsul yang diminta oleh pihak media kepihak yang berwenang bahwa, pekerjaan di SDN Dukuh 05 yang dilaksanakan oleh kontraktor itu bisa mengarah ke penggelapan anggaran dan diduga menipu pelaporan.

Ditempat terpisah salah seorang Konsultan Perencana yang biasa membuat gambar dan RAB menjelaskan, kalau dipasang berarti memenuhi kewajiban di RAB.

“kalau liat volume di RAB kemungkinan di lapangan kuda2 yang lama udah baja ringan, tapi ada penggantian kuda2 bajaringan yang baru juga, soalnya volume kuda2 baru + reng baru = volume genteng,” jelasnya.

Dan itu menjadikannya temuan dilapangan, “Tergantung kuda2 bajaringan yang volume nya 101 di pasang ga? kalau di pasang berarti sesuai dengan RAB kalau gak di pasang, berarti ada tambah kurang,” tutupnya. (Seno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *