Sebanyak 288 Siswa Ikuti BIAS yang Dilaksanakan Oleh Pengelola UPRS II Dan Puskesmas Rusun Marunda

Jakarta Utara, aspirasipublik.com – Pengelola UPRS II berkolaborasi bersama Puskesmas Rusun Marunda melaksanakan Kegiatan Skrining dan vaksinasi DT (diphteria tetanus) TD (tetanus diphteria) di Aula Kantor Pengelola UPRS II. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan program Bulan Imuisasi Anak sekolah (BIAS) yang diikuti sebanyak 288 siswa.

Kepala UPT UPRS II Rusun Marunda, Ageng Darmintono mengatakan imunisasi merupakan proses untuk membuat anak menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit.

“Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut,” katanya, Jumat (1/10).

Ageng menambahkan kegiatan BIAS ini diikuti oleh siswa didik SDN Marunda 02 Pagi dan SDN Marunda 05.

“SDN Marunda 02 Pagi diikuti oleh siswa kelas 1 sebanyak 128 orang dan siswa kelas 2 sebanyak 160 orang. Sedangkan untuk SDN Marunda 05 diikuti oleh sebanyak 192 siswa. Total keseluruhan yang mengikuti BIAS sebanyak 288 peserta didik,” ungkapnya.

Sementara Bidan Puskesmas Rusun Marunda, Purwayanti mengatakan kegiatan Imunisasi DT adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). “Sedangkan imunisasi TD merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut,” katanya. (EDUARDUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *