Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Pamulang Memberikan Pelatihan Pembuatan Website Menggunakan Content Management System

Pamulang, aspirasipublik.com – Sejumlah mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan tema Pembuatan Website CMS (Content Management System) pada SMK Muhammadiyah Parung.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan materi yang dipadukan dengan praktek pembuatan website Content Management System agar siswa/siswi lebih memahami materi yang telah didapatkan baik dari sekolah maupun tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)..

Diketahui kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilakukan secara offline dengan tetap menerapkan protocol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak antar peserta.

Kegiatan PKM merupakan sebagai wujud mahasiswa sistem informasi Universitas Pamulang untuk memberikan manfaat ilmu pengetahuan yang didapat di Universitas Pamulang kepada siswa/siswi SMK Muhammadiyah Parung.

Tim PKM ini diketuai oleh Erlangga Hadi Sasmita dan beberapa anggota antara lain yakni Anggie Aulia, Julio Saputra dan Salim Agustiansyah. Serta dibimbing oleh Salman Farizy,S.Kom.,M,Kom dan didampingi oleh Drs,Arfizal Zein,M.Kom, Ghema Nusa Persada,S.Kom.,M.TI dan Emi Sita Eriana,S.Kom.,M.Kom selaku dosen Universitas Pamulang.

Irfan yang mewakili pihak sekolah mengatakan bahwa, pelatihan pembuatan website sangat berguna bagi siswa/siswi untuk melengkapi materi yang telah mereka peroleh dari sekolah.Dan diharapkan agar siswa/siswi yang mengikuti kegiatan tersebut dapat berbagi pengetahuannya kepada siswa/siswi yang lain maupun dewan guru.

Pada kesempatan yang sama, selaku penanggungjawab PKM Unpam, Salman Farizy,S.Kom.,M.Kom menyampaikan bahwa banyak sekali sistem pengelolaan konten yang dapat digunakan secara gratis, sehingga memudahkan para pengguna untuk membuat maupun memodifikasi website.

Dengan adanya kegiatan PKM ini, diharapkan mahasiswa dapat memberikan pengetahuan yang mereka peroleh di Universitas Pamulang kepada masyarakat.

Dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh Salim Agustiansyah disampaikan bahwa banyak kemudahan dalam pembuatan website menggunakan sistem pengelolaan konten, penyampaian materi dilengkapi pelatihan praktek menggunakan salah satu sistem pengeloaan konten wordpress yang bertujuan agar para siswa/siswi SMK Muhammadiyah tidak hanya memahami materi saja, akan tetapi dapat mengaplikasikan cara penggunaan sistem pengelolaan tersebut.

Dalam penyampaian materi, disampaikan pula kesimpulan materi yang disampaikan oleh Drs,Afrizal Zein,M.Kom bahwa banyak sekali manfaat menggunakan sistem pengelolaan konten dan siswa/siswi diberikan motivasi bahwa apabila mereka mau belajar cara pembuatan website, maka siswa/siswi tidak hanya dapat membuat website sekolah saja, akan tetapi mereka dapat pula membuat website desa, website petani maupun website UMKM.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, para peserta sangat antusian dalam mengikuti proses penyampaian materi maupun praktek penggunaan sistem pengelolaan konten. (M.D.Finastika Watimena).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *