Kades Cisarua Bersinergi dengan Puskesmas Curug Bitung, Adakan Suntik Vaksin

Bogor, aspirasipublik.com – Dengan tujuan untuk mempercepat pelaksanaan suntik vaksin untuk warga desa cisarua maupun luar desa cisarua Kades Cisarua H. Ipit Idris bersama seluruh staff desa bersinergi dengan puskesmas curug bitung untuk melaksanakan penyuntikan vaksin, adapun dalam pelaksanaan penyuntikan kali ini, babinsa serda Guntur, Satpol PP Noki juga kasatgas terus mendampingi seluruh warga dari awal sampai selesai nya penyuntikan.

Adapun target yang ditentukan Kades Cisarua H. Ipit Idris mengatakan ga ada target maunya sih sebanyak – banyaknya oleh karena itu pelaksanaan suntik vaksin berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Manfaat Vaksinasi COVID

Pada dasarnya pemberian vaksin memang akan memberikan manfaat baik bagi tubuh, untuk jenis vaksin apapun itu. Vaksin COVID-19 pun juga memberi banyak manfaat dan keuntungan bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa manfaat pemberian vaksin COVID-19 bagi tubuh:

  1. Membentuk Antibodi

Manfaat pertama dari pemberian vaksin adalah membentuk antibodi di dalam tubuh. Ini memang merupakan tujuan utama dari penyuntikan vaksin COVID-19. Perlu diketahui bahwa tubuh akan membentuk antibodi setiap kali ada benda asing masuk terutama virus dan bakteri. Namun, infeksi COVID-19 yang terbilang sebagai virus baru ini tidak dikenali tubuh sehingga tak bisa terbentuk antibodi.

Dibutuhkan vaksin yang akan memicu tubuh untuk membentuk antibodi tersebut. Vaksin mengandung virus yang telah dilemahkan. Dengan begitu virus ini akan masuk ke tubuh namun tidak bisa menginfeksi. Virus ini hanya akan merangsang tubuh agar mengenalinya dan membentuk antibodi yang sesuai untuk membuat perlawanan.

  1. Menurunkan Risiko Penularan

Pemberian vaksin COVID-19 akan sangat membantu menurunkan risiko penularan. Inilah yang menjadi tujuan pemerintah Indonesia maupun negara-negara lain di dunia. Jika risiko penularan bisa diminimalkan maka jumlah orang yang terinfeksi virus Corona ini pun akan menurun dan kelamaan menjadi hilang.

Saat seseorang sudah menerima vaksin dan membentuk antibodi di dalam tubuhnya maka ia akan lebih sulit terinfeksi. Jika ia tidak terinfeksi maka ia tidak akan bisa menularkan virus tersebut ke orang lain. Secara otomatis maka tidak akan ada lagi penularan jika semakin banyak jumlah orang divaksinasi.

  1. Memberi Perlindungan Diri dan Orang Lain

Manfaat vaksinasi COVID tidak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri tetapi juga oleh orang lain. Jika Anda tidak terinfeksi maka Anda juga tidak akan bisa menularkan virus ke orang lain. Penyebaran virus pun bisa terhenti dan hal ini akan membuat Anda sekaligus jutaan orang lainnya terlindungi dari infeksi virus.

  1. Menciptakan Kekebalan Kelompok

Salah satu tujuan pemberian vaksin adalah agar terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. Semakin banyak orang yang divaksin maka akan semakin kecil risiko penularan. Dengan begitu orang-orang yang tidak menerima vaksin pun akan menjadi terlindungi karena tidak terpapar virus.

Kelompok orang yang tidak bisa menerima vaksin, misalnya karena kondisi penyakit tertentu juga akan tetap terlindungi. Oleh sebab itu, program vaksinasi ini harus disukseskan agar herd immunity di masyarakat terbentuk. Semakin cepat vaksinasi berjalan maka akan semakin kebal juga masyarakat dan kehidupan bisa kembali normal. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *