Rapat Kerja Pengurus Pewarna Cabang Kota Bekasi: “Membangun Integritas Pemimpin Yang Cakap dan Takut Akan Allah”

Bekasi, aspirasipublik.com – Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia atau PEWARNA Indonesia pengurus Cabang Kota Bekasi mengadakan Rapat Kerja yang diadakan pada hari Senin (11/01/2021), bertempat di Cevest BBPLK Bekasi jalan Guntur Raya No. 1, Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kot Bekasi, Jawa Barat. Acara dimulai dari pukul 10.00- selesai.

Rakercab PEWARNA Indonesia Kota Bekasi mengambil tema “Membangun Integritas Pemimpin Yang Cakap dan Takut Akan Allah” dan sub tema “Peran Jurnalistik Nasrani Melalui Medianya Menjadi Akselerator Kemajuan Kota.”

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Acara Raker Pdt. Pantas Butarbutar, M. Th. “Saya berterima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang mendukung acara Rakecab Pewarna Indonesia Kota Bekasi. Semoga hari ini kita terus bersatu dan bersinergi satu dengan lainnya,” ujarnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ibadah singkat dan Firman Tuhan oleh Pdt. Andy Markus.

Pendeta Andy Markus menyampaikan Firman Tuhan, diambil dari kitab Kisah Para Rasul 2:42, 46-47.”Informasi sangat diperlukan. Perlu berhati-hati dalam menyajikan berita, harus sesuai dengan kebenaran, “ujarnya dalam menyampaikan Firman Tuhan.

Pdt. Andi Markus juga mengajak para anggota PEWARNA cabang Kota Bekasi terus bertekun dan menyebarkan pengajaran yang baik. Harus menghilangkan egosentris dan harus bersatu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.”Pewarta Kristen harus mendapat pengakuan menjadi Wartawan yang berintegritas dan berkualitas serta takut akan Allah, ” pungkasnya.

Setelah Firman Tuhan, pembukaan Rakercab dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel dengan tema “Membangun Integritas Pemimpin Yang Cakap dan Takut Akan Allah.” turut mengundang dalam acara Diskusi Panel tersebut, dari Ketua PGLII Bekasi Kota Pdt. Aris Budianto, S. Th., MA., perwakilan FKUB Bekasi Kota Pdt. Dr. Ir Pati S Ginting, M.Th., Penasehat Pewarna Bekasi Kota Pdt. Dr. Andy Markus, M.Th., Ketua DPC PEWARNA Kota Bekasi Pdt. Suhartono, S. Th, M.A., M. Th., Sekjen DPD Pewarna Jawa Barat Djajang Buntoro, M. Th., dengan moderator Pdt. Pantas Butarbutar, M. Th.

Wakil Walikota Bekasi DR. H. Tri Adhianto Tjahjono mengatakan Jurnalis Nasrani harus profesional, mengikuti kode etik jurnalistik, humanis dan mengedepankan moral dalam menyampaikan pemberitaan. “Informasi yang terpercaya dan akuntabel mendorong kemajuan yang positip dalam proses pembangunan”, Jelas Tri. Lebih lanjut Tri paparkan bahwa program-program pemerintah dapat tersampaikan ke masyarakat melalui pemberitaan. Dengan begitu dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk mendukung pembangunan.

Memang tak dipungkiri oleh wakil walikota Bekasi bahwa masih ada aparatur pemerintahan yang terkesan menghindar dari wartawan. Padahal bila menguasai apa yang dikerjakan, semestinya aparatur pemerintahan bisa menjawab bila ada permintaan konfirmasi dari wartawan.

“Dengan adanya konfirmasi maka informasi dimasyarakat tidak simpang siur, dan memberi kesempatan bagi aparatur pemerintahan untuk menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan dari wartawan.

Tri Adhianto juga berpesan agar pemberitaan media bisa mendorong terciptanya kerukunan dimasyarakat. “Menjaga kemajemukan dan memegang teguh empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya (JN/DV).

Acara dilanjutkan dengan Rapat Kerja Pewarna Indonesia PC Kota Bekasi. Susunan acara adalah:

  1. Pembukaan Rapat Kerja Cabang oleh PD Jawa Barat.
  2. Rapat Kerja Cabang.
  3. Pembacaan Tata Tertib dan Pembagian Komisi.

Acara diakhiri dengan Doa Penutup dan Makan siang bersama disertai ramah tamah. (Patrick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *