Serikat media siber Indonesia (SMSI) Taput harapkan TPL lebih peduli lingkungan

Taput, aspirasipublik.com – Ketua Serikat Media Siber Indonesia Tapanuli Utara, Jan Piter Simorangkir berharap agar manajemen PT Toba Pulp Lestari lebih peduli lingkungan demi menjaga kelestarian alam.

“Soal pohon eukaliptus yang rakus akan air, saya kira sudah menjadi rahasia umum. Sehingga, alangkah eloknya jika upaya-upaya menjaga keberadaan alur air, dan sisi kelestarian alam lainnya lebih ditekankan,” ujar Jan Piter, Sabtu (16/10).

Dikatakan, upaya menjaga kelestarian alam juga bisa diterapkan dengan penanaman pohon berbuah di wilayah konsesi yang ditanami eukaliptus serta penyediaan sebagian lahan untuk tanaman endemik Tapanuli, “haminjon”.

“Ketika pohon berbuah ditanami di sekitar lahan konsesi, setidaknya hal itu akan membantu merawat ketersediaan air bawah tanah. Tapi harapan kita, bagian sempadan alur air harus menjadi prioritas. Jangan malah sampai penanaman eukaliptus juga ikut ke badan aliran air,” terangnya.

Upaya-upaya tersebut setidaknya akan menggerus stigmatisasi yang terlanjur dilekatkan sebagian masyarakat pada perusahaan penghasil bubur kertas itu.

Jan Piter, yang pada 10 November 2021 mendatang akan secara resmi memimpin SMSI Taput juga mengungkapkan, langkah-langkah yang lebih intens dalam memperhatikan, menjaga, dan merawat lingkungan harus segera dimasifkan TPL.

“Penanaman pohon berbuah sangat penting untuk menjaga dampak lingkungan, juga manfaatnya dapat dinikmati masyarakat, dan meningkatkan perekonomian warga,” jelasnya. (Douglas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *