Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si. Bupati Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Meraih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Ke 151 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Pada hari ini Senin 1 Nopember 2021 bertempat di Kampus IPDN Cilandak Jakarta selatan Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si. Bupati Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Ke 151 dengan predikat Sangat Memuaskan. Ujian Promosi yang dilakukan selama 3 jam dari jam 10.00 sampai jam 13.00, Dipimpin langsung oleh Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM. Dengan tetap melakukan protokol kesehatan, Penguji hadir langsung dan melalui daring, akan tetapi pada hari ini promotor dan penguji semua hadir langsung.

Tim Promotor yang terdiri atas: Prof. Dr. Drs. H. Khasan Effendy, M.Pd., Dr. Sampara Lukman, MA.,Dr. Marja Sinurat, M.Pd. MM. Penguji/Oponen Ahli yang terdiri atas: Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektot IPDN memimpin jalannya sidang)., Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si., Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH., M.Si., Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Wakil Direktur Pasca Sarjana)., Dr. Mansyur Achmad, M.Si. (Kaprodi Pasca sarjana)., Dr. Dadang Suwanda, MM., Mak., Ak., CA., Dr. Faria Ruhana, MP., Dr. Ir. Dedeh Maryani, MM.,

Riwayat singkat Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si. dilahirkan di Murungpudak Kabupaten Tabalong 26 Juni 1960 anak ketiga dari almarhum H. Mardani dan almarhumah Hj. Siti Aisyah, dari perkawinannya dengan Hj. Syaripah Syifa  dikaruniai 3 orang putri Farina Prawitasari, SE., MM., Halida Noviasari, SH., M.Kn.,Widya Kumalasari, SE .

Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si.  memulai pendidikan formal Sekolah Dasar di SDN Sulingan lulus tahun 1972, SMPN I Tanjung lulus tahun 1977 dan SMAN I Tanjung lulus tahun 1979. Kemudian melanjutkan pendidikan pada strata I  Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin lulus tahun 1984 serta Program Magister pada Universitas Merdeka Malang lulus tahun 2002.

Karir Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si.  dalam pemerintahan dimulai sejak tahun 1986 sampai sekarang dan pernah bertugas pada tiga Kabupaten di Kalimantan Selatan, yakni  Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tabalong. Dalam kedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil Promovendus pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas, Kepala Bagian Perekonomian, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Barito Kuala, Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Kepala Dinas Kebersihan dan Tatakota Kabupaten Tabalong, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tata Kota dan Perdesaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sejak tahun 2014 Promovendus mengemban tugas sebagai Bupati Tabalong sampai tahun 2019, dan sejak tahun 2019 kembali mengemban tugas sebagai Bupati Tabalong untuk periode kedua sampai tahun 2024.

Disertasi  Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si. yang berjudul  “Analisis Implementasi Kebijakan Gerbang Emas Bersinar dalam Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tabalong Propinsi Kalimantan Selatan” secara konseptual dianalisis menggunakan teori  implementasi kebijakan Grindle (1980) untuk  mengidentifikasi model yang tepat dalam implementasi kebijakan untuk meningkatkan IPM di Kabupaten Tabalong. Model tersebut selanjutnya akan dijadikan sebagai pedoman untuk peningkatan IPM di Kabupaten Tabalong dan daerah-daerah yang mempunyai karakteristik sumber daya alam berlimpah namun IPM nya rendah.  menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Sedangkan pengolahan dan analisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi, untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si.  telah berhasil mengungkap hal – hal sebagai berikut:

  1. Implementasi kebijakan Gerbang Emas Bersinar telah berhasil meningkatkan IPM Kabupaten Tabalong hasil dari pelaksanaan program dan kegiatan yang dikelompokkan dalam 6 bidang pembangunan yakni, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan, infrastruktur dasar dan kesejahteraan. Menurut teori  Grindle Implementasi kebijakan Gerbang Emas Bersinar memiliki pola karakteristik top down karena inisiasinya berasal dari Kepala Daerah yang didukung oleh DPRD.

    Implementasi kebijakan Gerbang Emas Bersinar sangat didukung oleh upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan keterpaduan perencanaan yang kemudian dijadikan sebagai landasan oleh OPD dalam menjalankan program dan kegiatannya. Selain itu peran serta sektor privat dan masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkan keberhasilan ini. Peran serta sektor privat dan masyarakat sekaligus sebagai simbol berjalannya prinsif bottom up dalam implementasi kebijakan ini.

    Melalui proses yang saling melengkapi antara prinsif top down dan bottom up maka pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil meningkatkan IPM dari peringkat 10 menjadi peringkat 3 sebuah lompatan yang jarang terjadi.

  1. Faktor pendukung dan Faktor Penghambat dari Implementasi Kebijakan Gerbang Emas Bersinar adalah political will dari Kepala Daerah dan DPRD serta kesamaan visi, misi serta hubungan kemitraan yang harmonis. Kondisi tersebut ditanggapi  secara positif oleh OPD dengan mewujudkan kesamaan program dan  program yang terpadu. Faktor pendukung lainnya adalah peran serta masyarakat dan sektor privat. Sedangkan faktor penghambatnya belum  optimalnya pemahaman perangkat pemerintahan terhadap konsepsi dasar dan tujuan kebijakan serta masih rendahnya pemahaman masyarakat  serta belum optimalnya peran serta masyarakat dalam tataran pelaksanaan kebijakan khususnya diawal pelaksanaan kebijakan ini.
  2. Model implementasi kebijakan yang memadukan antara top down dan bottom up melalui keterpaduan perencanaan, hubungan kolaborasi dan hubungan sinergis dengan melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat merupakan kondisi yang ideal untuk mewujudkan keberhasilan sebuah kebijakan.

Hasil penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi pengembangan ilmu pemerintahan, sekaligus sebagai salah satu referensi dalam memperkaya khasanah kelimuan dan sekaligus sebagai rujukan studi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Pesan promotor, Saudara Doktor H. Anang Syakhfiani, dengan prestasi studi ini serta dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti pendidikan pada Program Studi Ilmu Pemerintahan, mulai saat ini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat, saudara akan melalui langkah panjang di dunia keilmuan untuk mendharma baktikan ilmu pemerintahan untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.  Kami berharap sekaligus berpesan kepada saudara agar dapat membuktikan  segenap kemampuan profesional saudara diberbagai bidang  dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan, namun sebaliknya gunakanlah prinsif padi, semakin berisi semakin merunduk. Jadilah insan profesional yang selalu bertaqwa dan selalu bermanfaat bagi orang lain.

Ucapan sambutan pertama Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M. Si.  Bershukur kehadapan Allah SWT dimana usia saya yang sudah memasuki 61 tahun ini dapat meraih gelar Doktor di IPDN dan disini hadir kedua putri saya,sahabat saya  Dr. Dori Santosa, SE., MM., CSFA; Auditor Utama Keuangan Negara RI  , serta rekan rekan saya dan seluruh SKPD kabupaten Tabalong .” saya bangga bias menyelesaikan Doktor di IPDN ini ,saya siap akan menjaga Almamater saya “ Ungkapnya.

Ucapan selamat juga dari pimpinan redaksi Aspirasi publik yang juga menjadi mahasiswa Doktoral IPDN angkatan 8 Oberlian Sinaga dan Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena Wartawan Aspirasi Publik Alumni Doktor IPDN. (JSRW & Oberlian Sinaga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *