Gereja GEPKIN Laksanakan Mubes Nasional

Taput, aspirasipublik.com – Gereja Pantekosta Kudus Indonesia (GEPKIN), salah satu sinode gereja, yang saat ini tumbuh berkembang di Nusantara, akan melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes), di Hotel Hineni di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut  tanggal 8-10 Nopember 2021.

Agenda utama lima tahunan ini, akan  memilih Ketua Sinode Gepkin periode Tahun  2021-2026.

Selain itu, mubes akan mengamandemen Anggaran Dasar (AD) serta merumuskan program kerja 5 tahun ke depan, setelah terlebih dahulu menentukan pimpinan sidang serta laporan pertanggungjawaban Ketua Sinode dan pandangan umum gereja-gereja Gepkin.

Kemudian, akan dirangkaikan dengan penahbisan 15 orang pendeta baru untuk melayani di gereja GEPKIN di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dijdwalkan, Mubes akan dihadiri 120 pendeta dari Gereja GEPKIN seluruh Indonesia dan akan dibuka secara resmi Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, yang didelegasikan kepada Dr. Arnold Napitupulu, Kepala Bidang Bimas Kristen Kantor Kemenag Sumut.

Penjelasan itu disampaikan Ketua Sinode GEPKIN Pdt. Donald Pieter Sinaga, MA, M.Ag pada keterangan persnya, Jumat (3/11),  di Tarutung. Ia mengemukakan, tema besar mubes  adalah ” Mempersiapkan Umat Yang Layak Bagi Tuhan”,  yang tertulis di nats  Lukas 1 ayat 17.

“Harapan terbesar, munculnya pemimpin baru yang akan menahkodai Gereja  Gepkin 5 tahun mendatang dan sesuai tema besar itu, GEPKIN akan mempersiapkan yang layak bagi Tuhan dan gereja yang berkontribusi aktif dalam pembangunan manusia dan bangsa,” tandasnya.

Pendeta muda ini juga menguraikan, filosofi praktis tema besar antara lain; terus serius mempersiapkan pendeta yang pengetahuanya secara berkesinambungan dan diperlengkapi, pendeta yang kehidupan rohaninya diurapi dan kehidupan keseharian pendeta yang karakternya teruji dan terpuji.

Pdt. Donald Pieter juga menginformasikan, prokes ditengah pandemi pada pelaksanaan Mubes akan diterapkan dan seluruh peserta terlebih dahulu akan melakukan swab antigen.

“Bapak Bupati Taput (Nikson Nababan) sangat mendukung. Sebab, ada kebanggan tersendiri bagi beliau, kalau selama  ini acara secara nasional di Taput masih di dominasi HKBP , untuk pertama sekali salah satu sinode gerrja juga mengadakan gelaran nasional di Tarutung. Bahkan beliau berencana menjamu seluruh pendeta Gepkin,”jelasnya.

Dijadwalkan, mubes juga akan menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Dr.Badikenita Sitepu MSI, Anggota DPD-RI dari Sumatera Utara.

Bagaimana jika peserta mubes masih menginginkan anda memimpin kembali Gereja GEPKIN? “Kalau sampai diminta, saya bersedia. Kemajuan sinode tanggungjawab semua orang dan tidak ada yang boleh menghindar dari tanggungjawab tersebut,” pungkasnya.

Dilaporkan, penanggung jawab Mubes  adalah Ketua Sinode Gepkin  Pdt. Donal Pieter Sinaga, MA, M.Ag dan Sekjen

Pdt. Timotius Situmorang M.Th. Ketua Panitia Pdt.Gideon Sinaga M.Th dan sekretaris Pdt.Drs. Jonny Hutagalung. (Douglas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *