NTB Terbaik Satu Cabang Hifzil Qur’an Ustads Abdul Majid, S. Pdi., dan Juara Harapan II Cabang Khot Digital Putri melalui Khottota Savitri, ST., M.Eng Pada MTQ KORPRI Nasional V di Kendari

Kendari, aspirasipublik.com – Provinai NTB kembali menoreh prestasi di tingkat nasional. Pada MTQ KORPRI Nasional V yang dilaksanakan tanggal 12 – 19 November di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, Kafilah Nusa Tenggara Barat berhasil memboyong dua piala dari 11 cabang yang diperlombakan. Dengan jumlah lima peserta dan toga official, Cabang lomba yang dikuti oleh Kafilah NTB yaitu:1. Hifdzil Qurán Golongan Surah Albaqarah (Ust. Muhammad Iqbal, SKM., M.Si Asal KSB)., 2. Hifdzil Qurán Golongan Surah Ali Imran dan An NIsa (Ust. Abdul Majid, S.Pdi Asal KSB)., 3.Tilawah (ust. H. Jufriadi, S.Ag., M.Ag asal Pemrpov NTB).,4. Tartil (Ust. Syahrullah, S.Pd asal KSB).,5.Khot Digital (Ustza. Savitri, ST., M.Eng Asal Pemprop NTB).

NTB tampil sebagai Juara Terbaik I Cabang Hifdzil Qurán Putra Golongan Surat Ali Imron dan Surat An Nisa melalui al HAfidz Ustads Abdul Majid, S. Pdi ., Ustaz Abdul Majid,S.Pd (lahir 31 Desember 1992) merupakan seorang Guru Tahfidz Masjid Agung Darussalam dan Salah satu Imam Masjid Agung termuda, diangkat menjadi Imam sa’at usia 18 Tahun, dan juga Guru PNS Mata Pelajaran PAI di SDN LAMPOK Kecamatan Brang Ene KSB, riwayat pendidikan, Pon-Pes Al-Fatah Temboro Jawa Timur, Institut Agama Islam Hamzan Wadi Pancor, dan Juara Harapan II Cabang Khot Digital Putri melalui Khottota  Savitri, ST., M.Eng . Savitri, ST., M. Eng (lahir 3 desember 1981), kepala subbidang data dan informasi Bidang Pengadaan, Pengangkatan dan informasi Badan Kepegawaian Provinsi Nusa Tenggara Barat.riwayat pendidikan ,1. SDN  1 Praya Kab. Lombok Tengah, MTs Nurul Hakim Kediri Lombok Barat., SMU Darul Ulum 1 Jombang, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dengan singkatnya persiapan serta jumlah cabang lomba yang diikuti, capaian  ini tentu sangat membanggakan. Mengingat persaingan antar peserta dari Seluruh Pemerintah Provinsi, Kementerian/lembaga dan BUMN Se Indonesia yang rata – rata mengikuti semua cabang lomba, ditambah lagi dengan beberapa gangguan teknis dan kesehatan peserta kafilah NTB sebelum dan saat kegiatan berlangsung. Namun demikian tidak menyurutkan semangat untuk memberikan hasil terbaik buat Kafilah NTB. Pencapaian ini didedikasikan buat NTB Gemilang yang sebentar lagi akan berulang tahun ke 63, dan kado ulang tahun Sumbawa Barat ke 18 tanggal 20 November 2021 lalu.

Panitia penyelenggara menyebut bahwa jumlah peserta 71 Kafilah tersebut karena aparatur sipil negara (ASN) tersebar di banyak tempat untuk bekerja. Karenanya gelaran MTQ Korpri Nasional ke-5 berhasil menarik kepesertaan dari 24 provinsi dan 37 kementerian/lembaga negara. Jumlah Cabang Lomba TerbanyakMTQ Korpri Nasional ke-5 juga menyajikan kategori lomba terbanyak. Ada 9 kategori yang dilombakan yakni: Tilawah; Khutbah Jum’at; Hafiz Alquran Golongan Juz 30 dan Surat Al-Baqarah; Hafiz Al-Quran golongan Ali Imron, Annisa dan 7 Surat Pilihan; Dakwah Al-Qur’an; Penulisan artikel Al-Quran; Khat Al-Qur’an golongan dekorasi dan temporer serta Khat golongan digital; Tartil Al-Quran; Azan dan Doa. Pertama Melombakan Khat Digital

Sepanjang sejarah MTQ, melombakan Khat Digital atau Kaligrafi Digital adalah yang pertama kali terjadi. Dewan Pengawas dan Dewan Hakim Kelas Internasional, Ketum Korpri menyebut, merupakan suatu kebanggan karena MTQ Korpri kali ini didukung oleh sejumlah Dewan Pengawas dan Dewan Hakim bertaraf internasional seperti Prof Nasaruddin Umar sebagai Ketua Dewas, Prof Darwis Hude sebagai Ketua Dewan Hakim, Prof Said Agil Al Munawar anggota Dewan Pengawas, Ibu Maria Ulfah sebagai Dewan Hakim. Dibuka di MTQ Square yang Bersejarah,MTQ Square yang menjadi tempat dibuka dan ditutupnya MTQ Korpri Nasional V disebut-sebut sebagai tempat bersejarah. Warga menuturkan, di titik lokasi tersebut lah MTQ pertama kali digelar di tanah air sejak sebelum Indonesia merdeka. Dari titik acara MTQ Korpri Nasional ke-5 ini juga lah, masyarakat bisa melihat dengan khidmat Tugu Persatuan yang bersejarah. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *