Demi Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Humbahas Genjot Pembangunan Fisik

Humbahas, aspirasipublik.com – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terus bergerak untuk memeratakan pertumbuhan ekonomi hingga ke pelosok wilayahnya.

Kali ini, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor kembali berhasil menggiring anggaran dari Kementerian PUPR sebanyak Rp 34 miliar tahun anggaran 2022 ke wilayah ini.

Antara lain, Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dan Integrated Participatory Development and Manajemen of Irigation Program (IPDMIP) DAK APBN.

Kepala Dinas PUPR Humbahas Mangoloi Tua Purba didampingi Pelaksana Kabid Binamarga Benni Marbun dan Pelaksana Kabid SDA Misael Simamora kepada sejumlah wartawan, Kamis (23/12) di ruang kerjanya membenarkan anggaran tersebut.

Dia menjelaskan, hal itu merupakan berkat upaya Bupati Dosmar Banjarnahor ke Kementerian PUPR demi pertumbuhan ekonomi.

Dengan dimanfaatkan untuk peningkatan sejumlah ruas jalan dan irigasi di daerah itu.

Dia menguraikan, PHJD tadi akan membangun peningkatan ruas jalan tematik food estate dan sentra porduksi pangan yakni, Matiti Kecamatan Dolok Sanggul – Marade Kecamatan Pollung. Peningkatan ruas jalan Sibuntuoan-Panoguan Solu-Batas Taput. Pangungkitan – Pusuk I Kecamatan Parlilitan.

Selanjutnya, peningkatan jalan Parbotihan – Pulo Godang – Temba. Peningkatan jalan Pusuk I – Parlilitan dan peningkatan jalan Pargaulan-Lobutua-Batas Taput.

Benni mengatakan, bahwa DAK dan PHJD dari Kemetrian PUPR untuk peningkatan/pembangunan sarana infrastruktur jalan sebesar Rp 30 miliar lebih.

Sementara DAU, pihaknya mengalokasikan Rp 30 miliar untuk Binamarga. Sehingga total untuk pembangunan sarana infrastruktur jalan sebesar 60 Miliar.

“Pembangunan jalan dari dana DAU ini akan memprioritaskan pembangunan jalan di Pakkat, Parlilitan dan Tarabintang (Papatar),” ujarnya.

Sementara itu, Misael pelaksana Kabid SDA memaparkan bahwa, melalui IPDMIP TA 2022 pihaknya juga akan melakukan peningkatan saluran irigasi di 11 titik di daerah itu. Masing-masing titik dialokasikan anggaran 200 juta sehingga jumlah total anggaran pembangunan dan peningkatan saluran irigasi sebesar Rp 2,2 miliar.

Mangoloi Tua menambahkan, dengan adanya DAK, PHJD, IPDMIP serta DAU dari pemerintah pusat, sudah membantu pembangunan sarana infrastruktur jalan di Humbahas. “Kalau setiap tahun anggaran tersebut diturunkan dari pemerintah pusat, permasalahan infrastruktur jalan di Humbahas akan dapat teratasi.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada bupati atas usulan-usulan yang dilakukan ke pemerintah pusat. “Mudahan-mudahan, tahun berikutnya DAK-nya lebih besar lagi sehingga pembangunan sarana infrastruktur dapat merata di Kab Humbahas,” pungkasnya. (Jules R. L. Gaol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *