May 19, 2022

Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke XLII Tahun 2022, dengan Peserta (1.143 orang) Terdiri dari Praja IPDN, TNI (Akmil, AAU, AAL), POLRI (AKPOL) di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan Tema “Menuju NTB Gemilang”

4 min read

Lombok, aspirasipublik.com – Sabtu, 14 Mei 2022 pukul 10.00 WITA bertempat di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur Provinsi NTB telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke XLII Tahun 2022 di Provinsi NTB.  Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Latsitarda adalah Panglima TNI Bapak Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, M.Phil, Ph.D.  Latsitardanus ke XLII Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 14 Mei s.d 11 Juni 2022. Adapun kegiatan Latsitarda XLII Tahun 2022  di Provinsi NTB diikuti oleh 246 Taruna Akpol, 288 Taruna Akmil, 106 Taruna AAL, 111 Taruna AAU, 112 Praja IPDN dan 95 Mahasiswa dari 11 Universitas di Provinsi NTB dengan total peserta yang terlibat 1.143 orang yang terbagi menjadi 4 Satlat yaitu : Satlat Macan bertempat di Lombok Utara dengan jumlah peserta 272 orang ., Satlat Hiu bertempat di Lombok Timur dengan jumlah peserta 271 orang., Satlat Elang bertempat di Lombok Tengah dengan jumlah peserta 263 orang., Satlat Kijang bertempat di Lombok Barat dengan jumlah peserta 281 orang., Komando Latihan bertempat di Kota Mataram dengan jumlah peserta 56 orang.

Tema Latsitarda Nusantara XLII Tahun 2022 adalah “Menuju NTB Gemilang”; dengan Lingkup materi kegiatan meliputi 2 kelompok yaitu Sasaran Fisik dan Sasaran Non Fisik. Sasaran Fisik merupakan Karya Bhakti meliputi perbaikan rumah ibadah, perbaikan poskamling/posyandu, RTLH, pembersihan saluran air/drainase,dll  dan  Sasaran Non Fisik meliputi Riset Sosial, Bakti Sosial Kesehatan, Penyuluhan Kesehatan, Penanaman Nilai Juang dan Pengenalan Akademi TNI, Akpol dan IPDN;

Hadir langsung acara ini  Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, M.Phil Ph.D Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Latsitarda beserta Ibu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkiflimansyah, S.E, M.Sc beserta Ibu, Wakil Gubernur NTB beserta Forkopimda Provinsi NTB, KSAL Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM beserta Ibu, KSAU Kasau,  Marsekal TNI Yuyu Sutisna beserta Ibu, Wakasad Wakasad, Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto beserta Ibu, Wakapolri Wakapolri, Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono beserta Ibu, Kalemdiklat Polri Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si beserta Ibu, Irwasum Polri, Kabaharkam Polri, Pangdam Udayana beserta Ibu, Danjen Akademi TNI Danjen Akademi TNI, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari beserta Ibu, Gubernur Akpol beserta Ibu, Gubernur Akmil beserta Ibu, Gubernur AAL beserta Ibu, Gubernur AAU beserta Ibu, Rektor dari 11 Universitas di Provinsi NTB, Forkopimda Kab. Lombok Barat, Forkopimda Kab. Lombok Timur, Forkopimda Kab. Lombok Tengah dan Forkopimda Kab. Lombok Utara. Dari IPDN Kemendagri hadir Rektor Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, MM, Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Karo II, Karo III, Karo IV, Kasat Manggala Praja, Kasat Bina Pelatihan, Direktur IPDN Kampus NTB, Para Wadir IPDN Kampus NTB serta Kanit Lab dan Bahasa.

Sebelum Panglima memberikan Amanat Panglima memperkenalkan baik jajaran Forkopimda Provinsi, Forkopimda Kab/Kota, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akpol, Gubernur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU, Rektor IPDN beserta 11 Rektor lainnya dengan maksud menanyakan latar belakang pendidikan para Forkopimda. Yang mana ada Bupati berasal dari mantan TNI AD, ada dari universitas umum, ada dari lulusan IPDN yang bersinergi bersama forkopimda, untuk memajukan daerah. Dan itulah menjadi contoh peserta untuk menggapai cita-cita ke depan, dapat membangun sinergi kerjasama yang baik dalam mewujudkan pembangunan dalam persatuan dan kesatuan yang semakin kokoh. Untuk itu pentingnya Latsitarda mengutamakan komunikasi, keakraban, persatuan dan kesatuan para peserta supaya saling mengenal, maka ke depan saat mengabdi dan berkesempatan menjadi pemimpin sudah saling mengenal dan tidak menjadi canggung lagi;dilanjutkan  Amanat Panglima TNI kepada Taruna dan Praja IPDN serta mahasiswa peserta Latsitarda yaitu untuk menggunakan waktu bersama 1 bulan kedepan, utamakan untuk integrasi antar sekolah kedinasan dan mahasiswa guna menjalin hubungan silaturahmi serta komunikasi. Selalu tetap menjalin hubungan walaupun kegiatan integrasi selesai dan diharapkan setiap peserta dapat saling mengenal dan bertukar nomor handphone, agar kedepan akan ada suatu kerjasama yang lebih baik dalam membangun negeri ini.

Wawancara wartawan Aspirasi publik dengan Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, MM. “ungkapnya kegiatan Latsitardanus tahun ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi para praja dan taruna tingkat akhir dalam mengimplementasikan materi yang telah dipelajari di masing-masing lembaga pendidikannya,Saya juga berharap praja yang akan mengikuti Latsitardanus ini tetap menjaga protokol kesehatan, meskipun kami semua di IPDN sudah mendapatkan vaksinasi booster covid-19, tapi prokes tetap harus diterapkan, Tak lupa saya juga menekankan kepada seluruh praja untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan latihan ini dan tetap jaga nama baik lembaga, ikuti aturan-aturan yang ditetapkan, juga adat istiadat dan kerifan lokal ”, berharap latsitarda ini dapat menjadi kegiatan integrasi awal antara praja, taruna serta mahasiswa sebagai latihan bersama dan kedepannya 10 atau 20 tahun kedepan bisa tercipta kebersamaan di dunia kerja.

Begitu juga ungkap gubernur NTB Dr. H. Zulkiflimansyah, S.E, M.Sc “Kami dari NTB merasa sangat tersanjung telah dipilih sebagai daerah yang menjadi tuan rumah dari adik  adik kami Praja IPDN, TNI  ( Akmil, AAU, AAL), POLRI ( AKPOL) beserta peserta latihan lainnya semoga tidak akan dilupakan selama mereka berkarir dan menempuh kehidupan selanjutnya,” dan kami ucapak terima kasih dalam  Karya Bhakti yang akan dilakukan untuk masyarakat NTB meliputi perbaikan rumah ibadah, perbaikan poskamling/posyandu, RTLH, pembersihan saluran air/drainase,dll  dan  Sasaran Non Fisik meliputi Riset Sosial, Bakti Sosial Kesehatan, Penyuluhan Kesehatan, Penanaman Nilai Juang dan Pengenalan Akademi TNI, Akpol dan IPDN kepada masyarakat NTB.

Selesai upacara dilanjutkan dengan kirab Latsitardanus ke XLII yang berlangsung mulai dari Kantor Gubernur NTB hingga berakhir di Kawasan Taman Mayura cakranegara diikuti oleh Praja IPDN, TNI (Akmil, AAU, AAL), POLRI (AKPOL) beserta peserta latihan lainnya. (RR Watimena @MDF Watimena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.