December 9, 2022

Generasi Muda Tentukan Arah Pembangunan Nasional, Aktor Perubahan Sumber Daya Manusia

1 min read

Jakarta, aspirasipublik.com – Sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan, peran dan kontribusi pemuda tercatat dengan tinta emas. Para pemuda dari berbagai penjuru nusantara berikrar bersama dalam sumpah pemuda.

Peran penting para pemuda dalam mengubah arah sejarah bangsa Indonesia sudah dimulai sejak masa kolonial, proklamasi, revolusi, orde baru, hingga reformasi.

Pegiat Literasi Politik dan Demokrasi, Rosalinda mengatakan bahwa keterlibatan generasi muda (gen Y dan Z) semestinya tidak sekedar untuk meraih dukungan kaumnya, tetapi mesti lebih menyentuh hal substansial yang menjawab kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh segenap generasi muda.

Konstruksi narasi yang dibangun harus selaras dengan semangat dan pengaruh generasi muda yang membutuhkan aksesbilitas pekerjaan, pendidikan, fasilitas publik yang memadai dan akses ekonomi yang berkeadilan.

“Diharapkan, anak muda mesti proaktif mengambil peran strategis dan penting untuk membangun bangsa dan negara. Salah satu instrumen yang konstitusional adalah politik. Sebab, bukan menjadi sebuah rahasia bahwa aktor politik dan partai feodal yang berusaha melanggengkan kekuasaan tanpa mengedepankan gagasan yang visioner menjadi momok yang mencengkram dan membelenggu laju kemajuan dan kesejahteraan” ujarnya di Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Generasi muda tidak boleh puas diri dengan prestasi dan pencapaian yang sudah diraih. Namun, harus terus menumbuhkan semangat manusia pembelajar, berbudi luhur, berakhlak mulia dan nasional religius.

Karena, bangsa ini tidak hanya membutuhkan generasi muda yang bergelar melainkan sosok pemuda yang memiliki semangat kemanusiaan yang berbudaya dan rela berkorban untuk masyarakat, bangsa dan negara. (El)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.