January 30, 2023

Dr. Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec.Dev., Analis Kebijakan Ahli Muda di BSKDN Kemendagri Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 184 dengan Predikat Sangat Memuaskan

4 min read

Jakarta, aspirasipublik.com – Sidang ujian terbuka Dr. Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec.Dev., pada siang hari ini tanggal jumat 9 Desember 2022 pukul 13.30 sampai pukul 16.00 merupakan kelanjutan dari proses studi dan bimbingan yang telah dilaluinya selama mengikuti Program Pendidikan Doktor. Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada Tim Promotor dan penguji, dengan judul disertasi “Implementasi Kebijakan Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah dan Daya Saing Daerah di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten”  Sidang terbuka  ini dipimpin oleh Bapak Dr. Ismail Nurdin, M.Si. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan didampingi Kap Prodi pasca sarjana Bapak Dr. Mansyur Achmad, M.Si Mewakili Atas nama Rektor IPDN  Bapak Dr. Hadi Prabowo, MM.

Hadir dalam sidang pada hari ini adalah Tim Promotor yang terdiri atas:1. Prof. Dr. Drs. I Nyoman Sumaryadi, M.Si., 2.Prof. Dr. Ir. Triyuni Soemartono, MM., 3.Dr. Reydonyzar Moenek, M.dev.M., penelaah/penguji yang terdiri atas:1.Dr. Hadi Prabowo, MM.,2. Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si (Direktur Pasca Sarjana ).,3.Prof. Dr. Sedarmayanti, M.Pd., APU (Penguji Eksternal).,4. Prof. Dr. Fernandes Simangunsong, S.STP., S.AP., M.Si.,5. Dr. Mansyur Achmad, M.Si (Kap prodi Pasca Sarjana ).,6.Dr. Hyronimus Rowa, M.Si (wakil Rektor Bidang Akademik).,7.Dr. Rossy Lambelanova, AP., M.Si.,8.Dr. Marja Sinurat, M.Pd., MM.,

Riwayat singkat Dr. Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec. Dev., dilahirkan di Tapanuli Utara, 20 Juli 1971, merupakan putra ke dua belas dari pasangan Bapak Aanggiat Rait Tua Naibaho (alm) dan Ibu Siti Nuriah Situmorang. merupakan suami dari Thelma Aryanne Makawowode, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan formal Sekolah Dasar Swasta diselesaikan pada Tahun 1985, SMP Swasta HKBP pada Tahun 1988, SMA Swasta HKBP pada Tahun 1991, Pendidikan Sarjana (S1) diselesaikan di Fakultas Ekonomi- Jurusan Manajemen Universitas MPU Tantular Jakarta pada Tahun 2001, sedangkan pendidikan Magister diselesaikan di Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Gadjah Mada pada Tahun 2014. Karir dalam dunia kerja sebagai Aparatur Sipil Negara di BSKDN Kemendagri.

Disertasi Dr.Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec.Dev.,  yang berjudul “Implementasi Kebijakan Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah dan Daya Saing Daerah di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten” mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian terdahulu. Temuan penelitian yang diperoleh diharapkan dapat memperkaya  kajian teoritis dan dukungan empiris di bidang pengembangan ilmu pemerintahan ,Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian adalah deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi dan proses wawancara mendalam dan menggunakan dokumen sumber data, kemudian dikombinasikan dan ditrianggulasikan data tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec.Dev., yang dianalisis berdasarkan teori Grindel telah berhasil mengungkapkan bahwa: Implementasi Kebijakan Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah dan Daya Saing Daerah di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten masih belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan regulasi maupun ketentuan yang ditetapkan Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah, yang belum didukung dengan adanya kebijakan di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten, namum untuk daya saing daerah sudah ada peningkatan yang ditunjukkan dengan program kegiatan Bantuan Permodalan, Perlindungan Usaha, dan Pengembangan Kemitraan, Pelatihan  kewiraswastaan, manajemen, administrasi dan pengetahuan serta keterampilan dalam pengembangan usaha. Adanya penerapan inovasi gerakan 1000 UMKM di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.

Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pemerintahan, sekaligus sebagai salah satu referensi dalam memperkaya khasanah keilmuan dan sekaligus menjadikan rujukan studi bagi mahasiswa yang terkonsentrasi pada objek penelitian yang sama. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan masukan untuk menentukan ciri khas dan standar penyusunan Disertasi Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang menonjolkan temuan penelitian dan konsep/model (teori baru) sebagai hasil yang distandarkan.

Selain itu, hasil penelitian yang tersusun menjadi suatu model baru diharapkan dapat menjadi acuan studi oleh peneliti-peneliti lain yang terkonsentrasi pada objek penelitian yang sama, namun berbeda sudut pandang dalam menganalisis objek penelitian tersebut. Model yang dapat dikembangkan dari penelitian ini, yakni: implementasi kebijakan inovasi daerah secara mudah, murah dan cepat, dimulai dari faktor-faktor yang mendukung Kebijakan Inovasi Daerah, adanya networking stakeholders sebagaimana dijelaskan di atas, maka peneliti merekomendasikan Desain Implementasi Kebijakan Inovasi Daerah Kota Tangerang Selatan yaitu: RAJADO MODEL. Adapun dimensi-dimensi RAJADO MODEL dapat dijelaskan sebagai berikut: Replikasi, Aktor Inovasi, Jejaring Inovasi, Anggaran, Digitalisasi/Online. didukung dengan pemberian diskresi. Kolaborasi dijadikan sebagai sebuah inovasi yang diterapkan oleh beberapa aktor atau lembaga dalam menjalankan aktivitas yang serupa. Dengan melakukan inovasi, maka diharapkan aktor- aktor atau lembaga-lembaga dapat menggapai tujuan dengan lebih efektif. Oleh karena itu, inovasi dalam berkolaborasi haruslah memiliki tujuan yang positif, efisien, efektif dan kreatif.

Nasehat akademik yang disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. I Nyoman Sumaryadi, M.Si., kepada Dr. Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec.Dev., Dengan prestasi studi ini, dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, langkah panjang saudara di dunia keilmuan untuk mendharmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar saudara dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi akan semakin menunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Ucapan selamat juga dari media Aspirasi Publik Pimpinana redaksi Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. yang juga dalam menyelesaiak program Doktor IPDN dan wartawan Aspirasi publik Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena,S.PdI,MM. semoga dengan ilmu yang didapatkan dan selesai sidang terbuka Dr.Brando Marlon Humiras Naibaho, M.Ec.Dev., akan dapat memberikan manfaat untuk bangsa dan Negara tercinta serta dapat mengamalkan ilmunya untuk para generasi muda dan masyarakat. Turut hadir dalam menyaksikan acara sidang terbuka promosi Doktornya adalah istri dan anak anak, keluarga besarnya serta sahabat sahabatnya dari BSKDN Kemendagri.  (Oberlian Sinaga@ JSR Watimena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.